Sukses

5 Ketakutan Terbesar Bagi Masyarakat Usai Ledakan di Lebanon

Lebanon tengah berjuang di bawah beban kehancuran ekonominya, dengan devaluasi mata uang lokal yang cepat dan nilai tukar yang tidak menentu. Kini ditambah dampak ledakan dahsyat di Beirut.

Liputan6.com, Beirut - Ratusan ton amonium nitrat, yang diduga pihak berwenang di Lebanon menyebabkan ledakan besar, dilaporkan telah disimpan dengan lalai di gudang pelabuhan Beirut setidaknya selama enam tahun.

Selama beberapa dekade, zat kristal tak berbau itu diketahui telah menyebabkan banyak ledakan industri.

Daya ledak amonium nitrat yang disimpan setara dengan setidaknya 1.200 ton peledak TNT, menurut sebuah sumber keamanan, dimana hal itu menjelaskan bagaimana ledakan bisa berkekuatan seperti gempa bumi dan menghancurkan atau merusak banyak area kota di Lebanon, seperti dikutip dari AFP.

Ledakan ini tentunya tak hanya menyebabkan kerusakan, namun juga dampak-dampak lain. Seperti dikutip dari laman WashingtonPost, Kamis (6/8/2020) berikut 5 ketakutan yang terjadi usai ledakan di Lebanon:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Akankah ledakan mempengaruhi ekonomi?

Fasilitas pelabuhan yang rusak parah adalah gerbang maritim terbesar di Lebanon, dan sementara pelabuhan Tripoli terbesar kedua telah ditetapkan sebagai alternatif, pihak berwenang khawatir bagaimana negara yang bergantung pada impor akan membawa makanan, pasokan medis, dan barang-barang lain yang sangat dibutuhkan.

Lebanon telah berjuang di bawah beban kehancuran ekonominya, dengan devaluasi mata uang lokal yang cepat dan nilai tukar yang tidak menentu di pasar gelap yang memicu inflasi, menutup bisnis dan menjerumuskan banyak orang ke dalam pengangguran dan kemiskinan.

Akibatnya, impor menjadi sangat mahal, memaksa bank sentral untuk memberi cadangannya untuk mensubsidi gandum, bahan bakar, dan obat-obatan. Kekurangan bahan bakar dan roti sudah menjadi hal biasa.

 

3 dari 6 halaman

2. Akankah ledakan memicu keresahan sosial?

Bencana ini adalah yang terburuk yang diderita Lebanon selama bertahun-tahun, dan warga yang sudah muak dengan salah urus pemerintah sangat marah karena ledakan itu berasal dari amonium nitrat sebesar 1.800 ton yang disimpan di pelabuhan.

Sebelum ledakan ini, salah satu insiden paling mematikan yang diderita Lebanon adalah pemboman truk di kompleks Marinir AS di Beirut pada Oktober 1983, yang menewaskan 241 prajurit.

Lebanon diguncang oleh serangkaian protes nasional pada Oktober 2019 lantaran kasus korupsi, salah urus ekonomi dan politik sektarian, yang memaksa pengunduran diri Perdana Menteri Saad Hariri.

Meskipun kerusuhan telah mereda, krisis ekonomi yang meningkat dan harga yang meningkat tajam membuat para demonstran yang marah turun ke jalan lagi pada bulan Juni.

 

4 dari 6 halaman

3. Bisakah Lebanon mendapatkan bantuan?

Setelah gagal membayar Eurobond pada bulan Maret, Lebanon telah memulai pembicaraan dengan Dana Moneter Internasional untuk program pinjaman US$ 10 miliar.

Negosiasi terhenti ketika para pejabat Lebanon berjuang untuk menyepakati skala kerugian dalam sistem keuangan dan melaksanakan reformasi yang diperlukan untuk membuka dana.

Negara-negara Teluk yang sebelumnya menyalurkan uang ke Lebanon khawatir bahwa bantuan lebih lanjut mungkin jatuh ke tangan kelompok militan Hizbullah yang didukung Iran. Prancis mengatakan, akan mengirim pasokan medis dan dokter, Uni Emirat Arab menjanjikan 30 ton bantuan medis, dan Jerman menawarkan anggota angkatan bersenjatanya untuk membantu operasi pencarian.

 

5 dari 6 halaman

4. Apakah rumah sakit dapat menangani bencana dan pandemi?

Rumah sakit Beirut kewalahan, dan beberapa rusak parah dalam ledakan itu. Beberapa pasien dirawat di tempat parkir dan menteri kesehatan mengatakan rumah sakit lapangan sedang dibangun.

Selama lebih dari setahun, praktisi medis telah memperingatkan bahwa kegagalan pemerintah untuk membayar uang yang harus dibayarkan kepada rumah sakit membahayakan kesehatan masyarakat, dan wabah Virus Corona COVID-19 hanya memperburuk keadaan.

Ada 65 kematian akibat virus dan 5.271 kasus yang terdaftar di negara itu pada 5 Agustus, menurut Johns Hopkins University. Rumah sakit umum memiliki kapasitas perawatan intensif terbatas dan kadang-kadang terpaksa mematikan AC dan menunda operasi karena kekurangan bahan bakar.

6 dari 6 halaman

5. Di negara bagian mana pemerintah berada?

Perdana Menteri Hassan Diab menggambarkan ledakan itu sebagai "bencana nasional besar" dan mengatakan depo yang menampung amonium nitrat telah ada sejak 2014.

Dia menjanjikan hukuman bagi mereka yang bertanggung jawab. Menteri Luar Negeri Lebanon, Nassif Hitti, mengundurkan diri pada 3 Agustus, sehari sebelum ledakan pelabuhan, menuduh rekan-rekannya tidak memiliki niat untuk melakukan reformasi yang berarti dan memperingatkan bahwa konflik kepentingan mengancam akan mengubah negara itu menjadi "negara yang gagal".

Hitti telah berada di pos itu kurang dari tujuh bulan, dan kepergiannya setelah waktu yang begitu singkat mencerminkan gesekan yang melumpuhkan pemerintah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.