Sukses

11 Januari 1989: Akhir Masa Jabat 8 Tahun Presiden AS ke-40 Ronald Reagen

Ronald Reagan meninggalkan jabatannya sebagai salah satu presiden AS modern yang paling populer.

Liputan6.com, Washington D.C - Sejarah mencatat hari ini atau tepatnya 11 Januari 1989 sebagai momen perpisahan bagi presiden Amerika Serikat, Ronald Reagan kepada rakyatnya. Setelah delapan tahun menjabat, ia menyampaikan pidato perpisahannya.

Dalam pidatonya, seperti dilaporkan History.com, Ronald Reagan berbicara dengan antusias tentang pencapaian kebijakan luar negeri pemerintahannya.

Dalam pidatonya, Reagan menyatakan bahwa Amerika "menemukan kembali" komitmennya terhadap kebebasan dunia pada 1980-an. Amerika Serikat "dihormati lagi di dunia dan dicari sebagai pemimpin."

Kuncinya, menurut Reagan, adalah kembali ke "akal sehat" yang "mengatakan bahwa untuk menjaga perdamaian, kita harus menjadi kuat lagi setelah bertahun-tahun melemah."

Reagan dengan bangga menyebutkan keberhasilan kebijakan luar negerinya yang kuat: mencapai perdamaian di Teluk Persia, memaksa Soviet untuk mulai berangkat dari Afghanistan, dan bernegosiasi untuk penarikan pasukan Vietnam dari Kamboja dan pasukan Kuba dari Angola. Semua upaya ini dilakukan untuk melawan komunisme, ideologi yang diyakini Reagan sebagai ancaman utama bagi kebebasan.

"Tidak ada," katanya, "yang kurang bebas dari komunisme murni."

Ronald Wilson Reagan ialah Presiden Amerika Serikat ke-40 yang menjabat sejak 1981 hingga 1989, atau dengan kata lain selama delapan tahun. Sebelumnya menduduki kursi Gubernur California ke-33 (1967–1975).

Sebelum terjun ke dunia politik, Reagan adalah seorang aktor radio, film, dan televisi. Ia hidup lebih panjang daripada Presiden yang lainnya (93 tahun, 119 hari) dan merupakan Presiden terpilih tertua (69 tahun, 349 hari saat mengambil kekuasaan) sampai Joe Biden melampauinya pada 2021.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Salah Satu Presiden AS Modern yang Paling Populer

Catatan Perang Dingin Reagan sedikit lebih rumit daripada yang dia gambarkan. Salah satunya adalah kerugian untuk "kekuatan" Amerika yang diperbarui dalam hal pengeluaran pertahanan yang sangat meningkat, yang membantu menciptakan utang nasional lebih dari satu triliun dolar.

Perdamaian di Teluk Persia bersifat sementara, seperti yang ditunjukkan oleh Perang Teluk—yang meletus pada masa kepresidenan pengganti Reagan, George Bush—kemudian. Akhirnya, skandal Iran-Contra mengungkapkan bahwa pemerintahan Reagan menggunakan beberapa cara yang dipertanyakan untuk mencapai tujuan antikomunisnya-khususnya, skema rumit yang melibatkan penjualan senjata secara diam-diam ke Iran dan secara ilegal memasok pasukan Contra di Nikaragua.

Meskipun demikian, prestasi pemerintahannya membuatnya mendapatkan banyak dukungan dari publik Amerika, dan Ronald Reagan meninggalkan jabatannya sebagai salah satu presiden AS modern yang paling populer.

3 dari 3 halaman

Infografis Presiden AS Donald Trump

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.