Sukses

Menlu Retno Temui Dynavax di AS untuk Bahas Vaksin COVID-19

Liputan6.com, Los Angeles - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengunjungi Amerika Serikat untuk membahas vaksin COVID-19 bersama Dynavax Technologies. Perusahaan itu diajak berkolaborasi membuat vaksin yang bisa melawan varian Delta.

Kunjungan ke Dynavax merupakan bagian dari agenda Menlu Retno di California untuk mendukung kemandirian vaksin COVID-19 di Indonesia. Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono dan BUMN PT Bio Farma turut ikut ke AS.

"Dynavax adalah produsen salah satu adjuvant terbaik di dunia. Adjuvant adalah suatu zat yang berfungsi menguatkan seed vaccine protein rekombinan," jelas Menlu Retno dalam keterangan resminya, dikutip Sabtu (18/9/2021).

"Ke depannya, Bio Farma dan Dynavax secara bersama-sama dapat mengembangkan vaksin mandiri platform protein rekombinan," ujar Menlu Retno.

Sebelumnya, Bio Farma telah menjalin kerja sama dengan Baylor College of Medecine untuk mengembangkan vaksin. Menlu Retno dan rombongan juga bertemu dengan pihak Baylor dan berharap tahap uji klinis selesai di akhir 2021.

Pertemuan dengan Baylor disertai dengan Amandemen Agreement Bio Farma-BMC dengan menambahkan kerja sama pengembangan bibit vaksin untuk multi varian COVID-19, termasuk di dalamnya varian delta.

Selain itu, Menlu Retno bersama pihak BUMN, Kemenkes, dan Biofarma lanjut menemui perusahaan kesehatan Arcturus.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Google Health

Menlu Retno juga sempat menemui Google Health untuk membantu peningkatan layanan kesehatan di Indonesia. 

Pada pertemuan itu, Menlu Retno membantu pertemuan Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono dengan Google. Kedua pihak menandatangani dua memorandum of understanding. 

"Satu, Sebagai bagian dari upaya Pemerintah untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat melalui solusi teknologi digita," ungkap Menlu Retno. "Dan untuk mendukung konsep digital and wellness corner pada 20-50 apotek milik BUMN di Indonesia." 

Pada kunjungan ke California, Menlu Retno juga untuk meresmikan renovasi gedung KJRI Los Angeles.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.