Sukses

Joe Biden Kecam Partai Republik yang Halangi Upaya Demokrat Menaikkan Batas Utang

Joe Biden mendesak Kongres untuk menaikkan batas utang, mengecam Partai Republik yang berupaya menghalangi.

Liputan6.com, Washington D.C - Presiden Amerika Serikat Joe Biden pada Senin (4/10) mendesak Kongres untuk menaikkan batas utang, mengecam Partai Republik karena mengancam akan menggunakan kekuatan mereka untuk memblokir upaya Demokrat.

"Partai Republik tidak hanya menolak untuk melakukan pekerjaan mereka, mereka juga mengancam akan menggunakan kekuatan." kata Joe Biden dalam pidatonya di Gedung Putih.

"Saya pikir, terus terang, itu munafik, berbahaya, dan memalukan," katanya, demikian dikutip dari laman Xinhua, Selasa (5/10/2021).

Joe Biden mengatakan, Partai Republik mengancam akan menggunakan kekuatan prosedural yang disebut filibuster, yang berarti Demokrat perlu mendapatkan 60 suara - bukan mayoritas sederhana - untuk meningkatkan batas utang di Senat yang terpecah 50-50.

Dalam sebuah surat kepada presiden pada Senin (4/10), Pemimpin Minoritas Senat Mitch McConnell, bagaimanapun, menegaskan kembali bahwa partainya tidak akan membantu Demokrat dalam masalah ini, mengeluh tentang kurangnya bipartisan Demokrat dalam menyusun undang-undang utama.

"Sepanjang tahun, partai Anda telah memilih untuk mengejar pengeluaran 'transformasional' yang mengejutkan melalui penggunaan proses rekonsiliasi garis partai yang belum pernah terjadi sebelumnya," kata McConnell.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Upaya Senat AS

Proses rekonsiliasi hanya membutuhkan mayoritas sederhana di Senat untuk meloloskan undang-undang, yang memungkinkan Demokrat untuk menyetujui tindakan tanpa dukungan Republik.

"Selama dua setengah bulan, kami hanya memperingatkan bahwa partai Anda ingin memerintah sendiri, ia harus menangani batas utang sendiri juga," kata McConnell.

"Demokrat tidak memerlukan kerja sama Republik dalam bentuk atau bentuk apa pun untuk pekerjaan mereka," kata pemimpin Partai Republik itu, seraya menambahkan pakar nonpartisan mengonfirmasi bahwa Senat Demokrat memiliki semua alat yang diperlukan untuk meloloskan peningkatan batas utang mandiri melalui rekonsiliasi dan cukup waktu untuk melakukannya, sebelum akhir Oktober.

Memperhatikan bahwa batas utang sering kali merupakan suara partisan, pemimpin Partai Republik itu juga mengutip penentangan Biden di masa lalu terhadap peningkatan batas utang saat ia menjadi senator di partai minoritas.

Biden, dalam sambutannya, mencatat bahwa Partai Republik menaikkan utang tiga kali ketika Donald Trump menjadi presiden, dan "setiap kali melakukannya dengan dukungan Demokrat."

Presiden juga menekankan bahwa penting untuk mengetahui bahwa menaikkan batas utang adalah tentang "melunasi utang lama kita," dan itu tidak ada hubungannya dengan pengeluaran baru.

"Alasan kami harus menaikkan batas utang, sebagian, karena kebijakan pajak dan pengeluaran yang sembrono di bawah pemerintahan Trump sebelumnya," lanjutnya.

Menteri Keuangan Janet Yellen baru-baru ini memperingatkan bahwa anggota parlemen memiliki waktu hingga 18 Oktober untuk menaikkan atau menangguhkan batas utang sebelum Amerika Serikat diperkirakan gagal membayar utang nasional.

Yellen juga mengatakan bahwa Kongres tidak boleh menunggu sampai menit terakhir untuk menaikkan batas utang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.