Sukses

China Keluarkan Larangan Penggunaan Aplikasi Clubhouse

Hal ini dilakukan China dalam upaya mencegah adanya diskusi di tempat terbuka semacam itu yang bisa menimbulkan propokasi.

Liputan6.com, Beijing - Meski sedang digandrungi banyak pihak, aplikasi Clubhouse tak berlaku di China.

Pemerintah di negara itu segera melarang izin aplikasi dengan konsep obrolan via audio tersebut, demikian dikutip dari laman VOA Indonesia, Sabtu (19/2/2021).

Ini dilakukan Beijing dalam upaya mencegah adanya diskusi di tempat terbuka semacam itu yang bisa menimbulkan provokasi.

Misalnya penempatan warga Uighur di kamp konsentrasi di Xinjiang, China gerakan pro-demokrasi Hong Kong, dan protes Alun-Alun TienAnMen pada 1989, dan menyerap pandangan-pandangan dan informasi yang jauh dari batasan-batasan Partai Komunis.

Tidak seperti cuitan Twitter, tidak ada catatan publik dari pesan-pesan audio yang diunggah di aplikasi tersebut. Menurut blog Stanford Internet Observatory, hal itu yang menyulitkan pemantauan resmi.

Hanya segelintir penduduk China punya akses ke Clubhouse. Hanya calon pengguna yang mendapat undangan yang bisa mengakses aplikasi itu.

 

Simak video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diskusi Bebas Dilarang

Di China akses ini semakin dibatasi karena pengguna harus memiliki IPhone yang terdaftar di luar negeri. Meski demikian, Beijing secara cepat melarang Clubhouse setelah aplikasi itu tersedia pada 8 Februari.

Pemerintah takut kendali mereka atas diskusi atau wacana publik akan melemah.

Bagi banyak pengamat, langkah itu menunjukkan penguasa China merasa terancam oleh diskusi bebas di Clubhouse dan ini memperlihatkan kesenjangan antara pemerintah yang semakin ingin mengendalikan dan populasi yang semakin canggih dalam menghindari kendali online.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.