Sukses

Perkuat Diplomasi, RI Apresiasi Bantuan Jepang Selama Pandemi Corona COVID-19

Indonesia mengapresiasi bantuan Jepang selama pandemi Virus Corona COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta - Kemitraan Strategis RI-Jepang kembali dikuatkan melalui Pertemuan Tingkat Pejabat Tingkat Tinggi (Senior Officials' Meeting) RI-Jepang secara daring, antara Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kemlu RI, Desra Percaya dengan Direktur Jenderal Asia Tenggara dan Asia Barat Daya Kemlu Jepang, Ishikawa Hiroshi, 1 Juli 2020.

Pada pertemuan yang juga dihadiri oleh para Kepala Perwakilan RI di Tokyo dan Osaka tersebut, seperti dikutip dari Kemlu.go.id, Kamis (2/7/2020), kedua pihak menyadari bahwa kolaborasi antar negara merupakan satu-satunya cara efektif dalam mengatasi pandemik COVID-19 serta dampak sosial ekonominya.

Secara khusus, Dirjen Desra menyampaikan apresiasi atas solidaritas dan bantuan Jepang terhadap upaya Indonesia melawan COVID-19 dan mendorong peningkatan kerja sama di sektor kesehatan, termasuk pengembangan alat kesehatan serta obat-obatan serta peningkatan kapasitas fasilitas kesehatan dan tenaga medis.

Di bidang ekonomi dan pembangunan, kedua belah pihak sepakat untuk terus memajukan kerja sama investasi dan perdagangan sebagai upaya mempercepat pemulihan ekonomi. Dirjen Ishikawa juga kembali tegaskan komitmen Jepang untuk terus menjadi mitra pembangunan dan berkontribusi pada pembangunan nasional Indonesia.

Hal ini akan dilakukan melalui partisipasi dan investasi Jepang pada berbagai proyek strategis di Indonesia seperti infrastruktur, konektivitas, energi dan program SDM unggul.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Komitmen Indonesia

Secara khusus, Dirjen Desra menyampaikan komitmen pemerintah RI untuk terus menciptakan iklim investasi yang kondusif bagi bisnis Jepang, termasuk dalam rangka mendorong relokasi investasi Jepang ke Indonesia.  Hal tersebut sejalan dengan yang telah disampaikan oleh Presiden Joko Widodo dalam pembicaraan per telepon dengan PM Shinzo Abe pada 23 April 2020.

Menyikapi dinamika di kawasan dan global, kedua pihak sepakat untuk terus meningkatkan koordinasi, kerja  sama dan saling dukung di berbagai forum internasional terkait isu-isu yang menjadi kepentingan bersama.

Pertemuan SOM kali ini merupakan yang pertama kalinya dilakukan dan akan menjadi bagian penting dari serangkaian mekanisme dialog bilateral RI-Jepang lainnya seperti Dialog Strategis Tingkat Menlu serta Pertemuan 2+2 Menlu-Menhan RI-Jepang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini