Sukses

15 September 1950: Pasukan AS Mendarat di Incheon Usai Perang Korea Meletus

Pasukan AS campur tangan dalam perang Korea.

Liputan6.com, Incheon - Selama Perang Korea, Marinir AS mendarat di Incheon di pantai barat Korea, 100 mil selatan paralel ke-38 dan hanya 25 mil dari Seoul. 

Lokasi itu telah dikritik karena terlalu berisiko, tetapi Panglima Tertinggi PBB, Douglas MacArthur bersikeras untuk melakukan pendaratan. Hingga menjelang sore, Marinir telah mengatasi perlawanan moderat dan mengamankan Incheon.

Pendaratan yang brilian itu berhasil membelah pasukan Korea Utara menjadi dua, dan pasukan PBB yang dipimpin AS mendorong pedalaman untuk merebut kembali Seoul, ibukota Korea Selatan yang telah jatuh ke tangan komunis pada Juni. 

Pasukan Sekutu kemudian berkumpul dari utara dan selatan, menghancurkan tentara Korea Utara dan menangkap 125.000 tentara musuh.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

AS Campur Tangan dalam Perang Korea

Perang Korea dimulai pada 25 Juni 1950, ketika 90.000 tentara Korea Utara menyerbu melintasi paralel ke-38, membuat pasukan Republik Korea benar-benar lengah dan melemparkan mereka ke selatan dengan tergesa-gesa. 

Dua hari kemudian, Presiden AS saat itu, Harry Truman mengumumkan bahwa Amerika Serikat akan campur tangan dalam konflik tersebut, dan pada 28 Juni, PBB menyetujui penggunaan kekuatan terhadap Korea Utara yang komunis.

Pada 30 Juni, Harry Truman setuju untuk mengirim pasukan darat AS ke Korea, dan pada tanggal 7 Juli Dewan Keamanan merekomendasikan agar semua pasukan PBB yang dikirim ke Korea ditempatkan di bawah komando AS. 

Keesokan harinya, Jenderal Douglas MacArthur diangkat menjadi komandan semua pasukan PBB di Korea.

3 dari 3 halaman

Perang Berakhir Setelah Dua Tahun Negoisasi

Pada bulan-bulan awal perang, pasukan PBB pimpinan AS dengan cepat maju melawan Korea Utara, tetapi pasukan komunis China memasuki medan perang pada Oktober, membuat Sekutu mundur dengan tergesa-gesa. 

Pada April 1951, Harry Truman membebaskan Douglas MacArthur dari komandonya setelah dia secara terbuka mengancam akan mengebom China yang bertentangan dengan kebijakan perang yang dinyatakan Harry Truman. 

Dia khawatir bahwa eskalasi pertempuran dengan China akan menarik Uni Soviet ke dalam Perang Korea.

Kemudian pada Mei 1951, komunis didorong kembali ke paralel ke-38, dan garis pertempuran tetap berada di sekitar itu selama sisa perang. 

Pada 27 Juli 1953, setelah dua tahun negosiasi, gencatan senjata ditandatangani, mengakhiri perang dan membangun kembali pembagian Korea tahun 1945 yang masih ada sampai sekarang. 

Terdapat sekitar 150.000 tentara dari Korea Selatan, Amerika Serikat, dan negara-negara PBB yang tewas dalam Perang Korea, dan sebanyak satu juta warga sipil Korea Selatan tewas. Diperkirakan 800.000 tentara komunis tewas, dan lebih dari 200.000 warga sipil Korea Utara tewas.

 

Reporter: Cindy Damara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.