Sukses

Lika Liku Selir Raja Thailand, Dicopot hingga Dipulihkan Gelarnya dan Tinggal di Jerman

Gelar selir kerajaan Sineenat Wongvajirapak telah dipulihkan oleh Raja Thailand. Hampir setahun setelah gelarnya dilucuti secara dramatis.

Liputan6.com, Bangkok - Raja Thailand telah mengembalikan gelar selir kerajaan kepada Sineenat Wongvajirapak. Hampir setahun setelah gelarnya dilucuti secara dramatis.

Seperti dikutip dari BBC, Raja Vajiralongkorn mengembalikan pangkat dan gelar Sineenat Wongvajirapakdi pada Rabu 2 September 2020, Royal Gazette mengumumkan.

The Royal Thai Government Gazette, sering disingkat Government Gazette atau Royal Gazette, adalah jurnal dan surat kabar publik Thailand.

Sineenat dicopot dari gelarnya pada Oktober 2019, hanya selang beberapa bulan setelah dinobatkan sebagai pendamping raja.

Pihak Istana Thailand mengatakan bahwa dia dihukum karena mencoba mengangkat dirinya ke "keadaan yang sama dengan ratu".

Sineenat adalah permaisuri pertama kerajaan selama hampir satu abad di Thailand, di mana istilah tersebut mengacu pada pasangan selain istri raja.

Pengumuman tahun lalu juga menuduhnya melakukan "kelakuan buruk dan ketidaksetiaan terhadap raja". Dia tidak terlihat di depan umum sejak itu dan keberadaannya belum dikonfirmasi.

Keputusan terakhir raja berarti bahwa "Sineenat Wongvajirapakdi tidak ternoda," Royal Gazette mengumumkan.

"Sejak saat itu, akan menjadi seolah-olah dia tidak pernah dilucuti dari pangkat militer atau gelar kerajaannya."

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sosok Selir Pertama Raja Thailand

Lahir pada tahun 1985, Sineenat Wongvajirapak diketahui berasal dari Thailand utara dan bekerja sebagai perawat sebelum menjalin hubungan dengan putra mahkota Vajiralongkorn.

Dia akhirnya menjadi pengawal, pilot dan penerjun payung, dan bergabung dengan penjaga kerajaan. Pada awal 2019, ia diangkat menjadi mayor jenderal.

Dia menerima gelar resmi Permaisuri Mulia pertama pada bulan Juli tahun itu, tak lama setelah raja menikahi istri keempatnya Ratu Suthida, yang telah menjadi wakil kepala detail keamanan pribadinya.

Hanya beberapa bulan kemudian, pada bulan Oktober, Sineenat tiba-tiba dicopot dari pangkat dan gelarnya. Upaya itu memicu spekulasi luas tentang apa yang mungkin telah mendorong kejatuhan tiba-tiba.

Penyebab sebenarnya dari pemecatannya - dan penempatannya kembali - sebagai permaisuri kerajaan mungkin tidak akan pernah dipublikasikan, mengingat kerahasiaan yang menyelubungi urusan istana di Thailand.

Hukum lese-majeste Thailand melarang kritik apa pun terhadap monarki, dengan hukuman penjara yang berat bagi pelanggar.

3 dari 4 halaman

Spekulasi Pencopotan Gelar Sang Selir

Pencopotan gelar Sineenat pada 2019 menggemakan kasus dua mantan istri raja.

Pada tahun 1996, Raja Vajiralongkorn mencopot gelar istri kedua raja Thailand, yang melarikan diri ke Amerika Serikat, dan tidak mengakui empat putra yang dia miliki.

Pada 2014, istri ketiganya Srirasmi Suwadee juga dicopot dari semua gelarnya dan diusir dari istana. Putranya yang berusia 15 tahun dibesarkan oleh Raja Vajiralongkorn di Jerman dan Swiss.

Raja, yang sekarang menghabiskan sebagian besar waktunya di Jerman, memiliki total tujuh anak.

Ratu Suthida Tidjai, istri keempat Raja Vajiralongkorn, mantan pramugari Thai Airways, telah terlihat bersamanya di depan umum selama bertahun-tahun, meskipun hubungan mereka tidak pernah diakui secara resmi sebelum ia menikahinya.

Raja-raja Thailand selama berabad-abad memiliki banyak istri - atau selir. Tetapi hingga 2019, terakhir kali seorang raja Thailand mengambil selir resmi adalah pada 1920-an dan gelar tersebut tidak digunakan sejak negara itu menjadi monarki konstitusional pada 1932.

 

4 dari 4 halaman

Di Tengah Protes

Pengumuman Istana Kerajaan Thailand pada hari Rabu muncul di tengah protes anti-pemerintah di Thailand, di mana militer telah memperkuat kekuasaan politiknya setelah kudeta tahun 2014. Protes tersebut termasuk tuntutan untuk mengekang kekuasaan raja yang baru-baru ini diperluas dan ada seruan yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk mereformasi monarki.

Para pengunjuk rasa telah menantang keputusan raja untuk menyatakan kekayaan kerejaan sebagai milik pribadinya, menjadikannya orang terkaya di Thailand. Hal itu sampai sekarang secara sengaja dipercaya untuk kemaslahatan rakyat.

Sejumlah pertanyaan juga muncul tentang keputusan Raja Vajiralongkorn untuk mengambil komando pribadi dari semua unit militer yang berbasis di Bangkok - konsentrasi kekuatan militer di tangan kerajaan yang belum pernah terjadi sebelumnya di Thailand modern.

Raja Vajiralongkorn naik takhta setelah kematian ayahnya yang sangat dicintainya, Bhumibol Adulyadej pada 2016. Raja Bhumibol telah memerintah selama 70 tahun, menjadikannya raja yang paling lama memerintah di dunia pada saat kematiannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.