Sukses

19-1-2007: Barongsai Meriahkan Pembukaan McDonald's Drive-Through Perdana di Beijing China

Liputan6.com, Beijing - Sejarah McDonald's drive-through di Beijing, China bermula hari ini. Cikal bakal layanan pembelian tanpa perlu turun dari kendaraan milik restoran cepat saji ternama tersebut di sana. 

Pada 19 Januari 2007, Beijing, China, resmi membuka gerai restoran drive-through McDonald's pertamanya.

Dikutip dari History.com, restoran drive-through McDonald's baru yang memiliki dua lantai itu berada di sebelah pom bensin. Acara pembukaan dimeriahkan oleh Chinese lion dancers atau barongsai dan Ronald McDonald's versi China.

Sejatinya restoran cepat saji dari luar negeri pertama kali membuka gerai di China pada tahun 1987. Bukan McDonald's tapi Kentuky Fried Chicken (KFC).

Tiga tahun kemudian, barulah McDonald's yang merupakan rumah Big Mac dan Happy Meal membuka gerai pertamanya di China. Versi McDonald's drive-through di China dibuka pada 2005, di Kota Shenzhen Provinsi Guangdong, dekat Hong Kong.

McDonald's drive-through di Beijing adalah yang ke-16 di China.

2 dari 4 halaman

Drive-Through Pertama di Amerika Serikat

McDonald's membuka layanan drive-through pertamanya di Amerika Serikat pada 1975. Sebelum ada drive-through, ada versi drive-in, tempat pelanggan memesan via speaker.

Di layanan drive-in tersebut, ada pelayan khas yang memakai sepatu roda yang akan membawa pesanan makanan langsung ke mobil pelanggan. Pelayan tersebut disebut carhop.

Layanan standar drive-in termasuk hamburger, hotdog, root beer, dan milkshake.

Layanan drive-in mencapai puncak popularitas mereka di tahun 1950-an.

Reporter : Paquita Gadin

3 dari 4 halaman

Infografis Cara Aman Pesan Makanan via Online dari COVID-19

4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: