Sukses

Jepang Kirim Lagi 1,16 Juta Dosis Vaksin COVID-19 AstraZeneca ke Indonesia 15 Juli

Total Jepang menghibahkan sekitar 2,16 juta dosis vaksin COVID-19 AstraZeneca kepada Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Jepang merupakan salah satu negara yang turun tangan membantu Indonesia menghadapi pandemi, melaui penyediaan vaksin COVID-19. Pemerintah Negeri Sakura pun berkomitmen mengirimkannya via udara.

Yang terbaru, bantuan vaksin COVID-19 AstraZeneca dari Jepang dijadwalkan tiba di Indonesia pada 15 Juli 2021 mendatang.

"Pada tanggal 15 Juli, sebanyak 1,16 juta dosis vaksin AstraZeneca rencananya akan tiba di Indonesia dengan menggunakan pesawat, sebagai bentuk bantuan dari Jepang untuk mencegah penyebaran penularan COVID-19 di Indonesia," demikian menurut informasi dari pemerintah Jepang melalui keterangan tertulis yang disampaikan Kedutaan Besar Jepang di Indonesia, Selasa (13/7/2021).

Pemerintah Jepang bersama dengan Pemerintah Indonesia telah melakukan pertukaran nota tentang pemberian vaksin COVID-19 pada tanggal 29 Juni lalu. Vaksin yang akan tiba pada tanggal 15 Juli merupakan bagian dari vaksin hibah berdasarkan pertukaran nota tersebut.

Bersama dengan kurang lebih 1 juta dosis vaksin COVID-19 AstraZeneca yang telah tiba sebelumnya di Indonesia pada tanggal 1 Juli, secara total Jepang menghibahkan sekitar 2,16 juta dosis vaksin kepada Indonesia.

"Vaksin hibah dari Jepang diharapkan dapat berkontribusi pada pencegahan penyebaran penularan COVID-19 di Indonesia. Jepang bertekad untuk terus bekerjasama dengan negara lain dan organisasi internasional terkait, dalam memberikan berbagai bantuan agar pandemi COVID-19 bisa berakhir sesegera mungkin," tegas pihak Jepang melalui pernyataan tertulisnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cerminan Hubungan Kuat Indonesia-Jepang

Sebelumnya, kiriman vaksin COVID-19 Jepang yang pertama diberangkatkan menggunakan penerbangan Japan Airlines JL725, dan tiba di Bandara Soekano Hatta pada 1 Juli sore.

Wakil Kepala Perwakilan RI di Tokyo, Tri Purnajaya selaku Ketua Satgas Diplomasi Vaksin KBRI Tokyo bersama Direktur Second Southeast Division Kemlu Jepang, Hajime Ueda melepas secara simbolis 13 kontainer yang memuat sekitar 1 juta dosis Vaksin COVID-19 AstraZeneca untuk dikirimkan ke Indonesia.

Selain menyampaikan apresiasi Indonesia kepada Jepang, Tri Purnajaya juga menyebutkan pengiriman vaksin COVID-19 tersebut merupakan cerminan kuatnya hubungan kedua negara sebagai negara sahabat sekaligus mitra strategis maupun dalam konteks people-to-people, demikian dikutip dari keterangan tertulis KBRI Tokyo, Kamis (1/7/2021).

 

3 dari 3 halaman

Infografis Ayo Jangan Ragu, Vaksin Covid-19 Dipastikan Aman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.