Sukses

Waspada, Kucing Picu 100 Lebih Kebakaran Rumah dalam 3 Tahun Terakhir di Korsel

Departemen Kebakaran dan Bencana Metropolitan Seoul mengatakan kucing menyebabkan total 107 kebakaran rumah antara Januari 2019 dan November tahun ini.

Liputan6.com, Seoul - Pemilik hewan peliharaan di Korea Selatan telah diperingatkan untuk tetap waspada setelah lebih dari 100 kebakaran dipicu oleh kucing selama tiga tahun terakhir, menurut petugas pemadam kebakaran di ibu kota Seoul.

"Kucing menyebabkan lebih dari 100 kebakaran rumah dalam 3 tahun terakhir," kata pejabat Korea Selatan seperti dikutip dari CNN, Jumat (31/12/2021).

Sebuah pernyataan pada Kamis 30 Desember dari Departemen Kebakaran dan Bencana Metropolitan Seoul mengatakan kucing menyebabkan total 107 kebakaran rumah antara Januari 2019 dan November tahun ini.

"Kucing-kucing itu diyakini menyalakan api dengan menyalakan kompor listrik," kata departemen tersebut.

Kucing dapat menyalakan kompor listrik dengan menekan tombol yang peka terhadap sentuhan -- dan setelah terlalu panas, peralatan dapat terbakar.

Empat orang terluka dalam kebakaran tersebut, lebih dari setengahnya dimulai saat pemilik hewan peliharaan keluar, sambung pernyataan itu.

"Kebakaran terkait kucing terus terjadi baru-baru ini," kata Chung Gyo-chul, seorang pejabat dari departemen tersebut. "Kami menyarankan rumah tangga dengan hewan peliharaan untuk memberikan perhatian ekstra karena api dapat menyebar luas ketika tidak ada orang di rumah."

Departemen itu juga menyarankan pemilik kucing untuk mengeluarkan benda yang mudah terbakar, seperti handuk kertas, dari dekat kompor. Disarankan menggunakan kompor listrik dengan fungsi kunci otomatis untuk mencegah risiko kebakaran.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kebakaran Meningkat

Menurut departemen tersebut, kebakaran rumah terkait hewan peliharaan meningkat di Seoul. Antara Januari dan September 2019, terjadi 31 kebakaran seperti itu -- peningkatan yang signifikan dari hanya delapan pada tahun 2016, kata departemen tersebut.

Sebagian besar kebakaran disebabkan oleh kucing, tambahnya.

Dan masalahnya tidak terbatas pada Korea Selatan.

Menurut American Humane Association, hewan peliharaan bertanggung jawab atas sekitar 1.000 kebakaran rumah di Amerika Serikat setiap tahun. Asosiasi tersebut mendorong pemilik untuk memasang penutup atau melepas kenop kompor sebagai tindakan pengamanan dan mengatakan pemilik harus mencegah hewan peliharaan mereka berinteraksi dengan kompor.

3 dari 3 halaman

Infografis Jangan Anggap Remeh Cara Pakai Masker

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.