Sukses

Swastika dari Ratusan Pohon Cemara

Liputan6.com, Brandenburg: Rezim Hitler yang terkenal sadis dan pernah berkuasa di Jerman masih meninggalkan sejumlah kenangan pahit. Baru-baru ini, ditemukan sekelompok pohon berderet membentuk swastika, simbol Nazi Jerman dalam ukuran besar. Lantaran masih trauma dengan tragedi perang dunia kedua, warga setempat kemudian menebangi pepohonan tersebut, Senin (4/12).

Sebanyak 57 batang cemara berbentuk swastika dalam petak seluas 60 meter persegi ini berhasil ditemukan di antara pohon-pohon cemara lain dari jenis yang berbeda. Bahkan perbedaan tersebut tampak nyata dari warna daunnya, terutama saat musim gugur seperti sekarang. Pepohonan berderet itu ditemukan pada sebuah cagar alam, tak jauh dari Desa Zernikow, negara bagian Brandenburg, sekitar 100 kilometer sebelah utara Kota Berlin.

Keberadaan simbol swastika itu baru diketahui pada tahun 1992, hampir lima dasawarsa setelah jatuhnya Nazi pascaperang dunia kedua. Diduga pohon-pohon tersebut dibentuk seperti lambang nazi oleh seorang pemuja diktator Nazi Adolf Hitler pada tahun 1938. Sebelumnya, upaya penebangan pernah dilakukan pada tahun 1995. Namun, pohon yang ditebang kurang dari 50 persen dari jumlah keseluruhan sehingga tumbuh kembali.(PIN/Ula)