Sukses

Deretan Pesawat Parkir di Berbagai Bandara Dunia

Sejumlah pesawat kembali terparkir di sejumlah bandara dunia, sebuah pemandangan serupa yang terjadi pada awal-awal pandemi COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta - Berbaris rapi. Bahkan hingga memenuhi landasan pacu. Sebuah pemandangan tak biasa di sepanjang sejarah industri penerbangan: ratusan pesawat terparkir hampir di seluruh bandara dunia.

Varian baru Virus Corona COVID-19 yang ditemukan di Inggris pun kembali berdampak kepada industri penerbangan. Sejumlah negara menutup pintu masuknya untuk orang-orang yang terbang dari Inggris.

Beberapa negara yang telah melarang masuknya penerbangan dari Inggris adalah Argentina, Belgia, Bulgaria, Kanada, Chili, Kolumbia, Kroasia, Denmark, El Salvador, Estonia, dan Finlandia.

Ada pula Prancis, Jerman, Hong Kong, India, Italia, Iran, Irlandia, Israel, Kuwait, Maroko, Norwegia, Belanda, Polandia, Romania, Switzerland, Turki, termasuk Indonesia.

Sejumlah pesawat juga terpaksa kembali terparkir di bandara. Pemandangan serupa yang terjadi pada awal-awal pandemi COVID-19 yang terekam kamera.

Foto yang diambil pada 28 Maret 2019 ini menunjukkan pesawat dari berbagai maskapai penerbangan disimpan di 'Boneyard' samping Bandara Logistik California Selatan, Victorville, California.

Beberapa pesawat ada yang akan kembali beroperasi, sementara yang lainnya akan dibongkar dan dibuang.

California dengan iklim gurunnya yang kering adalah tempat yang sempurna untuk menyimpan pesawat yang tak terbang.

Pesawat Austrian Airlines terparkir di Bandara Internasional Wina di Schwechat, Austria pada 19 Maret 2020. Kala itu lalu lintas udara melambat akibat penyebaran Virus Corona COVID-19.

Karena landasannya luas, banyak pesawat Austrian Airlines tersebar di sekitar lapangan udara di Bandara Wina.

Pesawat Air China juga tampak diparkir di landasan di Bandara Ibu Kota Beijing pada 27 Maret 2020. China sempat secara drastis memotong rute penerbangan internasionalnya dan melarang masuknya orang asing yang kembali ke negara itu untuk membendung penyebaran virus corona COVID-19.

Meskipun China perlahan-lahan mengizinkan perjalanan udara domestik meningkat, namun pesawat Air China masih banyak yang terlihat terparkir di Bandara Ibu Kota Beijing.

Pesawat Emirates di-grounded di Bandara Internasional Dubai usai menangguhkan semua penerbangan di tengah pandemi Virus Corona COVID-19 pada 24 Maret 2020.

Pemandangan ini tak biasa terlihat di Bandara Internasional Dubai.

 

 

Jika kebetulan melewati Seoul Incheon, ini akan menjadi pemandangan yang menyambut para pelancong, deretan pesawat biru telur asin khas Korean Air dan corak Asiana yang lebih kalem.

Pesawat Korean Air ini terparkir di landasan Bandara Internasional Incheon, sebelah barat Seoul, pada 17 Maret 2020. Korean Air telah membatalkan begitu banyak rute karena sejumlah negara telah memberlakukan larangan atau pembatasan kedatangan dari Korea Selatan di tengah kekhawatiran COVID-19.

Di antara jenis pesawat lain yang mengudara, British Airways uga telah mengirimkan sebagian besar Airbus A380-nya ke penyimpanan jangka panjang di lapangan terbang Chateauroux Prancis, seperti dalam foto di atas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini