Sukses

20-9-1973: Petenis Putri Babat Habis Atlet Putra yang Seksis dalam Laga Bersejarah

Liputan6.com, Jakarta Pada tanggal 20 September 1973, dalam pertandingan tenis "Battle of the Sexes" yang dipublikasikan secara luas, pemain wanita papan atas Billie Jean King, 29, mengalahkan Bobby Riggs, 55, mantan pemain putra peringkat 1.

Riggs (1918-1995), seorang chauvinis laki-laki, telah membual pernyataan seksis bahwa wanita lebih rendah, bahwa mereka tidak dapat mengatasi tekanan permainan, dan bahwa bahkan pada usianya dia dapat mengalahkan pemain tenis wanita mana pun.

Pertandingan tersebut adalah acara media yang sangat besar, disaksikan secara langsung oleh lebih dari 30.000 penonton di Houston Astrodome dan oleh 50 juta pemirsa TV di seluruh dunia, demikian seperti dikutip dari History.com, Minggu (20/9/2020).

King membuat pintu masuk bergaya Cleopatra di atas tandu emas yang dibawa oleh pria berpakaian seperti budak kuno, sementara Riggs tiba dengan becak yang ditarik oleh model wanita.

Penyiar olahraga legendaris Howard Cosell mengumumkan pertandingan tersebut, di mana King mengalahkan Riggs 6-4, 6-3, 6-3. Prestasi King tidak hanya membantu melegitimasi tenis profesional wanita dan atlet wanita, tetapi juga dilihat sebagai kemenangan bagi hak-hak wanita secara umum.

2 dari 3 halaman

Siapa Billie Jean King?

King lahir dengan nama Billie Jean Moffitt pada 22 November 1943, di Long Beach, California. Saat muda, dia adalah pemain softball bintang sebelum orang tuanya mendorongnya untuk mencoba tenis, yang dianggap lebih anggun. 

Dia unggul dalam olahraga tersebut dan pada tahun 1961, pada usia 17, selama perjalanan pertamanya ke Wimbledon, dia memenangkan gelar ganda putri. 

King kemudian mengumpulkan total 20 kemenangan Wimbledon, di tunggal, ganda dan ganda campuran, selama kariernya yang luar biasa. 

Pada tahun 1971, ia menjadi atlet wanita pertama yang mendapatkan hadiah uang lebih dari $ 100.000 dalam satu musim. Namun, perbedaan gaji yang signifikan masih ada antara atlet pria dan wanita, dan King melobi keras untuk perubahan. 

Pada tahun 1973, AS Terbuka menjadi turnamen tenis besar pertama yang membagikan hadiah uang dalam jumlah yang sama kepada pemenang dari kedua jenis kelamin.

Pada tahun 1972, King menjadi wanita pertama yang terpilih sebagai "Olahragawan Terbaik Tahun Ini" dalam majalah Sports Illustrated dan pada tahun 1973, ia menjadi presiden pertama Asosiasi Tenis Wanita. King juga mendirikan yayasan dan majalah olahraga untuk wanita dan liga tenis tim. 

Pada tahun 1974, sebagai pelatih Philadelphia Freedoms, salah satu tim di liga, dia menjadi wanita pertama yang memimpin tim gabungan profesional.

"Ibu dari olahraga modern" pensiun dari tenis dengan 39 gelar karier Grand Slam. Dia tetap aktif sebagai pelatih, komentator dan advokat untuk olahraga wanita dan tujuan lainnya. Pada tahun 2006, Pusat Tenis Nasional USTA, kandang dari AS Terbuka, diubah namanya untuk menghormati Raja. Selama upacara peresmian, petenis hebat John McEnroe menyebut King "orang paling penting dalam sejarah olahraga wanita."

Pertandingan 1973 adalah subjek film 2017 yang dibintangi Emma Stone dan Steve Carell.

3 dari 3 halaman

Simak video pilihan berikut: