Sukses

Kecemasan Membatasi Kreativitas, Ini Cara Menyembuhkannya

Banyak profesi mengharuskan kita untuk berpikir secara fleksibel dan berimprovisasi sepanjang hari - tetapi tekanan terus-menerus dapat menghambat Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak profesi mengharuskan kita untuk berpikir secara fleksibel dan berimprovisasi sepanjang hari, tetapi tekanan terus-menerus dapat menghambat Anda.

Dalam karya non-fiksi Big Magic, Elizabeth Gilbert mencantumkan semua ketakutan yang dapat membatasi proses kreativitas

“Kamu takut kamu tidak punya bakat. Anda takut akan ditolak atau dikritik atau diejek atau disalahpahami atau - yang terburuk - diabaikan. Anda takut tidak ada pasar untuk kreativitas Anda, dan karenanya tidak ada gunanya mengejarnya."   

Gilbert, seorang penulis Amerika yang juga menulis buku terlaris Eat Pray Love, melanjutkan dengan daftar 21 alasan lebih lanjut mengapa rasa takut dan kecemasan dapat menggagalkan inspirasi kita. 

"Ketakutan adalah tempat terpencil di mana impian kita mengering di bawah terik matahari," simpulnya. 

Mengkutip BBC, Kamis (20/5/2021), siapapun yang pernah mempresentasikan ide-idenya dalam sebuah diskusi kelompok mungkin sudah familiar dengan perasaan-perasaan ini dan efek melumpuhkan yang dapat mereka timbulkan pada pikiran. 

Namun, hanya dalam beberapa tahun terakhir para ilmuwan mulai mengukur kecemasan kreativitas - dan perannya dalam membatasi kualitas ide-ide kita.    

Yang penting, Anda tidak perlu menjadi seniman profesional untuk belajar dari temuan mereka. Ada metode yang dapat digunakan siapa pun, di hampir semua tempat kerja, untuk mengelola dan mengurangi kecemasan kreativitas, yang berpotensi memunculkan pemikiran yang lebih orisinal dan inovatif.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Skala Kecemasan Kreativitas

Salah satu mahasiswa pascasarjana Lyons, Richard Daker, mulai bertanya-tanya apakah ketakutan tentang proses kreatif bisa sama pentingnya bagi kapasitas orang untuk berpikir secara orisinal dan inovatif.

Bekerja dengan Lyons dan peneliti kreativitas Adam Green, Daker pertama kali merancang skala psikologis di mana peserta diminta untuk menilai seberapa banyak berbagai situasi yang akan membuat mereka merasa cemas. Situasi tersebut termasuk:

  • Harus menemukan solusi kreatif untuk suatu masalah
  • Harus menemukan cara unik dalam melakukan sesuatu
  • Harus memikirkan sesuatu dari sudut pandang baru
  • Harus berimprovisasi

Sebagai pembanding, peserta juga harus menilai kecemasan yang disebabkan oleh situasi pembanding yang tidak mencerminkan pemikiran kreatif, seperti:

  • Harus memecahkan masalah dengan cara yang tepat seperti yang diajarkan kepada Anda
  • Harus secara tepat mengikuti metode yang sudah mapan dalam melakukan sesuatu
  • Harus memikirkan sesuatu menurut sistem tetap
  • Harus mengikuti instruksi dengan hati-hati

Dan benar saja, Daker menemukan bahwa kecemasan orang tentang tugas-tugas yang membutuhkan pemikiran orisinal dan improvisasi cenderung berkorelasi satu sama lain.

Ini menunjukkan bahwa kecemasan kreativitas adalah entitas terpisah yang dipicu oleh situasi tertentu, daripada mencerminkan tingkat stres orang secara keseluruhan.

3 dari 4 halaman

Intoleransi ketidakpastian

Studi pertama Daker tentang kecemasan kreativitas diterbitkan pada tahun 2020, dan konsep tersebut telah menarik minat para ilmuwan lain, termasuk Ross Anderson, seorang peneliti senior di perusahaan konsultan pendidikan Inflexion, yang baru-baru ini menggunakan skala tersebut untuk memeriksa tanggapan guru terhadap pandemi.

Banyak orang - termasuk guru itu sendiri - mungkin tidak menganggap mengajar sebagai sesuatu yang kreatif, tetapi Anderson menunjukkan bahwa guru harus berpikir secara fleksibel dan berimprovisasi hampir setiap menit dalam sehari, dan rencana pelajaran mereka bisa sangat inventif. 

Dari hasil survei guru selama penutupan sekolah pada musim semi 2020, membuktikan bahwa kecemasan kreativitas secara konsisten memprediksi ukuran kesejahteraan guru lainnya. 

Secara keseluruhan, guru dengan kecemasan kreatif yang lebih besar cenderung melaporkan lebih banyak stres selama periode ketidakpastian ini, salah satunya saat mereka berjuang dengan kebutuhan untuk menemukan cara baru dan inventif untuk membuat siswa tetap terlibat.

Ini menunjukkan kecemasan kreativitas mungkin menjadi faktor pembatas di berbagai jenis tempat kerja, selain seni tradisional - membuatnya semakin penting untuk menemukan cara meredakan perasaan tersebut.  

4 dari 4 halaman

Terapi Pemaparan

Sebuah penelitian menemukan bahwa "tulisan ekspresif" - di mana Anda menghabiskan beberapa menit untuk menggambarkan perasaan Anda secara mendetail, sebelum peristiwa yang membuat stres - dapat menenangkan saraf tersebut dan meningkatkan kemampuan orang dalam matematika, dan mungkin saja strategi yang sama dapat membantu kreativitas. 

Ini juga mungkin berguna untuk mempraktikkan pemikiran kreatif di lingkungan berisiko rendah, saran Daker. 

“Jika Anda memberi orang latihan untuk menjadi kreatif dari waktu ke waktu, dan meningkatkan kenyamanan mereka dengan proses itu, kemungkinan kecemasan kreativitas itu sendiri akan turun,” kata Daker. 

Anderson telah melihat beberapa tanda bahwa kecemasan kreatif dapat dikurangi. Dalam sebuah studi yang saat ini sedang ditinjau oleh sejawat, ia menguji kursus 14 jam yang mendidik para guru tentang potensi mereka untuk menggunakan kreativitas dalam pekerjaan mereka, bersama dengan latihan praktis. 

Ia menemukan bahwa kecemasan kreativitas guru menurun secara substansial. 

Setelah mereka mengetahui bahwa kreativitas mereka dapat dibentuk dan dapat meningkat dengan latihan, kebutuhan untuk berpikir pada awalnya tampak tidak terlalu menakutkan. 

Ini hanyalah beberapa saran. “Ada kemungkinan beberapa kemungkinan intervensi,” kata Lyons. Mengingat penelitiannya tentang kecemasan matematika, penting untuk menyesuaikan strategi dengan orang tersebut, katanya. 

Kemungkinan tingkat kecemasan tertentu tidak akan terhindarkan dalam upaya kreatif apa pun - untuk berinovasi selalu melibatkan risiko penolakan dan kegagalan tertentu. 

Seperti yang ditulis Gilbert di Big Magic, "Hidup kreatif adalah jalan untuk pemberani." Tetapi jika kita belajar untuk hidup dengan perasaan takut itu, kita mungkin terkejut dengan apa yang bisa kita capai.

Reporter: Lianna Leticia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.