Sukses

Dear Moms, Ini 7 Mitos Tentang Balita yang Harus Ditinggalkan

Sebagian besar kesalahpahaman mengenai balita muncul dari fakta bahwa orang tidak pernah memahami bagaimana tepatnya otak bayi bekerja.

Liputan6.com, Jakarta - Balita merupakan makhluk misterius dan, tentu saja, ada banyak mitos yang mengelilinginya, seperti tumbuh gigi adalah penyebab dari setiap penyakit yang mungkin, atau anak yang dapat berbicara lebih awal adalah orang jenius di antara teman-teman mereka.

Sebagian besar kesalahpahaman dan mitos ini muncul dari fakta bahwa orang tidak pernah memahami bagaimana tepatnya otak bayi bekerja. Tapi sekali lagi, apakah kita sudah sampai di sana?

Dilansir dari Bright Side inilah beberapa informasi yang salah dalam mengasuh anak dan bayi yang sebaiknya dihindari.

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Mitos: Baby Talk Tanda Kesulitan Berbicara

Pembicaraan bayi (baby talk) tidak konyol - ini adalah alat pengembangan bahasa yang ampuh. Dalam benak orang, orang tua yang berbicara bayi dengan balita adalah seperti dua manusia gua yang saling mengejek.

Pada kenyataannya, pembicaraan bayi adalah ucapan bernada tinggi, nyanyian tetapi secara tata bahasa benar dengan kata-kata yang berulang.

Anak-anak tidak hanya lebih menyukai suara bayi daripada ucapan "dewasa", tetapi mereka juga belajar lebih banyak kata darinya. Ini menarik perhatian anak dengan lebih baik dan lebih melibatkan mereka dalam percakapan. Ini juga membantu untuk membentuk ikatan khusus antara orang tua dan anak, karena bayi dapat membaca emosi dari pembicaraan bayi dengan lebih mudah.

3 dari 8 halaman

Mitos: Cepat Membaca Tanda Balita Pintar

Meskipun mengesankan, membaca pada usia dini tidak menjamin pencapaian akademis. Anak-anak yang merupakan pembelajar visual-spasial cenderung menjadi pembaca yang terlambat. Sebaliknya, interaksi bahasa yang kaya dan menyenangkan dengan anak-anak sebelum mereka pergi ke sekolah adalah kunci keberhasilan di kemudian hari - karena bahasa mendasari begitu banyak pembelajaran di seluruh domain.

4 dari 8 halaman

Mitos: Balita Cenderung Makan-makanan Bervariasi

Di dunia yang sempurna, mungkin. Nyatanya, tidak. Meskipun penting untuk menjaga pola makan anak yang seimbang dan bergizi, sebagian besar balita adalah pemilih soal urusan makanan.

Mereka secara alami enggan makan makanan baru dan membutuhkan pemaparan yang konsisten untuk menjadikannya bagian dari diet biasa. Ada juga banyak alasan lain mengapa mereka menolak makanan, yang paling umum adalah karena mereka tidak menyukainya.

Balita rata-rata tidak makan dari semua kelompok makanan setiap hari dan Anda tidak dapat memaksakan variasi pada mereka. Jadi, terus tawarkan makanan yang berbeda dan catat apa yang paling mereka sukai.

5 dari 8 halaman

Mitos: Balita Tidak Bisa Melakukan Pekerjaan Rumah Sederhana

Balita tidak mendapatkan cukup pujian atas apa yang dapat mereka lakukan. Bahkan, mereka senang membantu pekerjaan rumah karena merasa terlibat dan memiliki kesempatan untuk terikat dengan anggota keluarga.

Mereka bisa membersihkan mainannya, memasukkan cucian ke dalam keranjang, meletakkan serbet di atas meja, dan membersihkan piring setelah makan. Kuncinya adalah menjaga prosesnya tetap sederhana, menyenangkan, berulang, dan dibumbui dengan pujian dan dorongan.

6 dari 8 halaman

Mitos: Mereka harus tidur sepanjang malam

Balita memiliki lebih banyak siklus tidur daripada orang dewasa, artinya - Anda dapat menebaknya - mereka cenderung lebih sering bangun.

Mereka juga memiliki lebih banyak waktu untuk bermimpi, yang berarti lebih banyak mimpi buruk juga: monster di bawah tempat tidur, bayangan menakutkan bergerak melintasi dinding. Gabungkan ini dengan masalah pemisahan orang tua, dan Anda memiliki bahan untuk beberapa malam yang gelisah.

7 dari 8 halaman

Mitos: Mereka dapat dan harus berbagi sesuatu

Anak-anak kecil tidak memahami gagasan berbagi dan mereka bahkan kurang suka melakukannya. Kemampuan untuk berbagi baru terbentuk di dalamnya sekitar 3,5 hingga 4 tahun. Untuk memahami berbagi, mereka perlu memahami beberapa konsep kompleks yang sudah bertahun-tahun berlalu.

Berbagi juga mengharuskan mereka untuk memahami dan peduli tentang perasaan orang lain, yang sebenarnya tidak mereka lakukan - setidaknya tidak juga. Mereka tidak egois atau jahat jika mereka tidak ingin berbagi - mereka hanyalah balita.

8 dari 8 halaman

Mitos: Sering Mengamuk Tanda Balita Nakal

Semua balita pernah mengamuk. Semuanya. Itu adalah bagian normal dari masa kanak-kanak dan bukan tanda menjadi "baik" atau "buruk". Itu juga bukan pertanda menjadi orang tua yang baik atau buruk bagi Anda. Rewel pada bayi terjadi karena pusat pengaturan emosi di otak mereka tidak dapat menangani emosi besar mereka. Dan mereka juga belum memahami aturan sosial.

 

Reporter: Lianna Leticia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.