Sukses

Trik Bikin Kamar Mandi Kembali Kinclong dalam 10 Menit

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki kamar mandi yang bersih adalah harapan semua orang, terlebih biaya yang dikeluarkan untuk membuatnya selalu kinclong tak terlalu mahal.

Untuk mewujudkannya, kita tak perlu mengeluarkan biaya mahal. Hanya butuh kombinasi antara amonia dan hidrogen peroksida yang dapat Anda beli di toko obat terdekat.

Hidrogen peroksida adalah anti-mikroba ajaib. Dikenal untuk mengobati luka dan sebenarnya bisa sangat membantu di sekitar rumah, demikian dikutip dari laman Brightside.me, Senin (10/8/2020).

Karena sifat anti-jamur dan anti-mikroba, ia menghancurkan bakteri, jamur, dan bau tak sedap.

Dapat digunakan untuk membersihkan peralatan masak, karpet, dan ubin; untuk memutihkan tekstil rumah dan seprai; dan untuk menghilangkan kerak dan tanda kuning dari wastafel, bak mandi, dan toilet di kamar mandi.

Sementara itu, amonia melarutkan minyak dan noda minyak. Amonia dikenal sebagai pembersih yang kuat karena menghilangkan lemak dan minyak dengan memecah protein sel.

Banyak pembersih bak mandi, lantai dan jendela mengandungnya sebagai bahan aktif. Namun, meskipun ini adalah bahan pembersih yang sangat efektif, ia beracun dan sangat berbahaya jika terkena mata atau kulit, atau jika terhirup.

Itulah mengapa amonia tidak boleh digabungkan dengan bahan kimia lain karena bisa sangat berbahaya.

Ini lebih murah dan lebih aman daripada bahan kimia rumah tangga yang dibeli di toko.

2 dari 3 halaman

Bahan:

100 ml amonia (10%)

100 ml hidrogen peroksida (3%)

Metode:

- Ambil botol plastik, alat penyemprot atau toples kaca, bilas dengan air mengalir, dan bersihkan dengan serbet kertas atau handuk.

- Kenakan sarung tangan karet, masker, dan sebaiknya kacamata pengaman sebelum Anda menuangkan amonia ke dalam botol.

- Tambahkan hidrogen peroksida ke amonia sedikit demi sedikit.

- Campur semuanya dengan mengocok botol dengan lembut dan hati-hati.

- Semprotkan campuran tersebut ke bagian karat (atau oleskan ke kain kering bersih dan letakkan di atas karat) dan biarkan dalam keadaan ini selama 10-15 menit.

- Cuci bersih semuanya dengan air mengalir.

Amonia bisa beracun, jadi untuk menggunakannya di rumah, Anda harus membuka semua jendela, memakai masker dan sarung tangan karet, segera mengoleskan campuran tersebut ke bak mandi, wastafel, atau toilet, dan meninggalkan ruangan (Anda bisa pergi ke ruangan lain, balkon, atau di luar), dan jauhkan anggota keluarga dan hewan peliharaan lain dari kamar mandi.

3 dari 3 halaman

Simak video pilihan berikut: