Sukses

Awas, 5 Kebiasaan Ini Bikin Rusak Kulit Wajah Anda

Banyak di antara kita yang lalai akan menjaga kebersihan wajah dan beberapa kebiasaan buruk sebagai berikut.

Liputan6.com, Jakarta - Mempunyai wajah mulus dan berseri adalah dambaan setiap orang. Apalagi kondisi wajah tersebut bisa bertahan lamanya.

Sayang, seiringnya bertambah umur, kulit mulai mengendur dan muncullah beberapa kerutan pada wajah. Pada akhirnya diri kita dibuat kerepotan untuk menjaga agar kulit tetap kencang dan berseri.

Ternyata faktor kulit mudah menua bukan hanya umur yang kian bertambah. Namun, rutinitas juga bisa jadi salah satu penyebab dari kerusakan kulit pada wajah.

Menyadur dari Bright Side pada Kamis (12/8/2021), berikut beberapa aktivitas sehari-hari yang bisa merusak wajah:

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Produk Rambut Dibiarkan Menyentuh Kulit Wajah

Banyak produk rambut, termasuk sampo, kondisioner, dan bahan penata rambut lainnya yang ternyata dapat menyumbat pori-pori pada kulit. Sehingga memicu adanya jerawat pada kulit dan iritasi lain. Hal ini disebabkan oleh kandungan sulfat yang terdapat pada produk rambut.

Untuk mencegah hal ini, Anda harus mempertimbangkan untuk beralih ke produk rambut non-sulfat. Ada baiknya juga pakailah pita penahan keringat di dahi dan menutupi wajah dengan handuk bersih saat Anda menggunakan produk rambut.

3 dari 6 halaman

2. Terlalu Banyak Produk Skin Care

Beralih di antara beberapa produk perawatan kulit sebenarnya kurang baik bagi kulit. Lantaran bahan pengawet dan bahan baru kemungkinan bisa menimbulkan permasalahan jerawat. Apalagi memakai produk perawatan khusus kulit berjerawat secara berlebihan justru akan memperburuk kulit wajah.

Cobalah tetap menggunakan satu atau dua produk. Namun tetap memberikan jeda pemakaian agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

4 dari 6 halaman

3. Perubahan Lingkungan

Saat Anda bepergian ke suatu tempat yang baru, Anda akan mengekspos kulit Anda ke lingkungan baru yang mungkin berbahaya bagi kulit Anda. Misalnya, efek sinar matahari, panas, dingin dan kelembapan dapat mempengaruhi kulit dan memicu timbulnya jerawat.

Untuk mencegah efek negatif akibat perubahan lingkungan pada kulit Anda, cobalah beradaptasi dengan kondisi baru tersebut. Caranya, hindari paparan sinar matahari dan gunakan tabir surya. Jika Anda berada di suhu dingin, cobalah untuk menghindari dehidrasi kulit dengan melembabkan kulit Anda.

5 dari 6 halaman

4. Makanan Olahan

Makanan tinggi karbohidrat, seperti kue atau burger, dapat memicu timbulnya jerawat. Lantaran indeks glikemiknya yang tinggi, makanan kaya karbohidrat dapat memicu iritasi kulit karena secara langsung mempengaruhi kadar gula darah pada tubuh.

Untuk memastikan kulit Anda tetap aman. Mulailah dengan diet tinggi karbohidrat dengan memastikan pengurangan camilan dan lebih bersandar pada makanan berprotein tinggi dengan zat yang lebih sehat, serta jangan lupa mengonsumsi banyak buah dan sayuran.

6 dari 6 halaman

5. Tidak Mencuci Wajah di Pagi Hari

Penumpukan minyak, kotoran, dan bakteri adalah hasil dari tidur malam yang panjang. Dan saat kita tidur di malam hari, kulit kita mengalami regenerasi kulit, yang pada gilirannya menyebabkan kulit kita memproduksi minyak dan racun.

Jika tidak dibersihkan dengan benar di pagi hari, maka dapat menyebabkan penuaan dini pada wajah. Kulit pun lebih banyak kerutan dan mengganggu produk perawatan kulit, seperti tabir surya. Oleh karena itu, disarankan untuk mencuci muka terlebih dahulu di pagi hari. Sehingga kulit menjadi lebih segar dan membersihkan pori-pori.

Itu dia beberapa rutinitas yang ternyata mempengaruhi kulit wajah. Apakah Anda sudah menghindari kebiasaan buruk di atas?

 

 

Reporter: Bunga Ruth

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.