Sukses

Hari Perempuan Sedunia 2021, Ini 10 Sosok Wanita Hebat yang Inspiratif

Liputan6.com, Jakarta - Dunia merayakan Hari Perempuan Sedunia (International Women's Day) pada Senin 8 Maret 2021. Hari spesial ini didedikasikan bagi perjuangan kaum hawa di seluruh dunia.

Perempuan terus memperjuangkan hak mereka agar tidak dikesampingkan di berbagai bidang, termasuk dalam kepemimpinan. Bermula dari satu abad lalu, para aktivis wanita menuntut hak pilih, dan kini makin banyak pemimpin wanita berprestasi di dunia. 

Di dunia seni, para seniman perempuan juga semakin berpengaruh. Kylie Jenner yang usianya masih belia sempat menjadi miliarder berkat produk kosmetiknya. 

Mulai dari Sri Mulyani, Jacinda Ardern, hingga Kylie Jenner, berikut 10 sosok wanita inspiratif untuk merayakan Hari Perempuan Sedunia:

 

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

2 dari 9 halaman

1. Angela Merkel

Kebangsaan: Jerman 

Angela Merkel (66) adalah Kanselir Jerman. Ia secara de facto dianggap sebagai sosok pemimpin Uni Eropa.

Jerman berhasil tetap bertahan sebagai negara maju yang stabil di bawah pemerintahan Merkel, meski banyak dinamika yang melanda dunia.

Merkel selalu muncul di posisi teratas daftar Wanita Paling Berpengaruh di Dunia versi Forbes. Rencananya, Merkel akan mundur dari jabatannya pada 2021 setelah sekitar 15 tahun berkuasa.

3 dari 9 halaman

2. Christine Lagarde

Kebangsaan: Prancis 

Christine Lagarde (65) mencatat sejumlah pencapaian bersejarah bagi perempuan di bidang keuangan. 

Ia merupakan pemimpin perempuan pertama di dua institusi keuangan berpengaruh dunia: IMF dan Bank Sentral Eropa. Lagarde juga akrab dekat dengan Menteri Keuangan Indonesia, Sri Mulyani Indrawati.

4 dari 9 halaman

3. Sri Mulyani

Kebangsaan: Indonesia 

Tak diragukan lagi, Sri Mulyani Indrawati (58) merupakan pejabat Indonesia yang paling mendunia. Namanya selalu muncul di daftar-daftar prestisius di Forbes, Fortune, hingga The Muslim 500. 

Sri Mulyani pernah menjabat di Bank Dunia sebelum pulang ke Indonesia dan menjadi menteri keuangan di kabinet Jokowi jilid 1 dan 2. Sebelumnya, ia merupakan menkeu di kabinet Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

5 dari 9 halaman

4. Kylie Jenner

Kebangsaan: Amerika Serikat 

Beralih ke dunia hiburan, model Kylie Jenner (23) juga menjadi sosok inspiratif bagi para wanita muda yang ingin berbisnis. 

Pada 2019, Kylie Jenner berhasil meraih gelar miliarder berkat produksi kosmetiknya: Kylie Cosmetics. Ia merupakan pendiri perusahaan itu. 

Pada 2020, Forbes menyebut Kylie sebagai seleb dengan bayaran tertinggi, mengalahkan Kanye West, Cristiano Ronaldo, hingga Neymar.

6 dari 9 halaman

5. Taylor Swift

Kebangsaan: Amerika Serikat 

Taylor Swift (31) merupakan sosok termuda di daftar Wanita Berpengaruh Forbes 2020 pada kategori media dan hiburan. 

Sosok penulis lagu berbakat ini juga pernah menjadi tokoh melawan pelecehan seksual versi Time dan mendukung hak bayar yang layak bagi para seniman.

7 dari 9 halaman

6. Jacinda Ardern

Kebangsaan: Selandia Baru 

Perdana Menteri Jacinda Ardern (40) mendapat sorotan dunia karena sikapnya yang empatik kepada umat Muslim di negaranya setelah ada serangan teroris di Christchurch. 

Ardern terus mendapat pujian karena pemerintahannya sukses menangani COVID-19, ia juga berani untuk menerapkan lockdown. Hingga kini, jumlah meninggal akibat COVID di negaranya hanya 26 orang.

8 dari 9 halaman

7. Para Pemenang Nobel 2020

Pada 2020, ada empat wanita yang memenangkan Hadiah Nobel. 

Di kategori fisika, ada astronom Andrea Ghez (55) dari AS. Ia berjasa menemukan obyek supermasif di galaksi.

Berikutnya, ada penyair AS Louis Gluck (77) yang meraih Nobel Sastra berkata puisi-puisinya. Salah satunya berjudul Myth of Innocence tentang asmara Hades.

Dua pemenang lain adalah Emmanuelle Charpentier (52) dari Prancis dan Jennifer Doudna dari AS. Mereka mendapat penghargaan atas jasa mereka di bidang CRISPR gene editing.

9 dari 9 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: