Sukses

21 Februari 1848: Karl Marx Merilis Manifesto Komunis

Pada 21 Februari 1848, Manifesto Komunis, yang ditulis oleh Karl Marx dengan bantuan Friedrich Engels, diterbitkan di London oleh sekelompok sosialis revolusioner yang dikenal sebagai Liga Komunis.

Liputan6.com, London - Pada 21 Februari 1848, Manifesto Komunis, yang ditulis oleh Karl Marx dengan bantuan Friedrich Engels, diterbitkan di London oleh sekelompok sosialis revolusioner kelahiran Jerman yang dikenal sebagai Liga Komunis.

Pamflet politik - bisa dibilang yang paling berpengaruh dalam sejarah - menyatakan bahwa "sejarah semua masyarakat yang ada sampai sekarang adalah sejarah perjuangan kelas" dan bahwa kemenangan proletariat yang tak terelakkan, atau kelas pekerja, akan mengakhiri masyarakat kelas selamanya.

Awalnya diterbitkan dalam bahasa Jerman sebagai Manifest der Kommunistischen Partei ("Manifesto Partai Komunis"), karya itu memiliki sedikit dampak langsung.

Ide-idenya, bagaimanapun, bergema dengan meningkatnya kekuatan ke abad ke-20, dan pada tahun 1950 hampir setengah populasi dunia hidup di bawah pemerintahan Marxis.

Marx menulis Manifesto Komunis pada Januari 1848, menggunakannya sebagai model saluran yang ditulis Engels untuk Liga Komunis pada tahun 1847.

Pada awal Februari, Marx mengirim karya itu ke London, dan Liga segera mengadopsinya sebagai manifesto mereka.

Banyak ide dalam Manifesto Komunis bukanlah hal baru, tetapi Marx telah mencapai sintesis ide-ide yang berbeda melalui konsepsi materialistisnya tentang sejarah.

Manifesto dibuka dengan kata-kata dramatis, "Momok menghantui Eropa - momok komunisme," dan berakhir dengan menyatakan: "Kaum proletar tidak akan rugi kecuali rantai mereka. Mereka memiliki dunia untuk menang. Pekerja dunia, bersatu!"

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Revolusi Kelas Pekerja, Revolusi Komunis

Dalam Manifesto Komunis, Marx meramalkan revolusi yang akan segera terjadi di Eropa. Pamflet itu hampir tidak mendingin setelah turun dari pers di London ketika revolusi pecah di Prancis pada 22 Februari atas pelarangan pertemuan politik yang diadakan oleh sosialis dan kelompok oposisi lainnya.

Kerusuhan yang terisolasi menyebabkan pemberontakan rakyat, dan pada tanggal 24 Februari Raja Louis-Philippe dipaksa untuk turun tahta. Revolusi menyebar seperti api sikat di seluruh benua Eropa.

Marx berada di Paris atas undangan pemerintah provinsi ketika pemerintah Belgia, takut bahwa gelombang revolusioner akan segera menelan Belgia, mengusirnya.

Belakangan tahun itu, ia pergi ke Rhineland, di mana ia gelisah untuk pemberontakan bersenjata.

Borjuasi Eropa segera menghancurkan Revolusi 1848, dan Marx harus menunggu lebih lama untuk revolusinya.

Dia pergi ke London untuk tinggal dan terus menulis dengan Engels saat mereka lebih lanjut mengorganisir gerakan komunis internasional.

Pada tahun 1864, Marx membantu mendirikan Asosiasi Pekerja Internasional - yang dikenal sebagai Internasional Pertama - dan pada tahun 1867 menerbitkan volume pertama das Kapital monumentalnya - karya dasar teori komunis.

Dengan kematiannya pada tahun 1883, komunisme telah menjadi gerakan yang harus diperhitungkan di Eropa. Tiga puluh empat tahun kemudian, pada tahun 1917, Vladimir Lenin, seorang Marxis, memimpin revolusi komunis pertama yang sukses di dunia di Rusia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini