Sukses

Dr Rachel Levine Jadi Transgender Pertama Berpangkat Bintang Empat di Amerika

Dr Rachel Levine dilantik sebagai pejabat tertinggi Korps Layanan Kesehatan Masyarakat AS.

Liputan6.com, Washington D.C - Dr Rachel Levine, asisten sekretaris untuk kesehatan di Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS (US Department of Health and Human Services/HHS), membuat sejarah baru di negaranya. Per Selasa 19 Oktober 2021 waktu setempat, namanya resmi tercatat sebagai transgender pertama di AS yang memiliki pangkat bintang empat.

Levine dilantik pada Selasa sebagai pejabat tertinggi Korps Layanan Kesehatan Masyarakat AS.

"Ini adalah kesempatan penting, dan saya merasa terhormat untuk mengambil peran ini untuk dampak yang dapat saya buat dan untuk sifat historis dari apa yang dilambangkannya," kata Dr Rachel Levine dalam sambutannya setelah dilantik seperti dikutip dari CNN, Kamis (21/10/2021).

"Saya berdiri di pundak orang-orang kaum LGBTQ+ yang datang sebelum saya -- baik yang dikenal maupun tidak. Semoga penunjukan ini hari ini menjadi yang pertama dari banyak lagi yang akan datang saat kita menciptakan masa depan yang beragam dan lebih inklusif," tambahnya.

Levine juga merupakan laksamana bintang empat wanita pertama dari USPHS Commissioned Corps.

"Kami sangat bangga memiliki Dr. Levine bergabung dengan 6.000 petugas Korps Layanan Kesehatan Masyarakat AS yang bertugas di garis depan perjuangan bangsa kita melawan penyakit dan kondisi kesehatan yang buruk," kata Ahli Bedah Umum AS Dr. Vivek Murthy selama upacara pelantikan.

Levine mewakili transgender di negaranya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Langkah Maju

Sekretaris HHS Xavier Becerra menyebut penunjukan Levine sebagai "langkah maju yang besar menuju kesetaraan sebagai sebuah bangsa."

"Ini adalah momen yang membanggakan bagi kami di HHS," katanya dalam sebuah pernyataan.

Awal tahun ini, Levine menjadi pejabat federal transgender pertama yang dikonfirmasi oleh Senat.

Levine, seorang dokter anak dan mantan sekretaris kesehatan Pennsylvania, adalah laksamana bintang empat keenam dari USPHS Commissioned Corps.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.