Sukses

Misteri Rubah Pencuri 100 Sepatu, Bagian dari Kartel Pencurian?

Liputan6.com, Zehlendorf - "Mengapa rubah mencuri sepatu saya", kalimat itu lebih terkesan seperti sebuah teka-teki yang menggoda otak dan lagu yang menyebalkan. Namun bagi sejumlah orang di Berlin Jerman, hal itu adalah kejadian nyata.

Ya, rubah lokal sungguh mencuri sepatu dan tertangkap basah warga dan bahkan terekam CCTV. 

Sekitar dua pekan lalu, seperti dikutip dari Live Science, Rabu (12/8/2020), seorang pria bernama Christian Meyer yang tinggal di daerah Zehlendorf menyadari bahwa dirinya kehilangan sepatu lari yang mahal dari teras rumah. Dia kemudian memutuskan untuk mencari pencuri tersebut seperti dilaporkan harian Tagesspiegel.

Meyer dengan cepat mengetahui bahwa dia bukan satu-satunya korban pencurian alas kaki. ia akhirnya berhasil menangkap bandit rubah dengan tangan merah (atau kaki merah) bersama dua sandal jepit biru di mulutnya, seperti yang dilaporkan harian Tagesspiegel.

Beberapa hari kemudian, Meyer melihat rubah itu lagi; dia mengikutinya ke semak belukar, di mana Meyer merangkak sekitar hampir satu jam. Di sana, dia menemukan tempat penyimpanan rahasia rubah berisi lebih dari 100 sepatu. Mayoritas sudah terkoyak akibat digigit rubah.

Meyer kemudian memotret rubah tersebut, pihak editor Tagesspiegel, Felix Hackenbruch, kemudian membagikan foto itu di halaman Twitter miliknya tertanggal 26 Juli.

Tumpukan alas kaki itu terdiri dari sepatu kets, bakiak, sandal, dan slipper dalam berbagai warna, bentuk, dan ukuran, meskipun sepatu yang paling banyak sejauh ini adalah jenis Crocs.

2 dari 3 halaman

Masih Misterius Alasannya, Hal Serupa Terjadi di Beberapa Negara Lain

Sejauh ini masih belum diketahui kenapa rubah itu mencuri sepatu.

Tapi hal serupa pernah terjadi pada Agustus 2019 lalu, rubah di Melbourne juga ketahuan kerap mengambil sepatu dari teras rumah seorang perempuan. Kejadian itu terekam dari CCTV rumah yang diposting di kanal Youtube. 

Sepasang rubah juga ketahuan mencuri 40 pasang sepatu di Kyoto, Jepang pada tahun 2018 lalu. Sedangkan pada tahun 2009, seekor rubah betina mencuri sepatu sebanyak 110 hingga 120 pasang di Foehren, Jerman Barat.

Pada tahun 2013, seorang penulis mengatakan seekor rubah telah menempatkan tujuh sepatu di tengah halaman rumputnya, "dengan ukuran mulai dari sepatu balita hingga dewasa."

Masih belum diketahui apakah kegiatan rubah ini memiliki keterkaitan satu sama yang lain. Mungkin sebagai bagian dari kartel pencuri sepatu internasional dengan tujuan jahat yang hanya bisa dibayangkan manusia.

Namun pastinya, korban lebih dari satu.

Sementara itu, di Berlin, sebagian besar korban rubah telah dipersatukan kembali dengan sepatu mereka - kecuali Meyer, yang sepatu curiannya masih hilang, Tagesspiegel melaporkan.

Dan jika rubah si pencuri tahu di mana letak sepatu itu, ia juga tidak akan mengatakannya bukan?

 

Reporter: Yohana Belinda

3 dari 3 halaman

Saksikan Juga Video Ini: