Sukses

Top 3: Live Streaming Wukuf Haji 2020 Hingga Hujan saat Kiswah Ka'bah Diganti Disorot

Liputan6.com, Jakarta - Hari ini merupakan Idul Adha 1441 Hijriah. Maka dari itu, berita-berita seputar ibadah haji jelang perayaan tersebut menjadi yang paling populer.

Berita terpopuler pertama terkait dengan Live Streaming detik-detik wukuf haji 2020 di Arafah. Ritual para jemaah haji menunaikan rukun wukuf sebagai bagian dari puncak ibadah tahunan, yakni perayaan Idul Adha 2020 rupanya menarik perhatian.

Selanjutnya mengenai fakta-fakta soal haji terbatas di tengah pandemi Virus Corona COVID-19.

Kondisi pandemi membuat ritual ibadah tahunan umat Muslim itu berbeda dari biasanya. Serba terbatas demi mencegah penyebaran Virus Corona COVID-19.

Jelang Hari Raya Idul Adha, momen penggantian Kiswah Ka'bah juga menjadi perhatian publik.

Berikut ini ketiga berita paling populer di kanal Global Liputan6.com edisi Jumat, (31/7/2020): 

2 dari 4 halaman

1. Live Streaming Detik-Detik Wukuf Haji 2020 di Arafah

Jemaah calon Haji 2020 atau 1441 Hijriah, pada Kamis (30/7/2020), mulai melaksanakan wukuf di Arafah, yaitu berdiam diri pada waktu tergelincirnya matahari pada tanggal 9 Dzulhijah. Jalannya wukuf di Arafah ini dapat disaksikan secara live streaming dalam video di bawah.

Wukuf merupakan inti dari rangkaian ibadah haji. Pelaksanaan haji tidak sah bila jemaah tidak melaksanakan rukun tersebut. Sehingga para jemaah haji yang sakit pun, diharuskan untuk tetap melaksanakan wukuf di Arafah.

Dalam melaksanakan rangkaian ibadah ini, para jemaah mendengarkan khutbah wukuf. Selain itu, mereka juga tidak melewatkannya untuk berdoa lantaran momen tersebut merupakan waktu yang Allah kabulkan doa para hamba-Nya.

Baca berita selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Ka'bah Ditutup hingga Tawaf Jaga Jarak, 12 Fakta Haji di Tengah Pandemi COVID-19

Rangkaian pertama ibadah haji telah dimulai di Makkah, Arab Saudi, pada Rabu 29 Juli 2020. Tahun ini, jumlah jemaah dikurangi secara signifikan, guna memastikan penerapan aturan jaga jarak sosial di tengah pandemi COVID-19.

Pada hari yang disebut Tarwiyah, menandai dimulainya ibadah haji ini, jemaah berdiam di Mina sebelum menuju Arafah. Tidak ada ritual besar berlangsung di Mina sehingga para jemaah akan menghabiskan waktu di kota lembah itu hingga Kamis.

Berita selengkapnya di sini...

4 dari 4 halaman

3. Hujan Iringi Penggantian Kiswah Ka'bah Jelang Wukuf Haji 2020

Ibadah haji 2020 telah berlangsung secara terbatas, akibat pandemi Virus Corona COVID-19. Sejumlah wilayah di Arab Saudi dilaporkan diguyur hujan lebat disertai sambaran petir.

Proses penggantian kiswah atau kain penutup Ka'bah di Masjidil Haram pun dilakukan di bawah guyuran hujan. Prosesi tersebut dibadikan oleh akun Twitter @HaramainInfo, yang dikutip Kamis (30/7/2020).

Berita selengkapnya...