Sukses

Selain di Pasaman, 4 Gempa dari Negara Ini Juga Dirasakan Hingga Kawasan Lain

Tak hanya di Indonesia, yang dirasakan hingga sejumlah wilayah juga pernah terjadi di negara asing. Berikut ini di antaranya, Liputan6.com rangkum dari sejumlah sumber:

Liputan6.com, Jakarta - Gempa mengguncang wilayah Pasaman, Sumatera Barat, Senin 7 Desember 2020 malam sekitar pukul 23.05 WIB. Getaran lindu bermagnitudo 4,8 dirasakan juga di sejumlah wilayah yakni Payakumbuh, Bukittinggi, dan Padang Panjang. Gempa bumi ini dipicu Sesar Sianok yang merupakan bagian dari segmen Sesar Besar Sumatra yang memiliki magnitudo tertarget 7,4 dan pernah memicu gempa merusak pada tahun 1922 dan 1926.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat sejak tanggal 1 hingga 8 Desember 2020 telah terjadi 4 gempa signifikan yang dipicu aktivitas sesar aktif. Meskipun gempa yang terjadi lokasinya tersebar di berbagai wilayah seperti di Lampung, Langsa, Deli Serdang, dan Bukittinggi, tetapi aktivitas gempa akibat sesar aktif tetap harus diwaspadai.

Tak hanya di Pasaman, Indonesia, gempa yang dirasakan hingga sejumlah wilayah juga pernah terjadi di negara asing. Berikut ini di antaranya, Liputan6.com rangkum dari sejumlah sumber, Selasa (8/12/2020):   

1. Gempa Magnitudo 5,4 di Filipina Dirasakan Sejumlah Wilayah

Ilustrasi Gempa Bumi (iStockphoto)

Gempa lepas pantai dengan magnitudo awal 6,4 mengguncang provinsi Sorsogon di pulau utama Luzon, Filipina pada Senin 7 Desember 2020, demikian menurut informasi Philippine Institute of Seismology and Volcanology (Phivolcs) atau Institut Seismologi dan Vulkanologi Filipina.

Lembaga tersebut mengatakan kalau lindu terjadi pukul 10.37 waktu setempat.

Dilansir dari Xinhua, gempa magnitudo 6,4 berpusat pada kedalaman 30 km, seekitar 38 km dari timur laut kota Prieto Diaz, Tenggara Manila. Disebutkan berasal dari tektonik yang akan memicu adanya gempa susulan.

Namun, gempa ini tidak akan menimbulkan kerusakan besar.

Negara Filipina memiliki aktivitas seismik yang sering, dikarenakan lokasinya yang berada di sepanjang dengan sebutan Cincin Api Pasifik, lokasi ini adalah merupakan tempat yang rawan akan gempa.

Menurut Inquirer.net mengutip ahli seismologi negara bagian, gempa tersebut mengguncang sebagian besar Bicol dan Visayas Timur pada Senin malam.

Gempa itu berpusat 37 kilometer timur laut kota Prieto Diaz di provinsi Sorsogon, menurut Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina (Phivolcs).

Tidak ada laporan langsung kerusakan atau cedera. Phivolcs awalnya menempatkan besarnya pada 6,4 namun menurunkan kekuatannya tak lama kemudian.

"Kekuatan gempa telah diperbarui menjadi magnitudo 5,4," kata direktur Phivolcs Renato Solidum dalam pesan teks ke Inquirer.net pada Selasa 8 Desember.

"Besaran awal yang terkandung dalam Informasi Gempa nomor 1 adalah penentuan otomatis, dan ini diperbarui setelah analisis lebih banyak data yang masuk dan dirilis sebagai Info Gempa nomor 2 di mana magnitudo terakhir adalah 5,4," jelas Solidum.

Gempa juga dilaporkan dirasakan di wilayah berikut:

  • Intensitas V - Kota Sorsogon
  • Intensitas IV - Kota Legazpi; Virac, Catanduanes; Kota Naga; Catarman, Samar Utara
  • Intensitas III - Bulusan, dan Irosin, Sorsogon; Kota Catbalogan
  • Intensitas II - Palo, Alangalang, Babatngon, Calubian dan Dagami, Leyte

Intensitas seismik berbasis spektrum yang bergantung pada frekuensi, juga disebut instrumental intensity atau intensitas instrumental, juga dilaporkan terjadi pada beberapa area berikut:

  • Intensitas IV - Kota Legazpi
  • Intensitas III - Sipocot, Camarines Sur; Kota Borongan, Samar Timur; Palo, Leyte; Irosin, Sorsogon
  • Intensitas II - Naval, Biliran; Jose Panganiban, Camarines NorteIntensitas I- Lopez, Quezon; Casiguran, Aurora

Filipina terletak di "Cincin Api" Pasifik, di mana lempeng benua bertabrakan. Hal inilah yang menyebabkan seringnya terjadi aktivitas seismik dan vulkanik atau rawan gempa.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Gempa Yunani Dirasakan Hingga Turki

Selain Filipina, negara ini juga pernah diguncang gempa yang bahkan dirasakan hingga ke negeri tetangga.

Sebuah gempa kuat mengguncang lepas pantai Aegea, Turki barat, dan Pulau Yunani Lesbos. Getaran juga dirasakan hingga Istanbul dan Athena.

"Episentrum gempa 6,3 Skala Richter itu berada lima kilometer (3 mil) selatan dari Plomari, sebuah kota di pantai Lesbos," lapor US Geological Survey yang dikutip dari BBC, Selasa 13 Juni 2017.

Beberapa bangunan rusak, tetapi Desa Vrisa menjadi wilayah terparah yang terguncang gempa Yunani itu. Sebanyak 10 orang dilarikan ke rumah sakit setelah lindu terjadi.

Selengkapnya di sini

3 dari 5 halaman

3. Gempa Albania Magnitudo 6,4 Dirasakan di Tiga Negara Tetangga

Gempa bermagnitudo 6,4 melanda Albania pada Selasa pagi 26 November 2019 waktu setempat.

Data terkini menunjukkan, 51 orang tewas dengan rincian sebagai berikut:

  • Durres: 25
  • Thumanë: 25
  • Lezhë: 1

Sementara 3.000 orang lebih dilaporkan terluka.

Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) mencatat, gempa terjadi di kedalaman 12 mil dengan pusat gempa di dekat kota pelabuhan Durres.

Presiden Albania, Ilir Meta, mengatakan pemerintah sudah meminta bantuan ke negara-negara asing untuk menangani bencana alam tersebut.

Gempa itu juga dilaporkan terasa sampai ke negara tetangga, yaitu Montenegro, Makedonia Utara, dan Kosovo.

Selengkapnya di sini

 

4 dari 5 halaman

4. Gempa di Pertambangan Chile Dirasakan hingga Ibu Kota

Gempa Chile 6,8 magnitudo di wilayah terpencil juga dirasakan hingga ibu kota.

Gempa menghantam lepas pantai wilayah utara Chile pada Selasa, 1 September 2020 dini hari waktu setempat.

Menurut Survei Geologi AS, seperti dikutip dari VOA Indonesia, gempa terjadi selepas tengah malam atau pada menit kesembilan, Selasa dini hari waktu setempat.

Gempa itu berpusat di kawasan sekitar 78 kilometer dari timur laut Vallenar, sebuah kota di Gurun Atacama, dan pada kedalaman 35 kilometer.

Beberapa menit setelah gempa itu mengguncang, sebuah gempa susulan terjadi dengan kekuatan Magnitudo 6,3.

Selengkapnya di sini

Reporter : Romanauli Debora

5 dari 5 halaman

Infografis Rentetan Gempa di Cincin Api Pasifik

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.