Sukses

Bocah Moroko yang Jatuh dalam Sumur Tewas Setelah 4 Hari Terjebak

Seorang anak laki-laki Maroko berusia lima tahun yang terjebak di dalam sumur selama empat hari telah meninggal, meskipun ada upaya keras untuk menyelamatkannya.

Liputan6.com, Tamorot - Seorang anak laki-laki Maroko berusia lima tahun yang terjebak di dalam sumur selama empat hari telah meninggal, meskipun ada upaya keras untuk menyelamatkannya.

Sebuah pernyataan kerajaan mengumumkan kematiannya segera setelah dikeluarkan dari sumur, demikian seperti dikutip dari BBC, Minggu (6/2/2022).

Upaya untuk membebaskan bocah itu, bernama Rayan, telah mencengkeram negara itu, dengan ratusan orang berkumpul di sumur dan ribuan lainnya mengikuti secara online.

Anak laki-laki itu terjun 32m (104ft) melalui pembukaan sumur yang sempit. Penyelamatan telah terhambat oleh kekhawatiran tanah longsor.

Tim penyelamat akhirnya membawa bocah itu keluar dari sumur pada Sabtu malam.

Tidak ada kabar yang diberikan pada saat itu tentang kondisinya, dan penyelamatan yang jelas pada awalnya disambut dengan sorak-sorai dari kerumunan.

Di media sosial, orang-orang yang menggunakan tagar #SaveRayan, yang telah menjadi tren di seluruh negeri dan sekitarnya, menyatakan kegembiraan mereka.

Tapi ini berubah menjadi patah hati beberapa menit kemudian ketika pernyataan itu mengumumkan bahwa Rayan telah meninggal.

Pengguna Twitter kemudian mulai mengungkapkan kesedihan menggunakan hashtag yang sama.

"Setelah kecelakaan tragis yang mengorbankan nyawa anak Rayan Oram, Yang Mulia Raja Mohammed VI memanggil orang tua dari anak laki-laki yang meninggal setelah jatuh ke dalam sumur," kata pernyataan dari istana kerajaan.

Raja telah menyatakan belasungkawa terdalam dan belas kasih yang tulus, tambahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kronologi dan Upaya Penyelamatan

Ayah Rayan sedang memperbaiki sumur pada saat kecelakaan pada hari Selasa. Dia mengatakan kepada media lokal pada hari berikutnya bahwa putranya telah jatuh ke lubang pada "saat itu saya mengalihkan pandangan darinya", menambahkan: "hanya sekedip mata."

Dipimpin oleh Direktorat Perlindungan Sipil Maroko, operasi penyelamatan di kota kecil di utara Tamorot, sekitar 100 km (62 mil) dari kota Chefchaouen, dimulai pada Selasa malam.

Rekaman pada hari Kamis dari kamera yang diturunkan ke dalam sumur menunjukkan bahwa bocah itu masih hidup dan sadar, tetapi belum ada pembaruan tentang kondisinya sejak saat itu.

Tim penyelamat mencoba untuk mendapatkan oksigen, makanan dan air untuk anak itu tetapi tidak jelas apakah ia mampu menggunakannya.

Campuran tanah berbatu dan berpasir berarti tim penyelamat menganggap membuka poros sempit sumur air terlalu berbahaya.

Sebaliknya, buldoser digunakan untuk memotong parit besar di sebelah sumur.

Tim penyelamat kemudian mulai menggali secara horizontal untuk mencapai bocah itu. Beberapa bekerja sepanjang waktu, menggunakan lampu sorot yang kuat di malam hari.

Operasi harus dihentikan sebentar beberapa kali untuk memungkinkan kru memeriksa bahwa lereng bukit aman dari runtuh dan tidak ada tanah yang memasuki sumur. Pipa besar juga digunakan untuk melindungi tim penyelamat dengan menyediakan jalan yang aman ke poros.

Ratusan orang berkumpul untuk menonton operasi, menyanyikan lagu-lagu religi, berdoa dan melantunkan "Allahu Akbar". Beberapa bahkan berkemah di lokasi.

Seorang penduduk setempat, Hafid El-Azzouz, mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa dia ada di sana untuk menunjukkan "solidaritas dengan anak ini, yang dicintai Maroko dan seluruh dunia".

Insiden itu mengingatkan pada tragedi serupa di Spanyol pada 2019, di mana seorang anak laki-laki berusia dua tahun meninggal setelah jatuh ke lubang bor di dekat kota Malaga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini