Sukses

Keistimewaan Sineenat Wongvajirapakdi, Selir Raja Thailand yang Foto Syurnya Bocor

Liputan6.com, Jakarta - Nama Sineenat Wongvajirapakdi kembali jadi perbincangan. Kali ini karena foto-foto syur dan intim salah satu selir Raja Thailand itu dikabarkan bocor ke publik. 

Menurut jurnalis bernama Andrew MacGregor Marshall, yang kerap menyoroti isu politik Thailand, ia menerima kartu memori pada Agustus 2020 lalu. Isinya 1.450 gambar dari tiga iPhone milik Sineenat Wongvajirapakdi. Sebagian besar foto di antaranya adalah selfie eksplisit seksual, yang mungkin telah ia kirimkan kepada Raja.

Melansir laman Euro Weekly News, Kamis (26/11/2020), foto tersebut milik Sineenat "Koi" Wongvajirapakdi yang sebelumnya sempat diberhentikan oleh Raja Thailand Maha Vajiralongkorn.

Andrew MacGregor Marshall menjelaskan di Twitter bahwa foto-foto itu diterima segera setelah dia dibebaskan dari penjara wanita Bangkok setelah mendekam di sana selama 9 bulan.

Alamat pengirim dari kartu memori tersebut beserta surat yang disertakan, menyatakan bahwa foto-foto itu telah diperoleh peretas Thailand yang menentang monarki, tetapi Marshall tidak percaya ini benar.

Dia percaya "perebutan kekuasaan" dalam Keluarga Kerajaan Thailand mungkin adalah alasan bocornya foto selir Raja Thailand. 

Selir Raja Thailand yang satu ini dikenal sebagai salah satu sosok multitalenta. Tak hanya cantik, sosoknya juga menguasai sejumlah keahlian di beragam bidang mulai dari kesehatan hingga militer.

Selain itu, sosoknya juga dikenal memiliki sejumlah keistimewaan tak seperti selir lain Raja Thailand. Berikut ini di antaranya, Liputan6.com kutip dari beragam sumber:

2 dari 6 halaman

1. Pernah Dilucuti Gelarnya, Tapi Dikembalikan Lagi

Sineenat Wongvajirapakdi dikabarkan kembali mendapatkan gelar selir Raja Thailand Maha Vajiralongkorn. Keputusan terakhir raja berarti bahwa "Sineenat Wongvajirapakdi tidak ternoda," Royal Gazette mengumumkan pada 2 September 2020 seperti dikutip dari BBC.

"Sejak saat itu, akan menjadi seolah-olah dia tidak pernah dilucuti dari pangkat militer atau gelar kerajaannya."

Sineenat Wongvajirapakdi dicopot dari gelarnya pada Oktober 2019, hanya selang beberapa bulan setelah dinobatkan sebagai pendamping raja.

Pihak Istana Thailand mengatakan, dia dihukum karena mencoba mengangkat dirinya ke "keadaan yang sama dengan ratu". Pengumuman tahun lalu juga menuduhnya melakukan "kelakuan buruk dan ketidaksetiaan terhadap raja".

 

3 dari 6 halaman

2. Perawat Jadi Pengawal, Pilot Lalu Menjelma Sebagai Selir Raja Thailand

Sineenat Wongvajirapak yang lahir pada 1985, diketahui berasal dari Thailand utara dan bekerja sebagai perawat sebelum menjalin hubungan dengan putra mahkota Vajiralongkorn.

Dia akhirnya menjadi pengawal, pilot dan penerjun payung, dan bergabung dengan penjaga kerajaan. Pada awal 2019, ia diangkat menjadi mayor jenderal.

Pengumuman bahwa Sineenat telah dilucuti dari gelarnya diterbitkan di Royal Gazette pada Senin, 21 Oktober 2019. Itu menandai kejatuhan tiba-tiba Sineenat dari posisi "terhormat" sebagai permaisuri kerajaan, yang selama beberapa tahun sering terlihat di sisi Raja Thailand Maha Vajiralongkorn.

4 dari 6 halaman

3. Gelar Selir Terhomat Pertama

Sineenat Wongvajirapakdi diangkat menjadi selir dan permaisuri terhormat kerajaan pada Juli 2019, dua bulan setelah Raja Thailand Vajiralongkorn menikahi Ratu Suthida, istri sah keempatnya.

Dia menerima gelar resmi Permaisuri Mulia pertama pada bulan Juli tahun itu, tak lama setelah raja menikahi istri keempatnya Ratu Suthida, yang telah menjadi wakil kepala detail keamanan pribadinya.

Perempuan bernama asli Niramon Ounprom itu merupakan seorang mayor jenderal dan merupakan pilot terlatih, perawat, dan pengawal. Ia adalah orang pertama yang dianugerahi gelar Royal Noble Consort atau "selir terhormat kerajaan" dalam hampir satu abad.

5 dari 6 halaman

Infografis Jangan Anggap Remeh Cara Pakai Masker

6 dari 6 halaman

Saksikan Juga Video Ini: