Sukses

5 Mitos Seputar Vaksin COVID-19 yang Kurang-Lebih Telah Dibantah

Berikut adalah beberapa mitos vaksin COVID-19 yang kurang-lebih telah dibantah oleh sejumlah pakar

Liputan6.com, Jakarta - Setelah kurang-lebih setahun pandemi COVID-19 menghantam dunia, kehadiran vaksin merupakan angin segar bagi umat manusia.

Tetapi terlepas dari semua uang dan penelitian yang dituangkan ke dalam pengembangan, masih ada sejumlah kelompok skeptis yang masih khawatir tentang vaksin COVID-19.

Hal itu semakin diperburuk dengan semua informasi salah yang tersedia di internet.

Seperti dikutip dari Mashable Asia, Minggu (3/1/2021), berikut adalah beberapa mitos vaksin COVID-19 yang kurang-lebih telah dibantah oleh sejumlah pakar:

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Pengembangan Vaksin yang Cepat Berimbas pada Efektifitasnya

Terlepas dari kecepatan di mana vaksin COVID-19 dikembangkan pada tahun 2020, mereka telah terbukti efektif dalam uji klinis.

Orang-orang mungkin mempertanyakan mengapa dunia hanya membutuhkan waktu kurang dari setahun untuk mendapatkan vaksin COVID-19, ketika kita masih tidak memiliki apa pun untuk melawan HIV dan kanker. Membuat perbandingan ini sebenarnya tidak adil, dan itu juga cukup menyesatkan.

Seperti dilaporkan Reuters, menemukan vaksin HIV/AIDS adalah upaya yang sangat menantang.

Virus ini "bermutasi dengan cepat dan memiliki cara unik untuk menghindari sistem kekebalan tubuh," kata Institut Alergi dan Penyakit Menular Nasional AS (NIAID). Ini berarti bahwa HIV / AIDS terus berkembang. Dan berkembang dengan cepat, membuat penelitian vaksin sia-sia untuk sebagian besar --di mana peneliti tidak bisa mengikuti mutasi.

Sedangkan untuk kanker, mari kita buat satu hal yang sangat jelas: Tidak seperti HIV/AIDS dan COVID-19, kanker biasanya tidak disebabkan oleh virus atau bakteri. Bahkan, tidak ada satu penyebab kanker. Ini bisa menjadi genetik, lingkungan, atau hanya karakteristik individu.

Namun, ada vaksin yang dapat membantu mengurangi risiko seseorang terkena kanker, seperti vaksin HPV untuk kanker serviks dan vaksin hepatitis B untuk kanker hati.

3 dari 6 halaman

2. Efek Samping Vaksin COVID-19 yang Parah

Sebagian besar, efek samping dari vaksin COVID-19 tidak mengancam jiwa, juga tidak menyebabkan segala bentuk ketidaknyamanan sama sekali.

Namun, bagi mereka yang memiliki riwayat alergi, seperti anafilaksis, para ahli menegaskan Anda tidak boleh mengambil vaksin sama sekali.

Tapi tentu saja, Anda mungkin merasa sedikit lelah setelah mendapatkan vaksin. Selain itu, Anda mungkin juga mengalami nyeri otot, sakit kepala, dan demam.

Namun, ini adalah kasus dengan semua vaksin. Ini bukan hal baru, dan jelas bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan.

Bahkan, itu adalah tanda bahwa vaksin bekerja seperti yang dimaksudkan karena sistem kekebalan tubuh Anda merespons!

4 dari 6 halaman

3. Vaksin Justru Akan Menginfeksi Orang dengan COVID-19

Vaksin COVID-19 tidak mengandung virus SARS-CoV-2 langsung yang menyebabkan COVID-19.

Ada beberapa vaksin baik dalam pengembangan tahap akhir atau sudah dalam peluncuran publik, dan tidak ada yang mengandung SARS-CoV-2. Inti dari vaksin ini adalah untuk 'mengajarkan' sistem kekebalan tubuh Anda untuk mengenali dan melawan virus yang menyebabkan COVID-19.

Seperti disebutkan pada poin sebelumnya, ini dapat mengakibatkan demam, tetapi jangan salahkan itu sebagai gejala infeksi COVID-19 --itu adalah tanda bahwa sistem kekebalan tubuh Anda bekerja.

Itu adalah tanda bahwa tubuh Anda membangun kekebalan terhadap virus, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC).

Namun, perkembangan kekebalan membutuhkan waktu beberapa minggu, jadi jika Anda bersentuhan dengan seseorang yang telah dites positif COVID-19 selama proses itu, Anda masih bisa terinfeksi.

Tetapi jika menawarkan lebih banyak kepastian, mengambil vaksin itu sendiri tidak akan menyebabkan Anda terinfeksi COVID-19.

5 dari 6 halaman

4. Usai Divaksin, Kita Tidak Perlu Memakai Masker Lagi

Ini hanya bisa menjadi pola pikir umum setelah cukup banyak orang yang kebal terhadap virus --yakni ketika herd immunity telah tercapai seutuhnya.

Seperti yang saat ini digarisbawahi, Anda masih perlu mematuhi semua protokol kesehatan COVID-19, bahkan setelah Anda menerima vaksin COVID-19.

Termasuk pemakaian masker wajah, social distancing, dan tidak berkumpul dalam kelompok besar. Dan tentu saja, kebersihan pribadi tetap sama pentingnya seperti sebelumnya.

Panduan kesehatan masyarakat akan diperbarui karena semakin banyak orang menjadi kebal terhadap virus. Jadi yang bisa Anda lakukan sekarang adalah bersabar, ada baiknya menunggu.

6 dari 6 halaman

5. Vaksin COVID-19 Akan Secara Efektif Mengakhiri Pandemi

Tidak ada perjuangan yang pernah berakhir semudah itu. Sementara vaksin COVID-19 pasti akan membantu meminimalkan beban pasien di rumah sakit, dan mengurangi kematian terkait COVID-19 secara keseluruhan, pakar meyakini bahwa hal itu tidak akan mengakhiri pandemi secara instan yang telah mencengkeram dunia sepanjang mayoritas 2020.

Ada beberapa hal yang perlu diingat. Yang pertama adalah fakta bahwa tidak semua orang akan divaksinasi pada saat yang sama. Plus, tidak semua orang bahkan akan memiliki akses yang sama ke vaksin.

Sebagian besar negara menyebut bahwa kelompok prioritas penerima vaksin COVID-19 adalah petugas medis dan orang tua. Tetapi penerima vaksin tidak semua akan divaksinasi bersama-sama. Ini adalah proses yang lambat.

Dan yang paling penting, vaksin tidak menampilkan kemanjuran 100 persen. Ini berarti Anda masih harus mematuhi protokol kesehatan COVID-19 yang ada sampai cukup banyak orang yang diinokulasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.