Sukses

Baru Menjabat 2 Minggu, Dubes Jerman untuk China Jan Hecker Meninggal Dunia

Dubes Jerman untuk China meninggal dunia secara mendadak.

Liputan6.com, Beijing - Duta Besar Jerman untuk China Jan Hecker telah meninggal mendadak pada usia 54 tahun, setelah hanya beberapa minggu menjabat, menurut unggahan di situs web Kedutaan Besar Jerman untuk China pada Senin.

Jan pernah bekerja sebagai penasihat kebijakan luar negeri untuk Kanselir Jerman, Angela Merkel sebelum menjabat sebagai duta besar di Beijing pada 24 Agustus, seperti dikutip dari CNN, Senin (06/09/2021).

Hingga saat ini, Kementerian belum memberikan rincian lebih lanjut mengenai penyebab kematian.

"Kami sangat sedih dan terkejut mengetahui kematian mendadak Duta Besar Jerman untuk China. Hati kami bersama keluarganya dan teman-teman serta koleganya saat ini,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Jerman.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Duta Besar Jerman Ke-14

Jan Hecker mengambil jabatannya sebagai Duta Besar Jerman ke-14 untuk China pada akhir Agustus. 

Sebelum pengangkatannya, ia menjabat sebagai Direktur Departemen Kebijakan Luar Negeri, Keamanan dan Kebijakan Pembangunan dan telah menjadi penasihat kebijakan luar negeri Angela sejak 2017, kata kedutaan di Beijing.

Kanselir Angela Merkel, sebagai orang yang mempercayai Jan, mengungkapkan belasungkawa dalam sebuah pernyataan.

"Saya sangat terkejut dengan kematian Jan Hecker. Saya berduka atas kehilangan seorang penasihat yang sangat terhormat selama bertahun-tahun, dengan kemanusiaan yang mendalam dan keahlian yang luar biasa,” kata Angela.

Angela juga mengucapkan terima kasih dan senang telah dekat dan mengenalnya selama bertahun-tahun.

“Simpati terdalam saya untuk istrinya, anak-anak dan kerabat lainnya dalam kesedihan yang tak terukur."

Ketika memulai perannya, Jan mengatakan tujuannya untuk misi baru yakni untuk berkontribusi pada pengembangan jangka panjang dan stabil hubungan Jerman-China melalui pekerjaan bersama dan untuk lebih memperkuat dialog dan kemitraan, kata kedutaan.

 

Reporter: Cindy Damara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.