Sukses

Andrew Johnson hingga Obama, 10 Presiden AS Pelopor Sejarah Baru di Gedung Putih

Sejarah panjang presiden AS diikuti dengan lika-liku perubahan budaya dan kebiasaan, inilah 10 presiden AS pencetak sejarah.

Liputan6.com, Washington D.C. - Sejarah kepresidenan AS telah banyak menyita perhatian masyarakat dunia, mulai dari kebijakan yang mereka buat, aktivitas yang dilakukan hingga keunikan yang pernah mereka alami.

Beberapa dari presiden AS bahkan telah menjadi pelopor untuk mencetak sejarah baru di Negeri Paman Sam tersebut, di antaranya Presiden Grover Cleveland yang tercatat sebagai presiden pertama yang menikah di Gedung Putih atau Presiden Barack Obama yang pertama mendukung hak-hak LGBTQ.

Namun, tidak semua dari sejarah baru yang ditorehkan Preside AS bernada positif. Kendati demikian mereka tetap menjadi orang pertama yang membawa hal baru ke Gedung Putih. 

Dikutip dari Ranker, Kamis (19/11/2020), berikut ini daftar presiden AS yang mencetak sejarah baru di Negeri Paman Sam:

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Andrew Johnson

Pada 24 Februari 1868, Andrew Johnson menjadi presiden pertama yang dimakzulkan.

Ia dituduh telah melakukan "kejahatan tinggi dan pelanggaran ringan" setelah pembunuhan Abraham Lincoln, khususnya karena melanggar Tenure of Office Act.

3 dari 11 halaman

2. John Quincy Adams

Selain menjadi presiden AS pertama yang merasakan momen foto kepresidenan, Quincy Adams juga menjadi orang pertama yang merupakan anak presiden kemudian juga menjadi presiden. 

Quincy Adams merupakan anak dari John Adams. Setelah mereka berdua, keluarga Bush juga merasakan hal yang sama dalam menduduki kursi nomor satu di AS.

4 dari 11 halaman

3. John F. Kennedy

Ketika John F. Kennedy terpilih sebagai presiden Amerika Serikat, ia menjadi orang Katolik Roma pertama yang memegang jabatan itu. Baik presiden sebelum atau sesudah Kennedy kebanyakan beragama Kristen dengan aliran yang berbeda-beda.

Hingga kini, mendiang JFK masih menjadi satu-satunya presiden berkeyakinan Katolik Roma dalam sejarah AS.

5 dari 11 halaman

4. Grover Cleveland

Presiden Grover Cleveland menjadi presiden Amerika pertama yang benar-benar menikah di Gedung Putih.

Pada tanggal 2 Juni 1886, Presiden Cleveland menikahi Frances Folsom, yang berusia 21 tahun. Frances juga menjadi ibu negara termuda dalam sejarah AS hingga saat ini.

6 dari 11 halaman

5. Richard Nixon

Presiden Richard Nixon menundukkan kepalanya karena malu ketika dia menjadi presiden pertama dalam sejarah AS yang mengundurkan diri dari pekerjaannya. Alasan dari pengunduran dirinya disebabkan oleh skandal Watergate.

Itu merupakan pukulan besar bagi Partai Republik. Pada 8 Agustus 1974, Nixon yang berusia 61 tahun meninggalkan Gedung Putih sebelum masa jabatannya selesai.

7 dari 11 halaman

6. Bill Clinton

Dalam masa baktinya, Presiden Bill Clinton pernah mengawasi revolusi teknologi yang disebut "dunia maya". Lalu, pada pelantikan periode keduanya, ia menjadi presiden AS pertama yang disiarkan langsung di internet.

8 dari 11 halaman

7. Jimmy Carter

Pada tanggal 1 Oktober 1924, ibu Jimmy Carter membuat sejarah dengan melahirkan calon presiden AS tersebut di wise Clinic, Georgia. Sebelumnya, tidak ada satu presiden yang lahir di rumah sakit umum.

9 dari 11 halaman

8. Abraham Lincoln

Pada tahun 1865, Abrahaman Lincoln tewas terbunuh saat menghadiri drama Our American Cousin di Teater Ford Washington.

Lincoln adalah presiden pertama yang pernah dibunuh, tetapi sebenarnya ia adalah presiden kedua yang mengalami percobaan pembunuhan. Presiden pertama yang mengalami hal itu adalah Andrew Jackson, yang hampir disingkirkan tepat 30 tahun sebelumnya.

10 dari 11 halaman

9. Ronald Reagan

Ronald Reagan adalah presiden pertama yang bercerai. Meskipun ia akhirnya menikah lagi dengan Nancy Reagan sebelum menjadi presiden.

Presiden Reagan telah menikahi Jane Wyman (istri pertama Reagan) empat dekade sebelum memasuki Gedung Putih.

11 dari 11 halaman

10. Barack Obama

Barack Obama menjadi presiden Afrika-Amerika pertama di AS. Ia juga menjadi presiden AS pertama yang secara terbuka mendukung hak-hak LGBTQ di AS, seperti pernikahan pasangan gay.

Hal unik lainnya terjadi pada 8 Desember 2013, saat itu Obama berkata, "Saya pikir saya baru saja menjadi presiden pertama yang secara terbuka menyebut Area 51".

Pada Penghargaan Kennedy Center 2013, Obama menjadi presiden AS pertama yang mengakui keberadaan wilayah misterius itu atau menyebut nama pangkalan Angkatan Udara dengan lantang di forum publik.

 

Reporter: Ruben Irwandi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.