Sukses

7 Tanda Seseorang Secara Diam-diam Iri dan Cemburu

Liputan6.com, Jakarta - Kecemburuan yang tidak disadari atau diabaikan dapat meningkat menjadi perilaku tidak sehat yang dapat mengubah seseorang secara drastis, bahkan mungkin tidak dapat mengenalinya lagi.

Perasaan cemburu juga tidak selalu terhadap pasangan, namun bisa terjadi pada hubungan pertemanan, persaudaraan, dan yang lainnya.

Mengutip dari Bright Side, berita terkini Kamis (25/2/2021), masalahnya di sini adalah bahwa kebanyakan orang menyembunyikan perasaan cemburu ini jauh di dalam hatinya.

Karena menyembunyikan ini maka sulit bagi kita untuk mengetahui apakah mereka cemburu pada kita atau tidak.

Namun sebenarnya ada beberapa cara untuk mengetahui apakah teman menyimpan perasaan cemburu atau negatif tentang Anda.

1. Memuji dengan penghinaan

Ilustrasi Memberi Saran Credit: pexels.com/pixabay

Jika seorang teman iri pada Anda, dia akan melakukan apa pun untuk bersikap mendukung padahal menyerang dengan pujian.

Tapi perhatikan apa yang mereka katakan dan ekspresi pasif-agresif yang mereka tunjukkan karena itu mungkin salah.

Misalnya, mungkin seseorang mendapatkan pekerjaan baru dan teman memuji dengan mengatakan, "Itu luar biasa, tetapi tidak biasa bagi mereka untuk mempekerjakan orang dengan pengalaman yang kurang, tapi selamat."

2 dari 7 halaman

2. Menertawakan kesalahan

Sekalipun itu adalah satu kesalahan yang dilakukan sejak lama, atau baru saja menghadapi masalah, teman yang cemburu akan menjadi orang pertama yang memberi tahu dengan berkata "Sudah kubilang."

Mereka mungkin merasa senang dan puas saat Anda mengalami kegagalan.

Setiap orang yang menikmati kegagalan orang lain bukanlah orang yang pantas dipertahankan.

3. Membuat alasan untuk menjauh

Ilustrasi./Copyright pexels.com/@d-ng-nhan-324384

Perhatikan apakah teman sedang mencoba menarik diri atau bersikap normal.

Jika mereka cemburu, mereka mungkin menolak kesuksesan Anda, dan mungkin mereka mulai mengatakan bahwa mereka sibuk sepanjang waktu atau mencari alasan lain untuk tidak bertemu.

Selain itu, bisa juga dengan memperhatikan bahwa mereka meluangkan waktu untuk bersama orang lain di lingkaran sosial Anda.

3 dari 7 halaman

4. Membicarakan di belakang

Ini kemungkinan besar akan dimulai dengan perasaan tidak suka, terutama jika Anda mencapai sesuatu yang selalu mereka inginkan untuk diri mereka sendiri.

Jadi, mulai mendengar dari orang lain bahwa ada orang yang mungkin teman terdekat menyebarkan berita yang tidak terlalu baik.

Mereka senang merendahkan Anda di depan orang lain sehingga mereka tampak lebih baik.

5. Mereka memuji dengan kata beruntung

Ilustrasi ngobrol. (Photo by Adam Winger on Unsplash)

Dapat dimengerti jika mengatakan, "Oh, Anda beruntung," dalam konteks yang positif seperti saat memenangkan pertandingan.

Tetapi jika teman mengatakan bahwa beruntung hanya karena dipekerjakan untuk posisi pekerjaan yang mereka tahu Anda telah bekerja keras, itu bukan pertanda baik.

Ini bukan karena cinta atau senang - orang ini hanya iri pada dan mereka melakukan ini kemungkinan besar untuk membuat diri mereka sendiri merasa lebih baik.

 

4 dari 7 halaman

6. Mereka mengurangi pencapaian

Teman yang cemburu kemungkinan besar merasa buruk tentang dirinya sendiri sehingga mereka akan menurunkan prestasi Anda.

Jika memiliki kabar baik, mereka mungkin mulai mencari sesuatu yang negatif untuk dikatakan untuk membuat perasaan tidak pantas mendapatkannya.

Contohnya adalah, "Jangan rayakan dulu, kita masih punya beberapa ujian lagi sampai akhir tahun."

Cara lainnya yang dapat memperlihatkan kecemburuan mereka adalah mengomentari sesuatu sambil menekankan pada fakta bahwa mereka memiliki sesuatu yang lebih.

Misalnya, mereka mungkin berkata, "Saya mendapat skor tertinggi untuk mata pelajaran yang jauh lebih sulit daripada yang ini".

5 dari 7 halaman

7. Ingin selalu berdekatan

Meskipun ada orang yang cemburu yang mencoba menghindar, namun ada orang lain yang akan berusaha selalu bersama setiap detik.

Sebenarnya dalam beberapa penelitian disimpulkan bahwa kecemburuan ternyata bisa mempersatukan orang, tapi tidak dalam arti yang baik.

Jika teman yang cemburu mencoba mengikuti Anda ke mana pun, sepertinya dia sedang menguntit.

 

Reporter: Veronica Gita

6 dari 7 halaman

Infografis 5 Tips Cegah Covid-19 Saat Beraktivitas dengan Orang Lain

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Berikut Ini: