Sukses

Roket Gempur Depan Istana Presiden Afghanistan Saat Salat Idul Adha, ISIS Klaim Dalangnya

Setidaknya tiga roket mendarat di dekat istana kepresidenan Afganistan di Kabul saat Presiden Ashraf Ghani mengadakan salat di luar ruangan untuk menandai perayaan Idul Adha.

Liputan6.com, Kabul - Serangan roket mendarat di dekat istana kepresidenan Afganistan saat salat Idul Adha 20 Juli 2021 waktu setempat. Presiden Ashraf Ghani melanjutkan salat meskipun beberapa ledakan keras di daerah itu, menurut gambar yang ditunjukkan tayangan televisi.

Setidaknya tiga roket mendarat di dekat istana kepresidenan Afganistan di Kabul saat Presiden Ashraf Ghani mengadakan salat di luar ruangan untuk menandai festival Muslim Idul Adha.

"Tidak ada korban luka dan roket mendarat di luar halaman istana yang dijaga ketat, kata Mirwais Stanikzai, juru bicara menteri dalam negeri Afganistan seperti dikutip dari Al Jazeera, Rabu (21/7/2021).

Kelompok ISIL (ISIS) mengaku bertanggung jawab atas serangan itu. Roket-roket yang ditembakkan sekitar pukul 8 pagi (03:30 GMT) terdengar di apa yang disebut Zona Hijau, area yang dijaga ketat yang menampung istana dan beberapa kedutaan, termasuk misi AS.

Ghani kemudian menyampaikan pidato dari podium terbuka, disiarkan di media lokal.

Dalam sebuah pernyataan yang diedarkan di aplikasi perpesanan Telegram, ISIL mengatakan: "Tentara kekhalifahan menargetkan istana presiden ... dan Zona Hijau di Kabul dengan tujuh roket Katyusha."

Roket telah diarahkan ke istana kepresidenan beberapa kali di masa lalu, yang terakhir pada bulan Desember.

Serangan itu bertepatan dengan serangan Taliban di seluruh negeri ketika pasukan asing mengakhiri penarikan pasukan yang dijadwalkan akan selesai pada 31 Agustus.

Tidak seperti beberapa tahun sebelumnya, Taliban tidak mengumumkan gencatan senjata selama liburan Idul Adha tahun ini, meskipun ada seruan mendesak dari masyarakat sipil Afganistan dan masyarakat internasional untuk mengakhiri pertempuran.

"Idul Adha tahun ini juga diperingati untuk pengorbanan dan keberanian pasukan Afganistan, terutama dalam tiga bulan terakhir," kata Ghani dalam pidatonya kepada bangsa setelah salat pagi itu.

“Taliban tidak memiliki niat dan kemauan untuk perdamaian,” kata Ghani. “Kami telah membuktikan bahwa kami memiliki niat, kemauan dan pengorbanan untuk perdamaian.”

Pada hari Senin, 15 misi diplomatik dan perwakilan NATO di Kabul mendesak Taliban untuk menghentikan serangan, hanya beberapa jam setelah kelompok itu dan pemerintah Afganistan gagal menyepakati gencatan senjata pada pembicaraan mereka di Doha.

"Serangan Taliban bertentangan langsung dengan klaim mereka untuk mendukung penyelesaian yang dirundingkan," bunyi pernyataan itu.

"Ini telah mengakibatkan hilangnya nyawa orang Afganistan yang tidak bersalah, termasuk melalui pembunuhan yang ditargetkan, pemindahan penduduk sipil, penjarahan dan pembakaran gedung, penghancuran infrastruktur vital, dan kerusakan jaringan komunikasi."

Selama berbulan-bulan, kedua belah pihak telah bertemu di dalam dan di luar ibu kota Qatar tetapi hanya mencapai sedikit, dengan pembicaraan tampaknya telah kehilangan momentum karena Taliban membuat keuntungan besar.

Sebuah pernyataan bersama pada Minggu malam mengatakan mereka telah sepakat tentang perlunya mencapai "solusi yang adil", dan untuk bertemu lagi minggu depan.

“Kami juga sepakat bahwa tidak boleh ada jeda dalam negosiasi,” Abdullah Abdullah, yang mengawasi delegasi pemerintah Afganistan, mengatakan pada hari Senin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Turki Berharap Ada Perdamaian di Afganistan

Setelah pertemuan puncak terkait perdamaian di Afganistan akhir pekan, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengumumkan bahwa pemerintahannya berharap untuk memulai pembicaraan dengan Taliban mengenai penolakan kelompok itu untuk membiarkan Ankara mengelola bandara Kabul setelah pasukan AS mundur dari Afganistan.

Turki telah bernegosiasi dengan pejabat pertahanan AS mengenai tawaran untuk mengamankan bandara, yang merupakan kunci untuk memungkinkan negara-negara mempertahankan kehadiran diplomatik di Afganistan setelah penarikan pasukan.

Pekan lalu, Taliban menyebut tawaran Turki "tercela".

Pertempuran, sementara itu, berlanjut di Afganistan, dengan Taliban dan pemerintah mengklaim keuntungan di berbagai bagian negara itu.

Selama akhir pekan, pemimpin tertinggi Taliban Hibatullah Akhundzada mengatakan dia “sangat mendukung” penyelesaian politik – bahkan ketika kelompok itu melanjutkan serangannya.

Taliban telah merebut distrik, merebut penyeberangan perbatasan dan mengepung ibu kota provinsi saat pasukan asing bersiap untuk keluar sepenuhnya pada akhir Agustus.

Di Washington, Departemen Luar Negeri mengatakan bahwa sekitar 700 penerjemah dan anggota keluarga dekat mereka yang melarikan diri dari Afganistan akan dipindahkan ke pangkalan militer di negara bagian Virginia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.