Sukses

Bukan dari Thailand, Ini 10 Keluarga Kerajaan Terkaya Sejagat Raya

Liputan6.com, Jakarta - Raja Maha Vajiralongkorn dari Thailand menduduki posisi teratas sebagai pemimpin monarki terkaya sejagad raya. Kendati demikian jika dikalkulasikan, keluarga kerajaan Negeri Gajah Putih tak menempati urutan pertama sebagai yang paling tajir sedunia.

Dari Eropa hingga Timur Tengah, berikut ini sepuluh keluarga kerajaan terkaya di planet Bumi, dikutip dari LoveMoney.com, Jumat (16/10/2020):

10. Keluarga Kerajaan Liechtenstein: $ 4,4 miliar (£ 3,4 miliar)

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) terus menguat, Jakarta, Kamis (23/10/2014) (Liputan6.com/Johan Tallo)

Salah satu dari hanya dua keluarga kerajaan Eropa masuk daftar ini. Dinasti Kerajaan Liechtenstein menempati posisi nomor sepuluh dengan perkiraan kekayaan bersih $ 4,4 miliar (£ 3,4 miliar), menurut angka Indeks Bloomberg dari 2017.

Bagian terbesar dari kekayaan keluarga terletak pada Pangeran Hans-Adam II, raja yang memerintah.

Hans-Adam II adalah yang terbaru dari barisan panjang raja yang telah memerintah atas kerajaan kecil Alpen sejak pembentukannya sebagai negara berdaulat pada tahun 1806. Kerajaan pemberi dana, yang tidak membayar pajak, memperoleh sebagian besar kekayaannya dari LTG Group, bank pribadi keluarga, yang dia kendalikan melalui yayasan.

Selain bank, Prince of Liechtenstein Foundation memimpin portofolio properti bernilai tinggi, perusahaan yang berkembang pesat, dan investasi menguntungkan lainnya, belum lagi koleksi seni kelas dunia yang menampilkan mahakarya oleh Raphael, Rembrandt dan Van Dyck. Baru-baru ini, Pangeran Hans-Adam II menjadi berita utama karena kalah dalam kasus pengadilan atas kepemilikan properti yang telah disita oleh Cekoslowakia setelah Perang Dunia Kedua.

Pengadilan memutuskan bahwa tanah yang disengketakan seharusnya menjadi milik Ceko dan diserahkan kembali.

2 dari 11 halaman

9. Keluarga Kerajaan Maroko: $ 8,2 miliar (£ 6,3 miliar)

Keluarga penguasa Maroko adalah Dinasti Alaouite, yang didirikan pada 1631 tetapi berasal dari abad ke-13. Keluarga inti terdiri dari 19 anggota yang dipimpin oleh Raja Mohammed VI, yang naik takhta pada tahun 1999.

Sebagian besar perkiraan menyebutkan kekayaan bersih keluarga kerajaan Maroko sekitar $ 8,2 miliar (£ 6,3 miliar), menjadikan mereka keluarga kerajaan terkaya kesembilan di planet ini. Selain memiliki aset bernilai miliaran dolar, keluarga kerajaan Maroko menerima salah satu daftar sipil paling dermawan di dunia.

Di baris berikutnya takhta adalah Moulay Hassan yang berusia 17 tahun, anak tertua Raja Mohammed VI dan dua anak Putri Lalla Salma. Mereka juga memiliki seorang putri, Putri Lalla Khadija, 13 tahun.

Dilaporkan pada tahun 2018 bahwa putra mahkota muda telah diberikan sebuah jet pribadi untuk berkeliling dunia dan bahwa ia berharap untuk belajar penerbangan setelah sekolah, namun Maroko menyebut laporan ini berita palsu, dan mengatakan bahwa pesawat itu dibeli oleh Angkatan Bersenjata Kerajaan untuk pejabat senior perjalanan tugas.

3 dari 11 halaman

8. Keluarga Kerajaan Dubai: $ 18 miliar (£ 14 miliar)

House of Maktoum berkuasa di Dubai. Kembali ke tahun 1833, dinasti kerajaan memiliki 12 anggota utama dan ratusan anggota keluarga besar. Bersama-sama, kekayaan mereka telah berkisar $ 18 miliar (£ 14 miliar).

Anggota keluarga terkaya sejauh ini adalah kepala dinasti dan penguasa Dubai, Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum. Syekh, yang telah memerintah sejak 2006 dan menjabat sebagai wakil presiden dan perdana menteri UEA. Ia diperkirakan memiliki kekayaan $ 18 miliar (£ 14 miliar), menurut angka yang dilaporkan di Singapore Tatler.

Rashid Al Maktoum mengendalikan investasi di bidang kendaraan Dubai Holdings dan dikenal karena kemurahan hatinya. Ia memecahkan rekor dunia dengan menggelar pesta pernikahan $ 100 juta dengan Putri Salma pada tahun 1981 dan menyumbangkan miliaran untuk amal.

Syekh itu juga memiliki properti mewah di Eropa, serta salah satu yacht terbesar di dunia.

4 dari 11 halaman

7. Keluarga Kerajaan Brunei: setidaknya $ 28 miliar (£ 21.6bn)

Dinasti kerajaan Brunei, House of Bolkiah dibentuk pada tahun 1363 dan telah memerintah negara Asia Tenggara itu terus menerus sejak saat itu. Dikepalai oleh Sultan Hassanal Bolkiah, yang telah berkuasa selama 52 tahun terakhir.

Keluarga itu menjadi sangat kaya karena cadangan minyak Brunei yang sangat besar.

Kekayaan sultan dikatakan $ 20 miliar (£ 15,4 miliar) oleh Forbes pada tahun 2011. Namun, diperkirakan kekayaan sultan mendekati $ 28 miliar (£ 21,6 miliar) menurut Asia Tatler. Kekayaan bersih keluarga secara keseluruhan bisa lebih tinggi ketika memperhitungkan anggota lain seperti putranya yang mencintai pesta Pangeran Haji Abdul Azim (foto), yang kekayaan bersihnya tidak diketahui.

Istana Nurul Iman / Sumber: Wikimedia

Terkenal sebagai sosok yang serba mewah, Sultan Bolkiah tinggal di Istana Nurul Iman, yang memegang Rekor Dunia Guinness untuk istana hunian terbesar di dunia dengan luas total 2,2 juta kaki persegi (200.000 meter persegi).

Membutuhkan biaya $ 1,4 miliar untuk membangun kembali pada tahun 1984.

Sultan juga memiliki 7.000 supercar termasuk 600 Rolls-Royce dan 300 Ferrari, dan beberapa jet pribadi.

5 dari 11 halaman

6. Keluarga Kerajaan Thailand: Hingga $ 60 miliar (£ 46 miliar)

Dinasti Chakri telah menjadi rumah kerajaan yang berkuasa di Thailand sejak 1782, dan terus diperlakukan dengan sangat hormat di negara tersebut. Raja Maha Vajiralongkorn yang saat ini memangku kekuasaan, menerima takhta pada tahun 2016 setelah kematian ayahnya Raja Bhumibol Adulyadej.

Berbasis di Bangkok, total 22 orang merupakan keluarga kerajaan Thailand termasuk anggota tidak resmi dan mantan pasangan. Tetapi jumlah keluarga inti hanya 10.

Kekayaan pasti dari keluarga kerajaan tidak dapat diumumkan secara publik karena dilindungi oleh hukum lèse-majesté.

Namun, analis memperkirakan kekayaan bersih keluarga kerajaan antara $ 30 miliar dan $ 60 miliar (£ 23 miliar- £ 47 miliar).

Aset, yang dapat dibelanjakan untuk "kesenangan Raja", termasuk bidang real estat berharga yang sangat besar di pusat Bangkok, saham besar di beberapa perusahaan utama Thailand dan saham dalam grup hotel mewah Kempinski. Portofolio tersebut dilaporkan menghasilkan pendapatan sekitar $ 3 miliar (£ 2,3 miliar) setahun.

6 dari 11 halaman

5. Keluarga Kerajaan Inggris: $ 88 miliar (£ 68.9bn)

Ketika Pangeran Harry dan Megan Markle mengumumkan pada 8 Januari 2020 bahwa mereka berencana untuk meninggalkan posisi mereka sebagai bangsawan senior dan menjadi mandiri secara finansial, dunia terkejut.

Meghan Markle diperkirakan memiliki kekayaan $ 5 juta (£ 3,9 juta) berkat karirnya sebagai aktris, menghasilkan $ 50.000 (£ 39k) yang dilaporkan per episode drama bertajuk Suits yang dibintanginya, tetapi sepertinya Duchess of Sussex itu tidak akan kembali berakting untuk mendanai gaya hidup mereka untuk bergerak maju.

Sementara Pangeran Harry diperkirakan memiliki kekayaan setidaknya $ 25 juta (£ 19,3 juta), sebagian besar diwarisi dari mendiang ibunya.

Sejak pengumuman tersebut, yang jadi sorotan adalah bagaimana pasangan Harry - Meghan akan bekerja untuk menjadi mandiri secara finansial dan membayar biaya yang terkait dengan kebangsawanan mereka - paling tidak adalah jasa keamanan.

Menurut Ken Wharfe, mantan petugas perlindungan Putri Diana, perlindungan Harry dan Meghan diperkirakan menelan biaya $ 25,5 juta (£ 20 juta) setahun.

Ratu Elizabeth II, Pangeran William, dan Kate Middleton (dok. Instagram @kensingtonroyal)

Tetapi kekayaan pasangan itu tidak seberapa jika dibandingkan dengan keluarga kerajaan yang mereka tinggalkan, yang diperkirakan bernilai $ 88 miliar (£ 69 miliar) menurut Forbes. Perkiraan ini memperhitungkan aset konkret seperti properti serta nilai nama keluarga.

Tidak diragukan lagi, Ratu Elizabeth II memiliki kekayaan bersih pribadi tertinggi dengan perkiraan $ 500 juta (£ 391 juta). Sebagian diperoleh dari keuntungan yang dihasilkan Crown Estate, serta melalui real estate seperti Balmoral Castle di Skotlandia dan Sandringham House di Norfolk, Inggris.

7 dari 11 halaman

4. Keluarga Kerajaan Abu Dhabi: $ 150 miliar (£ 115 miliar)

Keluarga Nahyan adalah keturunan dari suku yang sama dengan Dinasti Al Maktoum yang berkuasa di Dubai, dan telah menjadi keluarga kerajaan yang berkuasa di Abu Dhabi sejak 1793. Klan tersebut memiliki 200 anggota laki-laki - jumlah perempuan dalam keluarga tidak diketahui.

Seperti keluarga kerajaan lainnya di Timur Tengah, keluarga Al Nahyan memperoleh kekayaan mereka dari minyak. Keluarga itu mengumpulkan sebagian besar kekayaannya, yang diperkirakan mencapai $ 150 miliar (£ 115 miliar), selama tahun 1970-an ketika menyedot keuntungan minyak negara itu tidak dianggap sebagai bentuk yang buruk.

Kepala keluarga Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan telah menjadi emir Abu Dhabi dan presiden UEA sejak 2004 dan memimpin Otoritas Investasi Abu Dhabi, yang mengelola aset sekitar $ 696 miliar (£ 545 miliar), termasuk gedung pencakar langit Burj Khalifa di Dubai , gedung tertinggi di dunia.

8 dari 11 halaman

3. Keluarga Kerajaan Qatar: $ 335 miliar (£ 258 miliar)

House of Thani telah berkuasa di Qatar sejak pertengahan abad ke-19 dan penguasa saat ini, Syekh Tamim bin Hamad Al Thani, yang saat ini berusia 40 tahun adalah penguasa termuda di dunia, diangkat menjadi Emir pada tahun 2013.

Keluarga tersebut dikatakan berjumlah ribuan, mungkin sekitar 7.000 atau 8.000.

Keluarga besar Al Thani, yang berselisih dengan saingan negara Teluk pada tahun 2018 setelah membayar uang tebusan kepada Al Qaeda sebesar $ 1 miliar (£ 783 juta), untuk pembebasan anggota keluarga yang diculik di Irak, mengendalikan dana sekitar $ 335 miliar (£ 258 miliar) .

Aset dana termasuk gedung pencakar langit London Shard, desa Olimpiade ibu kota Inggris dan department store Harrods, serta saham besar di Empire State Building New York dan perusahaan terkenal seperti Volkswagen, Barclays dan Tiffany & Co.

9 dari 11 halaman

2. Keluarga Kerajaan Kuwait: $ 360 miliar (£ 277 miliar)

Di Kuwait, keluarga Al-Sabah memimpin. Dinasti ini telah memerintah negara Timur Tengah sejak 1752 dan emir saat ini adalah Syekh Sabah IV Ahmad Al-Jaber Al-Sabah.

Secara keseluruhan, keluarga tersebut dikatakan berjumlah sekitar 1.000 orang.

Perkiraan kekayaan bersih keluarga sulit didapat, tetapi sebuah artikel majalah Time dari tahun 1991 memperkirakan jumlahnya mencapai $ 90 miliar. Sebagian besar kekayaan diperkirakan terikat pada saham AS, yang nilainya telah meroket selama bertahun-tahun.

Faktanya, para ahli percaya kekayaan keluarga kerajaan Kuwait mungkin meningkat empat kali lipat sejak awal 1990-an, dengan angka yang sering dikutip menjadi $ 360 miliar (£ 282 miliar). Bahkan perkiraan ini mungkin berada di sisi konservatif - keluarga tersebut dilaporkan memiliki saham besar di sebagian besar perusahaan blue chip besar di AS.

10 dari 11 halaman

1. Keluarga kerajaan Arab Saudi: $ 1,4 triliun (£ 1,1 triliun)

Keluarga kerajaan terkaya di dunia adalah House of Saud, yang diperkirakan bernilai $ 1,4 triliun (£ 1.1trn). Kekayaan yang tak terbayangkan ini tersebar di antara 15.000 anggota keluarga besar itu.

House of Saud telah memerintah negara yang menyandang namanya sejak 1744. Raja Salman saat ini telah naik takhta sejak 2015 dan kekuasaan di negara itu, sebagian besar kekayaannya, terletak pada raja dan kerabatnya.

Pangeran Arab  Al-Waleed bin Talal (Reuters)

Pangeran Alwaleed, yang ditangkap pada tahun 2018 atas tuduhan korupsi, adalah anggota keluarga terkaya dengan perkiraan kekayaan bersih $ 14,2 miliar (£ 11,1 miliar) menurut Bloomberg Billionaires Index. Namun, kekayaannya turun tajam pada akhir 2018, karena sahamnya di Kingdom Holding Company dikatakan telah turun sebesar 70% sejak 2014.

Pangeran, yang dibebaskan pada Januari 2018 setelah ditahan beberapa bulan, diperkirakan telah setuju untuk membayar pihak berwenang biaya penyelesaian untuk menjamin pembebasannya yang dikabarkan mencapai $ 6 miliar (£ 4,7 miliar).

Dia menggambarkan situasi tersebut sebagai "kesalahpahaman", dan bahwa meskipun "belum tentu" ada biaya penyelesaian, angka $ 6 miliar itu tidak bisa dikatakan akurat.

11 dari 11 halaman

Saksikan Juga Video Ini: