Sukses

Kronologi Misteri Hilangnya Bocah Inggris Madeleine McCann 13 Tahun Lalu

Madeleine McCann, bocah asal Inggris yang berusia tiga tahun menghilang dari sebuah apartemen liburan di Portugal 13 tahun yang lalu.

Liputan6.com, London - Madeleine McCann, bocah asal Inggris yang berusia tiga tahun menghilang dari sebuah apartemen liburan di Portugal 13 tahun yang lalu.

Pada tahun-tahun berikutnya, operasi polisi yang besar dan mahal telah terjadi di sebagian besar Eropa.

Perkembangan terakhir difokuskan pada predator seks Jerman yang saat ini berada di penjara. Jaksa penuntut Jerman mengatakan mereka menganggap Madeleine sudah mati dan memperlakukannya sebagai penyelidikan pembunuhan.

Orang tua Madeleine, Kate dan Gerry, mengatakan yang mereka inginkan hanyalah menemukan putri mereka.

Inilah cerita dan kronologinya sejauh ini, seperti dikutip dari BBC, Sabtu (8/6/2020):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

2007

Pada 3 Mei , Madeleine, dari Rothley, Leicestershire, sedang berlibur bersama keluarganya di Ocean Club di Praia da Luz, Portugal.

Orang tuanya pergi makan malam bersama sekelompok teman di sebuah restoran di kompleks itu. Madeleine dan adik laki-lakinya - kembar - tinggal di apartemen, 100 yard jauhnya

Orang-orang dewasa telah menyusun sistem rota untuk memeriksa semua anak mereka pada malam hari.

Ketika giliran Kate McCann, dia menemukan putrinya, Madeleine, telah pergi.

Polisi, staf, dan tamu penginapan ikut dalam upaya pencarian untuknya di sekitar kompleks sampai fajar.

Polisi perbatasan dan staf bandara disiagakan dan ratusan sukarelawan bergabung dalam upaya menemukan Madeleine di hari-hari berikutnya

Pada 12 Mei, McCann mengatakan mereka "tidak bisa menggambarkan kesedihan dan keputusasaan" yang mereka rasakan.

Polisi Portugis mengatakan mereka percaya Madeleine diculik tetapi masih hidup dan berada di Portugal.

Pada tanggal 26 Mei, polisi mengeluarkan deskripsi tentang seorang pria yang terlihat pada malam hilangnya Madeleine, kemungkinan menggendong seorang anak.

Pada bulan Juni, seorang kepala polisi Portugal mengakui petunjuk vital forensik mungkin telah dihancurkan karena tempat kejadian tidak terlindungi dengan baik.

Pada bulan Juli, polisi Inggris mengirim anjing pelacak untuk membantu penyelidikan, dan inspeksi apartemen McCann dan sebuah mobil sewaan dilakukan.

Pada bulan Agustus, atau 100 hari sejak Madeleine menghilang, petugas investigasi secara terbuka mengakui bahwa dia mungkin tidak mungkin ditemukan hidup-hidup.

Pada 6 September, polisi Portugal mewawancarai Kate McCann sebagai saksi. Pada 7 September, detektif membuat pasangan itu sebagai "arguidos" atau tersangka. Namun, selang beberapa hari kemudian, pasangan McCann itu kembali ke Inggris. Jaksa kemudian mengatakan tidak ada bukti baru untuk melakukan pemeriksaan ulang terhadap mereka.

Gerry McCann merilis sebuah video pada bulan November yang mengatakan ia yakin keluarganya 'diintai' oleh "seorang pemangsa" pada hari-hari sebelum kepergian putrinya.

3 dari 8 halaman

2008

Pada tanggal 20 Januari, McCanns merilis sketsa seorang tersangka, berdasarkan pada deskripsi oleh seorang wisatawan Inggris tentang seorang "pria menyeramkan" yang terlihat di resor.

Pada bulan April, polisi Portugis terbang ke Inggris untuk mengikuti wawancara yang dilakukan oleh Polisi Leicestershire dari teman-teman McCann yang ada bersama mereka pada malam Madeleine menghilang.

Pada 3 Mei, satu tahun sejak menghilang, Ny. McCann mendesak orang untuk "berdoa seperti orang gila" untuk gadis kecilnya.

Pada bulan Juli, polisi Portugal mengatakan mereka telah menyerahkan laporan akhir mereka tentang kasus ini. Beberapa minggu kemudian, pihak berwenang membatalkan penyelidikan mereka dan mengangkat status "arguido" dari keluarga McCanns.

4 dari 8 halaman

2010

Pada 3 November, gambar-gambar baru tentang bagaimana penampilan Madeleine sekarang dirilis.

Pada bulan Maret 2010, McCann mengkritik pelepasan file polisi Portugis yang sebelumnya tidak terlihat --merinci kemungkinan penampakan Madeleine-- ke surat kabar Inggris.

Sebulan kemudian, pada bulan April, Gerry McCann mengatakan "sangat membuat frustrasi" bahwa polisi di Portugal dan Inggris tidak secara aktif mencari putrinya "untuk waktu yang sangat lama".

Pada November, pasangan itu menandatangani perjanjian penerbitan untuk menulis buku tentang hilangnya Madeleine.

5 dari 8 halaman

2011 - 2012

Buku pasutri McCann tentang anaknya, Madeleine, dirilis pada bulan Mei 2011.

Pada tahun yang sama, Perdana Menteri Inggris saat itu, David Cameron, meminta Kepolisian Metropolitan London untuk membantu menyelidiki.

Kemudian, pada 2012, Detektif Polisi Andy Redwood, detektif yang memimpin tinjauan Inggris atas hilangnya Madeleine, mengatakan pada siaran April di Panorama BBC bahwa timnya "berusaha untuk menutup kasus ini".

Sebuah gambar yang dihasilkan komputer dari apa yang mungkin terlihat seperti Madeleine berusia sembilan tahun dirilis pada tahun yang sama, atau sehari sebelum pihak berwenang Portugis mengatakan mereka tidak membuka kembali penyelidikan mereka.

6 dari 8 halaman

2013 - 2014

2013

Pada bulan Mei 2013, detektif Inggris yang meninjau kasus itu mengatakan mereka telah mengidentifikasi "sejumlah orang yang menjadi perhatian".

Pada Juli 2013, Scotland Yard mengumumkan memiliki "bukti baru dan saksi baru" dalam kasus ini dan membuka penyelidikan resmi .

Pada Oktober 2013, detektif Scotland Yard mengatakan mereka telah mengidentifikasi 41 tersangka potensial.

Sebuah program BBC Crimewatch menampilkan gambar-gambar e-fit dari seorang pria yang terlihat membawa seorang anak berambut pirang berusia tiga atau empat tahun di Praia da Luz pada saat Madeleine hilang.

Polisi Portugal membuka kembali penyelidikan mereka --untuk menyelidiki bersama Scotland Yard-- mengutip adanya temuan "jalur penyelidikan baru".

 

2014

Pada bulan Januari, para detektif Inggris terbang ke Portugal di tengah klaim bahwa mereka berencana melakukan penangkapan.

Pada bulan Juni, pencarian di Praia da Luz dilakukan, termasuk area semak belukar yang terletak di barat daya kompleks Ocean Club. Tidak menghasilkan apa pun yang menarik.

Sebulan kemudian, pada bulan Juli, empat tersangka diperiksa oleh polisi tetapi tidak ada perkembangan baru yang muncul.

7 dari 8 halaman

2015 - 2019

Pada September 2015, pemerintah Inggris mengungkapkan bahwa penyelidikan telah menelan biaya lebih dari £ 10 juta.

Pada bulan April 2017, empat tersangka resmi yang diselidiki oleh polisi dikesampingkan dalam penyelidikan tetapi para pejabat senior mengatakan mereka sedang mengejar "jalur penyelidikan yang signifikan".

Pada Juni 2019, pemerintah Inggris mengatakan akan mendanai penyelidikan Met Police, yang dimulai pada 2011, hingga Maret 2020.

8 dari 8 halaman

2020

Setahun kemudian, pada Juni 2020, polisi mengungkapkan bahwa seorang tahanan Jerman berusia 43 tahun --yang disebut oleh media Jerman sebagai Christian B-- telah diidentifikasi sebagai tersangka. The McCanns berterima kasih kepada polisi, mengatakan: "Yang kami inginkan hanyalah menemukannya, mengungkap kebenaran dan membawa mereka yang bertanggung jawab ke pengadilan.

"Kita tidak akan pernah menyerah berharap menemukan Madeleine hidup-hidup, tetapi apa pun hasilnya, kita perlu tahu karena kita perlu menemukan kedamaian."

Penyelidik Jerman menggolongkannya sebagai penyelidikan pembunuhan dan mengatakan mereka berasumsi bahwa Madeleine sudah mati.

Polisi Metropolitan Inggris mengatakan telah menerima lebih dari 270 panggilan dan email sejak permohonan baru untuk informasi diluncurkan pada hari Rabu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini