Sukses

Mengenal Cono de Arita, Piramida Misterius di Dataran Garam Argentina

Cono de Arita adalah sebuah piramida yang terbentuk secara alami setinggi 200 meter di Argentina.

Liputan6.com, Salta - Salar de Arizaro, dataran garam terbesar kedua di Argentina sekaligus menjadi rumah bagi salah satu formasi alam yang paling misterius di dunia.

Cono de Arita, sebuah piramida kerucut setinggi 200 meter terbentuk sangat sempurna, tampak seperti buatan tangan manusia.

Faktanya, sepanjang awal abad ke-20, orang meyakini bahwa Cono de Arita sama seperti piramida Mesir yang sebenarnya dibangun oleh manusia, demikian dikutip dari Oddity Central, Selasa (13/7/2021).

Namun, penelitian ilmiah menunjukkan bahwa foramsi puncak gunung berapi mati tersebut terbentuk melalui kerak bumi yang memuntahkan lava atau menghasilkan kawah. Saat ini, Cono de Arita dianggap sebagai kerucut alami paling sempurna di dunia. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Legenda Cono de Arita

Banyak yang belum diketahui tentang Cono de Arita. Namun, leganda dan bukti arkeologis menunjukkan bahwa mungkin tempat itu telah digunakan sebagai situs upacara sebelum kedatangan suku Inca. Banyaknya "penampakan" UFO yang dilaporkan menambah misteri Cono de Arita.

Cono de Arita disebut sebagai "gunung berapi mengambang". Ilusi optik yang diciptakan ketika melihat formasi kerucut dari jauh dibalik dataran garam yang luas membuat gunung berapi tampak mengambang.

Meskipun menawarkan pemandangan yang sangat unik, untuk mencapai Cono de Arita bukan perkara mudah karena harus melintasi tanah tandus, Salar de Arizaro.

 

Reporter: Ielyfia Prasetio

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.