Sukses

AS Kembali Beri Kesempatan Permohonan Masuk Pencari Suaka di Meksiko

Amerika Serikat kembali memberikan kesempatan bagi para pencari suaka yang menunggu di Meksiko.

Liputan6.com, Jakarta - Departemen Keamanan Dalam Negeri Amerika Serikat pada Selasa (22/6), menyatakan ribuan pencari suaka di Meksiko yang permohonannya ditolak atau dianggap tidak beralasan di bawah kebijakan pemerintahan mantan presiden Donald Trump, kini akan diizinkan mengajukan permohonan lagi sesuai dengan perlindungan kemanusiaan.

Dikutip dari VOA Indonesia, Kamis (24/6/2021) para pencari suaka yang permohanannya ditolak itu terpaksa menunggu di Meksiko untuk sidang pengadilan.

Laporan kantor berita Associated Press mengatakan bahwa pendaftaran itu dimulai pada Rabu (23/6) bagi pencari suaka yang selama ini masuk dalam kategori "Remain in Mexico" (Tetap di Meksiko), termasuk pengajuan kasus yang ditolak atau mereka yang gagal hadir di pengadilan.

Namun, tidak diketahui secara jelas berapa banyak orang yang memenuhi syarat untuk dibebaskan masuk ke AS saat menunggu keputusan pengadilan atas kasus mereka.

Hal itu diungkapkan oleh seorang pejabat senior Keamanan Dalam Negeri AS yang berbicara dengan syarat anonim karena informasi tersebut belum diumumkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bantuan untuk Para Pencari Suaka

Sementara itu, direktur Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM) untuk Amerika Utara, Amerika Tengah dan Karibia, yaitu Michele Klein Solomon, mengatakan kepada Associated Press bahwa diperkirakan setidaknya ada 10 ribu orang.

Organisasinya bekerja sama dengan pemerintah untuk membantu para pencari suaka menuju ke perbatasan. 

Bantuan itu pun termasuk memastikan para pencari suaka dites negatif COVID-19 sebelum diizinkan masuk ke AS.

Namun, angka itu diperkirakan rendah karena ada hampir 7.000 pencari suaka yang kasusnya ditolak - sebagian besar di San Diego, dan lebih dari 32.000 yang kasusnya ditolak, sebagian besar di Texas, menurut Transactional Records Access Clearinghouse dari Universitas Syracuse.

Tidak diketahui juga jumlah kasus yang ditolak bagi mereka yang tidak dapat hadir di pengadilan.

3 dari 3 halaman

Infografis 5 Tips Cegah COVID-19 Saat Beraktivitas dengan Orang Lain

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.