Sukses

Seoul hingga Amsterdam, Ini 7 Tempat dengan Tata Kota Terbaik di Dunia

Situs Rethinking The Future menempatkan Jakarta sebagai lokasi dengan tata kota terburuk. Lalu, kota mana yang terbaik?

Liputan6.com, Jakarta - Situs Rethinking The Future (RTF) menulis 10 kota di dunia dengan perencanaan tata kota terburuk. Situs arsitektur ini menempatkan Jakarta, Indonesia di urutan pertama.

RTF memaparkan bahwa Jakarta merupakan sebuah ibu kota yang sangat padat.

Tak hanya itu, kota ini disesaki polusi asap kendaraan dan industri dan air tanah-sungainya tercemar. Jakarta disebut sebagai kota dengan desain terburuk di dunia.

Hal ini tentu sangat membuat sebagian dari kita penasaran, kota apa saja di dunia yang memiliki sistem tata kota terbaik.

Seperti dikutip dari laman theculturetrip, Selasa (24/8/2021) berikut 7 kota di dunia dengan tata kota terbaik:

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1. Singapore City - Singapura

Singapura telah dirancang dari awal sebagai koloni Inggris pada tahun 1819 hingga negara merdeka saat ini, dan telah menunjukkan bahwa negara ini memiliki visi jangka panjang sangat penting untuk menciptakan kota yang sukses.

Dibangun di atas sepetak tanah rawa yang tampaknya tidak dapat digunakan, Kota Singapura terkenal dengan arsitektur inovatif dan ruang hijau buatannya yang tumbuh subur di tengah-tengah kota metropolitan dengan kepadatan tinggi.

Kota ini telah mengembangkan cara yang unik untuk mengelola limbah dan pendingin udara; kebijakan saat ini menciptakan sebagian kota mandiri sehingga tidak semua orang bergantung pada infrastruktur pusat kota.

Hal ini memaksimalkan penggunaan lahan dengan membangun naik turun dan reklamasi lahan, merangkul teknologi terbaru dan memprioritaskan pembangunan perumahan yang terjangkau.

 

3 dari 9 halaman

2. Zurich - Swiss

Sistem transportasi umum Zurich sering dijuluki yang terbaik di dunia, dan begitu Anda mengunjunginya, jelas alasannya.

Bus, kereta api, trem, dan feri sering datang, bekerja dengan kompak dan relatif murah.

Keberhasilan jaringan transit kota berarti ada lebih sedikit mobil di jalan dan sebagai hasilnya, lebih sedikit kecelakaan, tingkat polusi yang lebih rendah, dan lebih sedikit kebutuhan akan tempat parkir yang mengganggu.

Zurich juga merupakan pemimpin dalam aksi perubahan iklim, sebuah gelar yang diraih kota ini dengan mengurangi penggunaan mobil, mendanai penelitian untuk energi terbarukan, dan mengurangi jejak karbon per kapita. Perencana kota juga berusaha untuk menekankan pemisahan antara daerah perkotaan dan rekreasi.

 

4 dari 9 halaman

3. Kopenhagen - Denmark

Kopenhagen berada di urutan teratas dari daftar kota paling ramah lingkungan yang tak terhitung jumlahnya.

Ini bertujuan untuk menjadi ibu kota netral karbon pertama di dunia pada tahun 2025 melalui penerapan tenaga angin, bahan bakar biomassa, pembakaran sampah, dan energi alternatif lainnya.

Kota yang terkenal dengan jumlah sepedanya yang besar ini, telah dirancang untuk mempromosikan bersepeda dan berjalan kaki.

Sistem keberlanjutan juga merupakan inti dari arsitektur Kopenhagen; bangunannya memiliki jaringan drainase yang berkelanjutan, skema daur ulang air hujan, penggunaan 'atap hijau' juga wajib dan sistem pengelolaan limbah yang efisien.

Selain itu, upaya untuk memodernisasi fasilitas pengolahan limbah kota memastikan bahwa penduduk memiliki akses ke air bersih dan aman. Faktanya, air keran Kopenhagen telah digambarkan sebagai salah satu yang terbaik di dunia.

 

5 dari 9 halaman

4. Seoul - Korea Selatan

Ketika Seoul awalnya dirancang sebagai ibu kota pada tahun 1300-an, tokoh-tokoh politik berhati-hati untuk memastikannya guna direncanakan dengan baik.

Saat ini, kota tersebut sedang mengerjakan Seoul Plan 2030.

Setelah berkonsultasi dengan para ahli dan perwakilan pemerintah metropolitan, lima isu inti disepakati: yaitu penciptaan;

- Kota yang berpusat pada masyarakat tanpa diskriminasi.

- Kota global yang dinamis dengan pasar kerja yang kuat.

- Kota budaya dan sejarah yang semarak.

- Kota layak hidup dan aman

- Kota berorientasi komunitas dengan perumahan yang stabil dan transportasi yang mudah.

 

6 dari 9 halaman

5. Chandigarh - India

Chandigarh adalah salah satu kota terencana pertama di India pasca-kolonial, dan terkenal dengan arsitektur dan desain perkotaannya.

BBC bahkan memuji Chandigarh sebagai pusat kota paling makmur, bersih dan hijau di India, serta salah satu "kota ideal" yang paling sukses.

 

7 dari 9 halaman

6. Amsterdam - Belanda

Kanal Amsterdam yang terkenal tidak hanya menarik turis; ini adalah hasil dari perencanaan yang cermat.

Ketika kota itu dibanjiri imigran pada tahun 1600-an, rangkaian kanal setengah lingkaran konsentris dibangun yang berfungsi sebagai alat pertahanan, pengelolaan air, dan transportasi.

Kanal-kanal itu dibangun antara tahun 1613 dan 1656 dan masih digunakan sampai sekarang, meskipun beberapa telah diisi.

Kota ini diperluas lagi pada abad ke-19 dengan rencana yang bertujuan untuk membangun lebih banyak perumahan dan meningkatkan kesehatan masyarakat. Tata letak Amsterdam mendorong pejalan kaki, sepeda (dan perahu), sementara mengemudi di pusat kota tidak dianjurkan, menjadikannya kota yang ramah lingkungan.

Budaya bersepeda sangat berkembang, dan jalanan penuh dengan rak sepeda, jalan setapak, dan garasi.

 

8 dari 9 halaman

7. Düsseldorf - Germany

Düsseldorf dibom selama Perang Dunia II, tetapi kota ini dibangun kembali dengan cepat, membawa pertumbuhan ekonomi yang besar pada 1950-an.

Düsseldorf terhubung dengan baik dengan beberapa sistem kereta api, termasuk layanan Rheinbahn lokal, Rhein-Ruhr S-Bahn yang melayani wilayah metropolitan yang lebih luas dan rute Deutsche Bahn jarak jauh.

Kota ini merupakan pusat arsitektur inovatif, terutama Neue Zollhoff atau 'Gehry Buildings' yang terletak di pelabuhan.

Bangunan-bangunan tersebut merupakan bagian dari proyek pembangunan kembali untuk menghidupkan kembali kota pelabuhan dan menonjol dengan lekukan unik dan bentuknya yang tidak beraturan.

9 dari 9 halaman

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.