Sukses

Gempa Bumi Magnitudo 8,2 Guncang Alaska, Sejumlah Wilayah Berpotensi Tsunami

Liputan6.com, Alaska - Gempa bumi magnitudo 8,2 mengguncang Alaska. Peringatan tsunami pun diberlakukan untuk beberapa bagian pantai Alaska.

Menurut laporan CNN dari data awal dari US Geological Survey (USGS) yang dikutip Kamis (29/7/2021), beberapa bagian Alaska berada di bawah peringatan tsunami setelah gempa berkekuatan magnitudo 8,2 terjadi di lepas pantai.

"Gempa yang sangat kuat itu terletak sekitar 56 mil (91 kilometer) timur tenggara Perryville, Alaska, dan terjadi Rabu malam sekitar pukul 22:15 waktu setempat," kata USGS.

Pada kedalaman 29 mil (46,7 km), gempa dianggap dangkal. Gempa bumi dangkal memiliki kedalaman antara 0 dan 70 km. Setidaknya ada dua gempa susulan yang kuat, termasuk kekuatan awal magnitudo 6,2 dan 5,6, lapor USGS.

Peringatan tsunami telah dikeluarkan untuk sebagian negara bagian, menurut Pusat Peringatan Tsunami Nasional AS.

Peringatan tsunami tersebut termasuk Alaska Selatan dan Semenanjung Alaska, dari Hinchinbrook Entrance (90 mil timur Seward) ke Unimak Pass, dan untuk Kepulauan Aleutian dari Unimak Pass (80 mil timur laut Unalaska), ke Samalga Pass, Alaska, yang berjarak 30 km sebelah barat daya dari Nikolski.

Polisi di Kodiak, kota terbesar di pulau Kodiak, menyarankan warga untuk pindah ke dataran tinggi, menambahkan bahwa sekolah menengah di sana dibuka sebagai lokasi evakuasi.

Kodiak berada di dekat ujung barat laut Pulau Kodiak, yang merupakan pulau terbesar di Alaska dan merupakan pulau terbesar kedua di AS.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Peringata Tsunami Juga Mencakup Hawaii

Menurut National Weather Service (NWS) Pacific Tsunami Warning Center, peringatan tsunami juga dikeluarkan untuk Hawaii, 

"Gelombang untuk Hawaii diperkirakan kurang dari 0,3 meter (0,98 kaki) di atas permukaan air pasang," kata Gubernur Hawaii David Ige di Twitter.

Tingkat bahaya tsunami sedang dievaluasi untuk pantai Pasifik AS dan Kanada di Amerika Utara, menurut NWS.