Sukses

5 Fakta Sineenat Wongvajirapakdi yang Kembali Jadi Selir Raja Thailand

Berikut ini sejumlah fakta di balik pemulihan gelar selir Raja Thailand Sineenat Wongvajirapakdi yang tengah jadi sorotan publik.

Liputan6.com, Bangkok - Sineenat Wongvajirapakdi, selir Raja Thailand Maha Vajiralongkorn tengah jadi sorotan publik. Ia dilaporkan telah kembali menyandang gelar selir yang sebelumnya dicabut sang raja.

Laporan BBC menyebut, Raja Vajiralongkorn mengembalikan pangkat dan gelar Sineenat Wongvajirapakdi pada Rabu 2 September 2020, seperti diumumkan Royal Gazette.

The Royal Thai Government Gazette, sering disingkat Government Gazette atau Royal Gazette, adalah jurnal dan surat kabar publik Thailand.

Keputusan terakhir raja berarti bahwa "Sineenat Wongvajirapakdi tidak ternoda," Royal Gazette mengumumkan.

Berikut ini sejumlah fakta di balik pemulihan gelar selir Sineenat Wongvajirapakdi, Liputan6.com rangkum dari beragam sumber, Jumat (4/9/2020):

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Gelar Selir Dicopot

Sineenat dicopot dari gelarnya pada Oktober 2019, hanya selang beberapa bulan setelah dinobatkan sebagai pendamping raja. Pihak Istana mengatakan dia dihukum karena mencoba mengangkat dirinya ke keadaan yang sama dengan ratu.

Pengumuman pada 2019 juga menuduhnya melakukan kelakuan buruk dan ketidaksetiaan terhadap raja. Dia tidak terlihat di depan umum sejak itu dan keberadaannya belum dikonfirmasi.

3 dari 6 halaman

2. Dijebloskan ke Penjara

Kabarnya Sineenat dijebloskan ke penjara pada 2019. The National melaporkan bahwa pada 27 Agustus lalu sebuah pesawat Boeing 737 dari armada pribadi raja dikirim ke Penjara Wanita Pusat Lat Yao Bangkok, tempat selir raja Thailand tersebut dikatakan telah dibui.

4 dari 6 halaman

3. Dibebaskan dan Terbang ke Jerman

Menurut jurnalis Andrew MacGregor Marshall, seorang ahli regional, Sineenat yang dijemput dari penjara langsung diterbangkan ke Munich, melalui perhentian pengisian bahan bakar di Dubai. Dia secara pribadi diterima oleh raja dan dibawa ke Grand Hotel Sonnenbichl di kota resor Jerman di Garmisch-Partenkirchen.

5 dari 6 halaman

4. Bergabung dengan Harem Raja Thailand

The Daily Mail, mengutip laporan majalah Bild Jerman, melaporkan bahwa raja menghabiskan sebagian besar waktunya selama pandemi COVID-19 di hotel mewah itu. Ia diduga mengubah lantai empatnya menjadi yang disebutnya pleasure house, di mana setiap kebutuhan seksualnya dilayani oleh harem pribadi yang disebut prajurit seks.

Sineenat diterbangkan ke Jerman untuk bergabung dengan prajurit seks sang raja

6 dari 6 halaman

5. Dilatih Sebagai Pilot

Sebelum diangkat menjadi selir raja, Sineenat Wongvajirapakdi telah dilatih sebagai pilot di Thailand dan luar negeri, dan bertugas di unit pengawal kerajaan raja. Pada Juli 2019, dia dianugerahi gelar Chao Khun Phra --permaisuri-- untuk menandai ulang tahun ke-67 raja - pertama kalinya dalam hampir seabad seorang raja Thailand mengambil permaisuri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.