Sukses

Terlalu Banyak Habiskan Waktu di Toilet, Pekerja di Taiwan Dipotong Gaji

Karyawan di Taiwan menggunakan Facebook untuk menyuarakan rasa frustrasi dan kekecewaannya karena sebagian dari gaji bulanannya ditahan oleh perusahaan tempat dia bekerja.

Liputan6.com, Taipei - Seorang pria Taiwan memicu kontroversi di media sosial setelah mengeluh tentang pemotongan gaji karena menghabiskan terlalu banyak waktu di kamar mandi selama jam kerja.

Karyawan yang tidak puas, yang diidentifikasi hanya sebagai 'Tn. A', baru-baru ini menggunakan Facebook untuk menyuarakan rasa frustrasi dan kekecewaannya karena sebagian dari gaji bulanannya ditahan oleh perusahaan tempat dia bekerja, karena telah menghabiskan terlalu banyak waktu di kamar mandi pada bulan sebelumnya.

Dilansir dari Odditycentral, Kamis (15/4/2021) pria itu mengaku menghabiskan 49,5 jam di toilet, yang berarti sekitar dua jam waktu mandi per hari, tetapi mengatakan bahwa majikannya tidak memberi tahu dia bahwa gajinya dapat dipotong karena terlalu lama menggunakan toilet.

Pria Taiwan itu memposting ceritanya di Grup Facebook Blame 2 Commune, meminta nasihat dari anggota lain tentang bagaimana melanjutkannya.

Dia mengklarifikasi bahwa dia telah bekerja 22 hari sebagai magang bulan lalu, dengan total 195 jam dan gaji per jam 160 yuan (Rp 360 ribu). Namun, pada hari gajian, dia melihat sekitar 4.400 yuan (Rp 9,8 juta) telah dikurangkan, jadi dia memutuskan untuk menangani masalah ini dengan sumber daya manusia.

A diberitahu bahwa menurut rekaman CCTV internal, dia telah menghabiskan hampir 50 jam kerja di kamar mandi sepanjang bulan sebelumnya, dan karena manajemen hanya mengizinkan rata-rata satu jam waktu kamar mandi per hari, rata-rata 27,5 jam telah dipotong dari gajinya. 

"Oke, jadi saya sudah lama di sana, tapi apakah itu berarti uang saya bisa dipotong tanpa pandang bulu?" pria itu bertanya, menambahkan bahwa perusahaan telah mengancam akan melepaskannya jika dia tidak melepaskan masalah itu.

 

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mendapat Reaksi Beragam dari Netizen

Pria itu berkata bahwa dia sedang mempertimbangkan untuk melaporkan masalah tersebut ke Biro Tenaga Kerja, tetapi orang tuanya menentangnya dan telah menyuruhnya untuk tetap menunduk dan mempertahankan pekerjaannya.

"Jika saya tidak dapat menghabiskan waktu di kamar mandi, maka saya akan buang air besar di celana saya dan membuat seluruh kantor menjadi bau. Saya benar-benar tercengang dengan semua ini," Tuan A menutup kata-katanya.

Kasus aneh ini mendapat reaksi beragam di media sosial, dengan beberapa orang mengatakan bahwa mereka memahami keputusan majikan, karena 50 jam waktu kamar mandi bulanan selama jam kerja terlalu banyak, dan yang lain mendukung pria tersebut dan mendorongnya untuk melaporkan majikannya kepada pihak berwenang.

"Perusahaan tidak punya uang untuk mengirim Anda ke toilet. Perusahaan mana yang mempekerjakan seseorang untuk duduk di toilet selama 2 jam sehari?" satu orang berkomentar.

"Anda bekerja 8 jam sehari, 22 hari sebulan, yang berarti Anda menghabiskan 6 hari di toilet, siapa yang tidak akan memotong gaji Anda?"

"Jika kamu tinggal di toilet selama 2 jam sehari, menurutku tempat yang harus kamu datangi bukanlah toilet, itu rumah sakit," tulis orang lain.

Tapi A memang mendapatkan beberapa pesan yang membesarkan hati dari orang-orang.

"Ada orang di perusahaan kami yang bekerja delapan jam sehari dan menggunakan toilet selama 3 jam, dan tidak mengambil potongan gaji.

Waktu mandi selama jam kerja telah menjadi masalah besar di Asia, terutama di China daratan, dengan majikan yang datang dengan segala macam cara untuk memantau kunjungan toilet karyawan dan mencegah waktu istirahat yang lama di kamar mandi.

 

Reporter: Lianna Leticia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.