Sukses

Rusia Lepaskan Rudal Jelajah Tepat pada Hari Ulang Tahun Vladimir Putin

Peluncuran rudal jelajah ini bertepatan dengan ulang tahun Vladimir Putin ke-68 pada Rabu 7 Oktober.

Liputan6.com, Moskow - Rusia melakukan peluncuran rudal jelajah hipersonik Tsirkon dan berhasil mencapai target di Laut Barents, kata seorang komandan senior Rusia.

Ia juga menyatakan, peluncuran ini bertepatan dengan ulang tahun Vladimir Putin ke-68 pada Rabu (7/10/2020), demikian dikutip dari laman Channel News Asia.

Berbicara kepada Putin melalui tautan video, Valery Gerasimov, kepala staf umum Angkatan Darat, mengatakan uji coba dilakukan dari kapal Admiral Gorshkov yang terletak di Laut Putih di Rusia utara.

Putin, yang telah berjanji untuk meningkatkan kekuatan militer Rusia di Kutub Utara, berbicara tentang rudal hipersonik dan senjata Rusia generasi baru dalam pidatonya Maret 2018. Dia memuji peluncuran uji coba yang bertepatan di hari kelahirannya.

"Ini adalah peristiwa besar tidak hanya bagi kehidupan angkatan bersenjata, tetapi juga untuk seluruh Rusia, untuk seluruh negeri," kata Putin kepada Gerasimov.

 

Simak video berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kontrol Senjata AS-Rusia

Tes Tsirkon dilakukan di tengah ketegangan atas kontrol senjata antara Rusia dan Amerika Serikat. New START, pakta senjata nuklir besar terakhir yang diberlakukan antara kedua negara, akan berakhir pada Februari.

Gerasimov mengatakan, rudal tersebut mencapai targetnya pada jarak 450 km dalam empat setengah menit setelah mencapai kecepatan hipersonik lebih dari Mach 8.

Dia menambahkan bahwa tes akan dilanjutkan dan kapal dan kapal selam Rusia akan dipersenjatai dengan rudal ketika tes tersebut selesai.

Rusia dilaporkan berhasil melakukan uji coba peluncuran rudal dari kapal militer untuk pertama kalinya pada Januari awal tahun 2020.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.