Sukses

Mengapa Kucing Suka Mengedipkan Matanya Secara Perlahan?

Ternyata ini alasan mengapa kucing suka mengedipkan matanya secara perlahan.

Liputan6.com, Jakarta - Cara kucing berkedip ternyata berbeda dengan sejumlah hewan lainnya. Jika diperhatikan, kucing mengedipkan matanya dengan cara perlahan. 

Mengutip Mental Floss, Senin (3/8/2020), berkedip dengan lambat adalah kebiasaan yang membingungkan, bahkan menurut standar kucing. 

Apakah ini bentuk komunikasi? Apakah kucing mencoba untuk mengungkapkan rasa jijik mereka kepada manusia? Apakah mereka memiliki sesuatu di mata mereka?

Sementara para ahli hewan tidak bisa mengatakan secara meyakinkan, kedipan lambat mungkin adalah hal yang baik. 

Mikel Delgado, peneliti kucing di Fakultas Kedokteran Hewan Universitas University California, mengatakan kucing sering mengungkapkan emosi negatif dengan menghindari kontak mata. Jika mereka takut atau merasa terancam, mereka tidak akan menatap mata. 

Jika mereka fokus pada sesuatu tanpa berkedip, kemungkinan mereka merasa agresif. 

Oleh karena itu, salah satu cara kucing dapat melakukan kontak mata tanpa memberi tanda bahwa Anda akan diserang adalah mengedipkan mata.

Ini bukan gerakan refleksif juga. Kucing telah diamati bahwa mereka berkedip dengan cara yang berbeda, menutup mata mereka dengan cepat dan membuka dengan lambat sementara juga menutup dan membuka dengan kecepatan yang disengaja. Dengan kata lain, kucing itu berkedip dengan cara yang diinginkannya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bentuk Rasa Puas

Meskipun itu mungkin bukan ungkapan cinta, itu mungkin merupakan tanda kepuasan. Jika kucing merasa nyaman berada di dekat manusia, memejamkan matanya adalah indikasi bahwa ia tidak perlu memantau Anda sebagai ancaman.

Tetapi apakah kucing peduli jika kita berkedip balik? Itu lebih sulit untuk diketahui, tetapi tetap saja cara yang baik untuk mempertahankan status Anda sebagai manusia yang tidak berbahaya. Menatap mata kucing untuk waktu yang lama dapat dianggap sebagai ancaman.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.