Sukses

Dua Lipa Unggah Camilan Mirip Pastel, Ini 3 Makanan Indonesia Kembaran Hidangan Luar Negeri

Dua Lipa mengunggah makanan mirip pastel yang ternyata dari Bolivia. Ini 3 makanan luar negeri yang mirip hidangan Indonesia, mulai dari tampilan hingga cara masaknya.

Liputan6.com, Jakarta - Dua Lipa, penyanyi tersohor asal Inggris baru-baru ini menghebohkan netizen karena unggahan makanannya yang mirip jajanan asal Indonesia, pastel, disertai sambal cocol yang mirip sambal dabu-dabu. Setelah ditelusuri, ternyata itu bukan pastel seperti yang dikira netizen Tanah Air, melainkan saltena khas bolivia.

Selain pastel yang diunggah Dua Lipa, yang mirip dengan saltena, sejumlah hidangan dari Indonesia juga ada yang kembaran seperti menu makanan di luar negeri. Apa saja?

Berikut ini makanan Indonesia yang sangat mirip dengan hidangan luar negeri, mulai dari bentuk hingga cara penyajiannya, dikutip dari beragam sumber, Selasa (10/8/2021):

1. Japchae – Bihun Goreng

Japchae (pixabay)

Sekilas terlihat seperti bihun goreng, bukan? Ini adalah Japchae, bihun ala Korea yang biasanya disajikan sebagai side dish. Japchae berisi berbagai macam sayuran dan daging. Ada jamur, daging sapi, bawang bombay, dan bumbu pelengkap lainya.

Kesamaan japchae dan bihun goreng Indonesia terletak pada bahan utama yang digunakan, yakni bihun, dan cara memasaknya hampir sama. Perbedaannya adalah Japchae hanya menggunakan bumbu berupa bawang putih, minyak wijen, gula, dan kecap asin. Sedangkan bihun goreng biasanya memakai bumbu yang lebih lengkap dan ditambah kecap manis.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Salad Sayur – Gado-Gado

Salad sayur dan gado-gado sama-sama dipenuhi sayur mayur. Salad sayur biasanya diisi dengan sayuran hijau seperti selada, kale, bawang bombay, tomat, timun, dan masih banyak lagi. Gado-gado dilengkapi dengan telur rebus, kentang, kacang panjang, daun selada, kangkung, timun, tahu, tempe dan lainnya.

Perbedaan utama kedua hidangan ini adalah saus yang melengkapinya. Salad sayur menggunakan dressing saus sasame, sementara gado-gado menggunakan bumbu kacang.

3. Pancake – Martabak Manis

Pancake (pixabay)

Bentuknya memang agak berbeda. namun, bahan dasar untuk membuat dua hidangan ini hampir sama. Tepung terigu, telur, susu, garam, dan baking soda adalah bahan dasar pancake maupun martabak manis.

Kedua hidangan ini dapat dibedakan dengan mudah dari toppingnya. Pancake biasanya polos dan dinikmati bersama sirup maple dan butter. Martabak manis memiliki topping yang beragam, ada rasa manis, keju, kacang, coklat dan lain-lain.

 

Reporter: Ielyfia Prasetio

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.