Sukses

Bulan Purnama Akan Sejajar di Atas Ka'bah pada 28 Januari 2021

Liputan6.com, Jakarta - Bulan purnama akan sejajar tepat di atas Ka'bah, situs paling suci umat Islam, di Makkah Arab Saudi pada Kamis, 28 Januari 2021. Demikian menurut para astronom.

Dikutip dari laman Alarabiya.net, Senin (25/1/2021), fenomena langit ini akan terjadi pada Kamis pukul 00.43 waktu setempat.

Pada waktu itu, masyarakat Makkah akan dapat melihat dengan mata telanjang bulan purnama yang muncul secara vertikal di atas Masjidil Haram.

"Bulan akan terbit dengan matahari terbenam dari ufuk utara / timur laut, dan terbenam di ufuk utara / barat laut, yang berarti bahwa ia akan mensimulasikan jalur tinggi matahari musim panas setelah enam bulan melintasi langit malam.

Menurut Majed Abu Zahra, Abu Zahira, Presiden Asosiasi Astronomi Jeddah, dalam wawancara dengan Al Arabiya, bulan purnama akan sejajar dengan Ka'bah pada 12:43:34 setelah tengah malam .

Bulan akan berada pada ketinggian 89,57,46 derajat dan terang sepenuhnya sebesar 99,9 persen pada jarak 381,125 km dari Bumi.

"Bulan akan tetap terlihat di langit selama sisa malam sampai dengan terbitnya matahari Jumat," tambahnya.

Ia menambahkan, fenomena langit dapat digunakan untuk mencari arah kiblat (arah menuju Ka'bah) dengan cara yang sederhana dari beberapa wilayah di dunia.

Karena umat Islam yang berada di lokasi geografis yang jauh dari Masjidil Haram dapat mengandalkan arah bulan purnama.

2 dari 3 halaman

Full Wolf Moon

Bulan purnama ini juga disebut sebagai Full Wolf Moon.

Full Wolf Moon adalah satu-satunya bulan purnama yang terjadi di bulan Januari.

Nama ini berasal dari fakta bahwa serigala dianggap lebih sering melolong selama bulan pertama di awal tahun.

Nama lain untuk bulan purnama di bulan Januari ini adalah cold moon and severe moon.

Sementara orang Assiniboine -- penduduk asli Amerika yang berasal dari wilayah Dataran Great Plains Utara -- menyebut bulan purnama ini sebagai bulan tengah (center moon) karena peristiwa tersebut diakui sebagai titik tengah musim dingin, menurut The Old Farmer's Almanac.

Full Wolf Moon adalah salah satu dari banyak fenomena langit, terutama Bulan yang menarik untuk dinantikan di tahun 2021.

Setelah menyaksikan yang satu ini, tandai kalender Anda untuk 27 Februari. Saat itulah February's snow moon akan muncul.

3 dari 3 halaman

Simak video pilihan di bawah ini: