Sukses

Jepang Kirim 1 Juta Dosis Vaksin COVID-19 AstraZeneca ke Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Kepala Perwakilan RI di Tokyo, Tri Purnajaya selaku Ketua Satgas Diplomasi Vaksin KBRI Tokyo bersama Direktur Second Southeast Division Kemlu Jepang, Hajime Ueda melepas secara simbolis 13 kontainer yang memuat sekitar 1 juta dosis Vaksin COVID-19 AstraZeneca untuk dikirimkan ke Indonesia.

Acara pelepasan vaksin COVID-19 tersebut dilakukan di Bandara Narita, Jepang pada Kamis (1/7) waktu setempat.

Kiriman 1 juta vaksin AstraZeneca itu, merupakan bantuan dari pemerintah Jepang untuk Indonesia.

Vaksin COVID-19 itu diberangkatkan menggunakan penerbangan Japan Airlines JL725, dan akan tiba di Bandara Soekano Hatta pada sore hari yang sama.

Selain menyampaikan apresiasi Indonesia kepada Jepang, Tri Purnajaya juga menyebutkan pengiriman vaksin COVID-19 tersebut merupakan cerminan kuatnya hubungan kedua negara sebagai negara sahabat sekaligus mitra strategis maupun dalam konteks people-to-people, demikian dikutip dari keterangan tertulis KBRI Tokyo, Kamis (1/7/2021).

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 3 halaman

Harapan Pemerintah Jepang

Sementara itu, Hajime Ueda menyampaikan harapan Pemerintah Jepang bahwa kerja sama pengiriman vaksin ini dapat berkontribusi bagi upaya Pemerintah Indonesia dalam melakukan penanganan Pandemi COVID-19, sekaligus memperkuat kerja sama antara kedua negara.

KBRI Tokyo menyampaikan, bahwa pengiriman vaksin dari Jepang ini merupakan bagian dari Diplomasi vaksin Indonesia untuk memperjuangkan jaminan akses yang adil terhadap vaksin yang aman, efektif dan berkualitas di seluruh negara dan kawasan. 

Hal itu bertujuan untuk mewujudkan cakupan kesehatan semesta (Universal Health Coverage) yang dilakukan secara bilateral maupun mekanisme multilateral melalui inisiatif COVAX.

3 dari 3 halaman

Infografis Ayo Jangan Ragu, Vaksin COVID-19 Dipastikan Aman