Sukses

PM Singapura Lee Hsien Loong Disuntik Booster Vaksin COVID-19

Liputan6.com, Singapura - Perdana Menteri Lee Hsien Loong menerima suntikan booster vaksin COVID-19 di Rumah Sakit Umum Singapura pada Jumat (17/9/2021). Ia mendapatkan suntikan booster ini setelah hampir delapan bulan menerima dosis kedua.

Pemerintah mengumumkan awal bulan ini bahwa mereka akan mulai menawarkan suntikan booster kepada orang-orang dengan gangguan kekebalan sedang hingga parah, serta orang-orang berusia 60 tahun ke atas, dan penghuni fasilitas perawatan lanjut usia, seperti dilansir Channel News Asia, Jumat (17/9/2021). 

Dalam sebuah postingannya di Facebook, PM Lee (69) mendorong orang lain untuk mengambil suntikan booster jika ditawarkan kepada mereka.

"Kasus meningkat pesat. Vaksin booster akan memperkuat perlindungan Anda terhadap COVID-19," kata Lee.

"Jika Anda ditawari booster, silakan ambil. Ini akan mengurangi kemungkinan Anda sakit parah, atau membutuhkan perawatan ICU."

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lansia Jadi Prioritas Vaksin Booster

Komite Pakar Vaksinasi COVID-19 telah merekomendasikan bahwa orang berusia 60 tahun ke atas harus menerima dosis booster vaksin mRNA sekitar enam hingga sembilan bulan setelah menyelesaikan program vaksinasi utama mereka.

Lansia yang menyelesaikan dua dosis setidaknya enam bulan lalu akan menerima SMS dengan tautan pribadi untuk membuat janji untuk dosis ketiga, kata Lee.

Lansia berisiko terinfeksi COVID-19 yang parah dan dapat mengembangkan respons kekebalan yang lebih rendah dari rejimen vaksinasi dua dosis mereka, kata Kementerian Kesehatan (MOH) saat membuat pengumuman.

Ini ditambah dengan penurunan kekebalan yang diharapkan dari waktu ke waktu, karena banyak yang divaksinasi sebelumnya, tambahnya.

Sedangkan untuk orang dengan gangguan kekebalan, mereka memiliki "respon imun tumpul" terhadap vaksinasi, dan juga berisiko lebih tinggi terkena penyakit parah akibat COVID-19, kata Depkes saat itu.

Mereka harus menerima dosis ketiga dari vaksin mRNA yang sama dua bulan setelah dosis kedua mereka, "sebagai bagian dari vaksinasi utama mereka untuk memastikan bahwa mereka memulai dengan respon imun protektif yang memadai terhadap vaksinasi", kata Depkes.

3 dari 3 halaman

Infografis Vaksin Merah Putih Karya Anak Bangsa Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.