Sukses

Foto Syur Sineenat Wongvajirapakdi Selir Raja Thailand Bocor, Terkait Perebutan Kekuasaan?

Liputan6.com, Jakarta - Foto-foto syur dan intim Sineenat Wongvajirapakdi, salah satu selir Raja Thailand bocor. 

Melansir laman Euro Weekly News, Rabu (25/11/2020), foto tersebut milik Sineenat "Koi" Wongvajirapakdi yang sebelumnya sempat diberhentikan oleh Raja Thailand Maha Vajiralongkorn.

Menurut jurnalis bernama Andrew MacGregor Marshall, yang kerap menyoroti isu politik Thailand, ia menerima kartu memori pada Agustus 2020 lalu, yang berisi 1.450 gambar dari tiga iPhone milik Sineenat Wongvajirapakdi. Sebagian besar foto di antaranya adalah selfie eksplisit seksual, yang mungkin telah ia kirimkan kepada Raja.

Dia menjelaskan di Twitter bahwa foto-foto itu diterima segera setelah dia dibebaskan dari penjara wanita Bangkok setelah mendekam di sana selama 9 bulan.

Alamat pengirim dari kartu memori tersebut beserta surat yang disertakan, menyatakan bahwa foto-foto itu telah diperoleh peretas Thailand yang menentang monarki, tetapi Marshall tidak percaya ini benar.

Dia percaya "perebutan kekuasaan" dalam Keluarga Kerajaan Thailand mungkin adalah alasan bocornya foto selir Raja Thailand.

2 dari 4 halaman

Selir

Sebagai latar belakang, permaisuri kerajaan Thailand, Sineenat "Koi" Wongvajirapakdi pernah diberhentikan oleh Raja Maha Vajiralongkorn. Hal itu mengakibatkan semua gelar dan hak istimewanya dicabut hanya tiga bulan setelah ia menerimanya.

Selir tersebut dilaporkan karena dia telah "tidak setia" dan "ambisius" lantaran ingin mendapatkan status yang sama dari Ratu Suthida, istri keempat raja.

Setahun kemudian, dia dipulihkan dan mendapatkan kembali semua hak istimewanya.

Tersebarnya foto-foto intim dari selir "Koi" diduga merupakan akibat dari kritikan keras oleh anggota istana yang mendukung Ratu Suthida.

Wartawan Marshallmenolak untuk mempublikasikan foto apa pun, agar tidak mengganggu privasinya dan bahkan tidak berencana untuk mengungkapkan bahwa dia memilikinya. Namun, orang lain yang menerimanya membocorkan beberapa foto tersebut meskipun bukan gambar eksplisit.

Maka dari itu, Marshall maju untuk mengklarifikasi situasi yang dia yakini sebagai upaya untuk menyabotase kembalinya "Koi" sebagai permaisuri.

Andrew MacGregor Marshall selama ini telah terkenal karena kerap berbicara menentang Raja Thailand atas caranya yang lalim dan selera kemewahannya yang berlebihan.

3 dari 4 halaman

Raja Thailand di Jerman

Belum lama ini, Raja Thailand Maha Vajiralongkorn menghabiskan ulang tahun pernikahannya di Jerman, tempat di mana 20 selir diduga dibius terus-menerus untuk dipersembahkan kepada raja demi kesenangannya.

Menurut laporan di surat kabar Spanyol 20minutos, situasi ini diketahui oleh pemerintah Jerman, meskipun sekarang mereka berencana untuk melarang dia dari wilayah Jerman jika dia terbukti bersalah atas beberapa tindakan kejahatan.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: