Sukses

Jurus Singapura Hadapi Varian Omicron, Tambah Kapasitas ICU hingga Tempat Uji COVID-19

Singapura bersiap menghadapi gelombang varian baru Virus Corona COVID-19 Omicron dengan sejumlah jurus.

Liputan6.com, Singapura - Singapura bersiap menghadapi gelombang varian baru Virus Corona COVID-19 Omicron dengan sejumlah jurus. Di antaranya meningkatkan kapasitas rumah sakit dan pengujian, sehingga negara tersebut dapat menghadapi lonjakan berikutnya bahkan ketika rencana pembukaan kembali berlanjut.

"Sementara ini negara tersebut belum mendeteksi adanya transmisi komunitas dari varian Omicron, hanya masalah waktu sebelum ini terjadi," kata Menteri Perdagangan dan Industri Gan Kim Yong pada konferensi pers pada hari Selasa (14 Desember).

"Varian ini kemudian dapat menyebabkan lonjakan kasus lain karena sifat varian Omicron yang sangat menular. Oleh karena itu, kita harus mempersiapkan diri untuk skenario seperti itu."

Mengingat peningkatan penularan varian baru, aturan terkait status vaksinasi COVID-19 akan diperluas ke lebih banyak tempat mulai 1 Februari.

Pada saat yang sama, lebih banyak orang akan dapat kembali ke tempat kerja mereka, mengingat 97 persen tenaga kerja Singapura sekarang telah vaksinasi COVID-19 dosis lengkap.

Mulai 1 Januari, hingga 50 persen dari mereka yang dapat bekerja dari rumah akan diizinkan kembali ke kantor, sehubungan dengan tantangan memiliki kerja jarak jauh sebagai default.

"Namun, Pemerintah sedang mempertimbangkan untuk menghapus konsesi yang memungkinkan orang yang tidak vaksinasi COVID-19 untuk kembali ke tempat kerja jika mereka dinyatakan negatif COVID-19," kata Menteri Keuangan Lawrence Wong.

Hingga saat ini, terdapat 16 kasus Omicron yang terdeteksi di Singapura, terdiri dari 14 kasus impor dan dua kasus lokal yang merupakan petugas pelayanan penumpang bandara.

Omicron, varian baru COVID-19 ini telah ditemukan di lebih dari 60 negara di seluruh dunia.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perketat Langkah Pencegahan Penyebaran Infeksi COVID-19

Wong memperingatkan bahwa varian Omicron yang sangat menular dapat mengakibatkan gelombang kasus COVID-19 yang berpotensi lebih besar daripada yang disebabkan oleh varian Delta.

"Dengan demikian, Singapura akan mempertahankan langkah-langkah manajemen aman yang ada untuk saat ini," kata Wong seraya menambahkan bahwa postur kesehatan masyarakat negara itu secara keseluruhan diarahkan untuk mempersiapkan Omicron.

"Untuk bersiap menghadapi lonjakan COVID-19 berikutnya, Singapura membuat rencana untuk meningkatkan kapasitas unit perawatan intensif (ICU) menjadi 500 tempat tidur," kata direktur layanan medis Kenneth Mak.

Pihaknya sedang mengkaji apakah perlu dilakukan peningkatan infrastruktur di rumah sakit umum untuk mendukung hal tersebut, tambah Kenneth Mak.

Kapasitas tempat tidur ICU mencapai sekitar 280 tempat tidur pada akhir Oktober, di puncak gelombang Delta Singapura, dengan rumah sakit yang siaga untuk meningkatkannya menjadi 350 tempat tidur jika perlu.

Gugus tugas multi-kementerian yang menangani COVID-19 menetapkan bagaimana mereka juga akan melanjutkan program vaksinasi COVID-19 booster skala nasional, meningkatkan kapasitas layanan kesehatan dan mempromosikan pengujian rutin.

Salah satunya, dokter umum akan lebih berperan dalam membantu penanganan pasien COVID-19 yang mampu sembuh di rumah dan tidak memerlukan perawatan di rumah sakit.

Selain itu, jurus lain Singapura dalam menghadapi lonjakan COVID-19 adalah bersiap untuk meningkatkan kapasitas fasilitas perawatan komunitasnya, sehingga pasien rumah sakit dalam kondisi stabil dapat dipindahkan ke sana jika gelombang Omicron melanda.

60 pusat tes cepat lainnya, yang dijalankan oleh operator swasta, akan didirikan di sekitar Singapura untuk membuat pengujian COVID-19 lebih mudah diakses.

Dan untuk membantu perusahaan dengan cepat mendeteksi kasus Omicron, Pemerintah akan terus mensubsidi pengujian rutin wajib dalam pengaturan risiko yang lebih tinggi hingga akhir Maret tahun depan.

Perluasan aturan vaksinasi COVID-19 berarti bahwa orang harus divaksinasi untuk memasuki berbagai pengaturan yang lebih luas. Aturan ini termasuk berlaku di semua fasilitas olahraga dalam ruangan - bahkan yang dimiliki secara pribadi - institut pendidikan tinggi dan tamu rekreasi di hotel, hostel, dan apartemen berlayanan.

Semua acara - bahkan dengan peserta kurang dari 50 - juga akan tunduk pada persyaratan ini. Termasuk upacara pemakaman dan acara yang berhubungan dengan pekerjaan.

Tetapi siswa yang menyelesaikan program Nitec, Higher Nitec, diploma atau gelar penuh waktu akan dibebaskan dari status vaksinasi COVID-19 saat memasuki institusi pendidikan masing-masing.

Pemakaman dan prosesi pemakaman juga akan terus dibatasi pada 30 orang pada satu waktu, dan tidak akan dikenakan aturan status vaksinasi COVID-19.

Secara terpisah, pihak berwenang mengumumkan bahwa skema perjalanan darat bebas karantina antara Singapura dan Malaysia akan diperluas, untuk memungkinkan warga negara Singapura yang divaksinasi memasuki Malaysia melalui Causeway mulai Senin depan (20 Desember).

Demikian pula, warga negara Malaysia yang sudah vaksinasi COVID-19 juga akan dapat memasuki Singapura.

Saat ini, hanya warga negara, penduduk tetap, dan pemegang izin jangka panjang dari negara yang mereka masuki yang dapat melakukan perjalanan melalui skema tersebut.

3 dari 3 halaman

Infografis 6 Cara Efektif Hadapi Potensi Penularan COVID-19 Varian Omicron

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.