Sukses

Presiden AS Donald Trump Tidak Akan Disuntik Vaksin COVID-19 Sampai...

Presiden Donald Trump tidak akan diberikan vaksin COVID-19 sampai...

Liputan6.com, D.C - Presiden Donald Trump tidak akan diberikan vaksin COVID-19 sampai direkomendasikan oleh tim medis Gedung Putih, kata seorang pejabat Gedung Putih kepada CNN pada Rabu 16 Desember 2020.

Pejabat itu mengatakan, Trump masih menerima manfaat dari koktail antibodi monoklonal yang diberikannya selama pemulihannya dari COVID-19 sebelumnya pada musim gugur.

Begitu Trump bergerak ke jendela waktu untuk menerima vaksinasi, dia kemungkinan akan mendapatkan suntikannya pada saat itu, tambah pejabat tersebut.

Situasi Trump berbeda dengan Wakil Presiden Mike Pence, yang telah menerima vaksin COVID-19 pada Jumat 18 Desember pagi waktu setempat, kantornya telah mengumumkan.

Pence belum tertular virus, pejabat itu menunjukkan, yang berarti kebutuhan wakil presiden untuk vaksinasi lebih mendesak. Pence dan wakil ibu negara Karen Pence diinokulasi di hadapan kamera di Gedung Putih, bersama dengan Dokter Bedah Jenderal AS Jerome Adams.

Pejabat itu melanjutkan, "Presiden Trump terus terbuka untuk mendapatkan vaksinasi." Tetapi pejabat itu memperingatkan Trump juga ingin memastikan pekerja medis garis depan menerima vaksin terlebih dahulu.

Berita ini muncul setelah dosis pertama vaksin COVID-19 diberikan kepada publik Amerika pada Senin 14 Desember 2020, setelah Administrasi Makanan dan Obat-obatan AS (FDA) mengesahkan vaksin inovatif akhir pekan lalu.

Batch awal sedang difokuskan pada petugas kesehatan dan penghuni fasilitas perawatan jangka panjang, berdasarkan rekomendasi Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), tetapi beberapa pejabat pemerintah juga dijadwalkan untuk diinokulasi pada putaran awal vaksin.

Beberapa telah diinokulasi, dengan Penjabat Menteri Pertahanan Christopher Miller menerima vaksinnya Senin 14 Desember di Walter Reed National Military Medical Center. Laksamana tertinggi Angkatan Laut, Kepala Operasi Angkatan Laut Mike Gilday, mendorong para pelaut pada Selasa 15 Desember untuk mendapatkan vaksin, menambahkan bahwa ia berencana untuk menerimanya "segera."

 

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sudah Disarankan untuk Menerima Vaksin COVID-19

Dr. Anthony Fauci, direktur National Institute of Allergy and Infectious Diseases, mengatakan bahwa ia telah merekomendasikan agar Trump dan Pence menerima vaksin COVID-19.

"Meskipun Presiden sendiri terinfeksi dan dia kemungkinan memiliki antibodi yang kemungkinan akan protektif, kami tidak yakin berapa lama perlindungan itu berlangsung," kata Fauci, Selasa 15 Desember dalam acara ABC Good Morning America.

Fauci juga mengatakan bahwa Presiden terpilih Joe Biden dan Wakil Presiden terpilih Kamala Harris harus divaksinasi "sesegera mungkin." Keduanya dijadwalkan akan menerima vaksin pada 21 Desember 2020.

Menteri Layanan Kesehatan dan Kemanusiaan Alex Azar mengatakan pada Senin 14 Desember bahwa jika Biden menginginkan vaksin yang baru dirilis, agensi akan memastikan bahwa ia menerimanya.

"Saya tidak ingin mendahului garis, tetapi saya ingin memastikan kami menunjukkan kepada rakyat Amerika bahwa vaksin aman untuk diambil," kata Biden kepada wartawan, Rabu di Wilmington, Delaware.

"Ketika saya melakukannya, saya akan melakukannya di depan umum, sehingga Anda semua dapat menyaksikan saya menyelesaikannya," kata Presiden terpilih.

Biden telah mengatakan kepada CNN selama wawancara awal bulan ini bahwa dia akan "senang" mendapatkan vaksinasi publik, karena tiga pendahulu presidennya -- Bill Clinton, George W. Bush dan Barack Obama -- turun akan melakukaannya, sebagai cara untuk menunjukkan keamanan dan kemanjuran vaksin COVID-19 tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.