Sukses

Kebakaran Rumah Sakit di Gujarat India Tewaskan 5 Pasien Virus Corona COVID-19

Liputan6.com, Jakarta Kebakaran dahsyat melanda rumah sakit di Negara Bagian Gujarat, India, pada Jumat (27/11/2020) dini hari waktu setempat. Lima pasien Virus Corona COVID-19 dilaporkan tewas dalam insiden itu.

Api mulai berkobar di dalam unit perawatan intensif (ICU) Rumah Sakit Shivanand di Distrik Rajkot, sekitar 237 km sebelah barat Gandhinagar, ibu kota Gujarat.

"Pagi dini hari ini kebakaran terjadi di dalam ICU sebuah rumah sakit rujukan COVID-19 di kota ini dan menewaskan lima pasien," papar para pejabat terkait, seperti dikutip media setempat. "Enam pasien berhasil diselamatkan, dengan satu di antaranya dilaporkan dalam kondisi kritis."

Menurut para pejabat itu, 22 pasien telah dipindahkan dengan aman ke rumah sakit lain.

 

2 dari 4 halaman

Hasil Penyelidikan Awal

Penyelidikan awal mengungkap bahwa api bermula dari ruang ICU rumah sakit tersebut. Penyebab kebakarannya belum dapat dipastikan, namun hubungan arus pendek listrik atau korsleting diduga menjadi pemicunya.

Pihak berwenang telah memerintahkan dilakukannya penyelidikan terhadap insiden tersebut, seperti dilansir Xinhua.

Para pejabat mengatakan, tak lama setelah api mulai berkobar, para petugas dan kendaraan pemadam kebakaran bergegas mendatangi lokasi kejadian. Kobaran api pun telah berhasil dikendalikan.

Sementara itu, Kepala Pemerintahan Negara Bagian Gujarat Vijay Rupani menyampaikan belasungkawa atas insiden tersebut dan mengumumkan bantuan keuangan bagi keluarga yang kehilangan sanak saudara mereka dalam peristiwa kebakaran itu.

Sebelumnya pada Agustus 2020, delapan pasien COVID-19 juga tewas dalam insiden kebakaran serupa yang terjadi di lantai atas sebuah rumah sakit swasta berlantai empat di Negara Bagian Ahmedabad.

3 dari 4 halaman

Infografis Perbandingan Kapasitas Testing Covid-19 Negara ASEAN

4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: