Sukses

Kisah Pria Jepang yang Digaji untuk Kerja Super Sepele, Sukses dan Tenar Instan

Seorang pria Jepang berusia 37 tahun telah membangun karier yang sukses dengan menyewakan dirinya untuk secara teknis tidak melakukan apa-apa.

Liputan6.com, Tokyo - Seorang pria Jepang berusia 37 tahun telah membangun karier yang sukses dengan menyewakan dirinya kepada orang untuk --secara teknis-- tidak melakukan apa-apa. Untuk beberapa alasan, ia dibanjiri dengan permintaan dari orang-orang yang hanya ingin dirinya di sisi mereka.

Hanya dalam dua tahun, Shoji Morimoto telah berubah dari hanya menjadi pria paruh baya pengangguran lain di Tokyo, menjadi selebriti lokal, dengan lebih dari 270,000 pengikut Twitter, penampilan di televisi nasional, wawancara di majalah, dan bahkan buku serta manganya sendiri di Amazon.

Hal itu cukup mengejutkan, mengingat Shoji telah membangun kesuksesannya pada layanan yang mengharuskannya pada dasarnya tidak melakukan apa-apa selain bertemu orang-orang acak, mendengarkan cerita mereka atau hanya secara fisik berada di sana untuk mereka, demikian seperti dikutip dari Odditycentral, Sabtu (2/1/2021).

Dia pada dasarnya menyewakan dirinya kepada orang asing, memberi tahu mereka sebelumnya bahwa dia tidak bisa melakukan apa-apa selain makan, minum, dan berkeliaran.

Shoji Morimoto adalah seorang mahasiswa teladan. Dia bekerja keras, mendapat nilai bagus dan lulus dengan gelar master dalam bidang fisika dari Universitas Osaka di Jepang yang bergengsi.

Dia mendapat pekerjaan sebagai editor buku di sebuah rumah penerbitan, tetapi pada tahun 2017, setelah tiga tahun dengan perusahaan, dia berhenti, menyadari bahwa itu bukan karier yang benar-benar dia inginkan. Tahun lalu, dia mengatakan kepada Toyokeizai Online bahwa keputusannya dipengaruhi oleh membaca buku karya filsuf Friedrich Nietzsche, yang karyanya benar-benar mengubah perspektifnya tentang kehidupan.

"Saya melanjutkan ke sekolah pascasarjana karena orang-orang di sekitar saya melakukan itu, jadi saya hanya terbawa arus tanpa berpikir, saya jarang hidup atas inisiatif saya sendiri," kata Morimoto, menambahkan bahwa setelah membaca Nietzsche, ia mulai mempertimbangkan kembali cara hidupnya.

Pada Agustus 2018, pemuda Jepang itu akhirnya mengumumkan layanan revolusionernya kepada dunia, melalui tweet yang sekarang terkenal. Berjudul "Mr Rental", pada dasarnya memberitahu bahwa dia tersedia untuk siapa saja yang membutuhkan seseorang untuk berbagai tugas dasar, seperti melihat bunga sakura, mendengarkan, atau hanya hadir secara fisik. Klien hanya akan dikenakan biaya transportasi dan makanan atau minuman (jika ada).

 

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jadi Tenar

Ide cerdik Morimoto dengan cepat menjadi populer di media sosial, dan sebelum dia mengetahuinya, dia dibanjiri oleh permintaan dari orang asing total. Jumlah pengikut Twitter-nya tumbuh dari beberapa lusin menjadi lebih dari 170.000 dalam setahun, dan sekarang lebih dari 270.000.

Ketika popularitasnya tumbuh, ia mulai mendapatkan permintaan wawancara dari jaringan TV, majalah, dan secara tidak langsung membawa lebih banyak bisnis. Hari ini, "Mr Rental" melakukannya dengan sangat baik sehingga pada sebagian besar hari dia meninggalkan rumah sekitar pukul 8:30 pagi, dan hanya kembali pada pukul 10:00 malam.

Menariknya, layanan pria berusia 37 tahun itu pada dasarnya gratis, karena klien hanya perlu membayar biaya transportasinya ke berbagai bagian Tokyo, dan makanan atau minuman apa pun yang mereka konsumsi. Tetapi dia mengatakan bahwa sebagian besar orang bersikeras membayarnya ekstra untuk waktunya, dan sementara dia malu untuk menerima uang mereka pada awalnya, dia telah terbiasa dari waktu ke waktu.

Jadi apa yang dilakukan seorang pria yang melakukan (secara teknis) tidak ada yang benar-benar dilakukan. Nah, Shoji menjelaskan bahwa tugasnya sangat bervariasi.

Dalam sebuah tweet baru-baru ini, ia merinci tugas di mana ia diundang ke hotel bintang lima oleh seorang pria yang mengunjungi hotel bintang lima sekitar sebulan sekali, sebagai hobi. Orang itu menyewanya karena dia ingin memberitahu seseorang tentang hobinya, jadi Shoji hanya mendengarkannya selama tiga jam...

Di antara banyak pengalamannya sebagai orang yang tidak melakukan apa-apa, Mr. Rental diminta untuk menghadiri upacara pernikahan oleh seseorang yang, untuk beberapa alasan, tidak mengundang teman-temannya, dia diminta oleh seorang wanita untuk menemaninya saat dia mengajukan laporan perceraian, karena dia kesepian dan tidak memiliki orang lain untuk bertanya, dan dia diminta untuk duduk di belakang seorang pria yang diadili selama persidangan sipil, hanya agar mereka bisa merasa didukung oleh seseorang.

"Anda tidak perlu melakukan apa-apa," tulis satu orang kepadanya. "Saya hanya ingin seseorang yang bukan anggota keluarga, teman, atau kekasih, yang sama sekali tidak mengenal saya, bersama saya."

Shoji membiarkan pihak yang berkepentingan tahu bahwa dia tidak memiliki keterampilan khusus, dan sebenarnya tidak ingin melakukan apa pun. Namun, dia berkomitmen untuk benar-benar hanya untuk berada di sana, di sisi mereka. Dia bisa mendengarkan mereka, memberikan balasan singkat, berjalan atau duduk di dekat mereka, tetapi selain itu ... Dia tidak melakukan apa-apa.

Menyewa orang sebenarnya cukup umum di Jepang. Dari menyewa orang untuk menyelamatkan hubungan romantis Anda, hingga menyewa komedian seharga 45 sen sehari, bisnis sewa manusia sedang booming di Negeri Sakura.

Orang-orang bahkan mempekerjakan aktor untuk berpose sebagai orang tua anak-anak merekayang lain, begitulah semaraknya industri ini. Tapi tidak ada yang memiliki begitu banyak kesuksesan sebagai orang yang tidak melakukan apa-apa untuk kliennya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.